7 Daftar Situs Online Tempat Belajar Para Hacker Dunia dari Berbagai Negara Mulai dari yang Pemula Hingga Master

Hacking atau peretasan bukanlah sesuatu yang mudah dipelajari, apalagi bila Anda tidak terlalu tertarik dengan dunia IT. Bahkan, mereka yang suka mengotak-atik program komputer pun belum tentu bisa menjadi seorang hacker yang handal.

Lalu bagaimana para hacker dunia belajar tentang hacking dan melakukan peretasan? Belajar hacking tentu saja tidak bisa instan, butuh kecerdasan logika dan kesabaran tinggi untuk berlatih terus-menerus demi mendalami dunia hacking.

Salah satu cara untuk belajar adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang peretasan, dan semua itu bisa Anda dapatkan melalui situs-situs di dunia maya.

Baca juga : 7 Kasus Hacking yang Sempat Menyita Perhatian Dunia di Tahun 2017

Cukup banyak situs yang menyajikan informasi mengenai hacking, bahkan tak sedikit situs yang menyediakan tutorial hacking secara cuma-cuma alias gratis.

Tak hanya pemula, hacker yang sudah ahli pun sering berkunjung ke situs-situs tersebut, baik untuk berbagi ilmu pada hacker lain maupun untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam hal hacking.

Bila Anda berminat untuk ikut belajar, coba kunjungi 7 situs berikut ini yang dikenal sebagai tempat belajarnya para hacker di seluruh dunia.

1. Hack This Site

Situs pertama adalah hackthissite.org. Hack This Site (HTS) merupakan salah satu situs untuk belajar ilmu hacking secara gratis dan legal.

Banyak hacker di seluruh dunia yang mengunjungi situs ini untuk mengasah kemampuan mereka, tapi tak sedikit pula orang awam alias newbie yang belajar pemrograman dan dasar-dasar hacking di Hack This Site.

Berbagai tutorial dan artikel-artikel tentang hacking bisa Anda temukan di sini. Selain itu HTS juga menyediakan tantangan tersendiri berupa mission dengan tingkat kesulitan beragam.

Tatangan ini tentu saja dibuat untuk mengetes kemampuan seorang hacker, jadi lebih mirip seperti ujian khusus hacker. Misi yang diberikan bisa beragam, misalnya ada seseorang yang membuat situs, lalu situs itu diretas oleh orang lain dengan sistem tertentu.

HTS kemudian akan menantang para hacker apakah mereka bisa membantu memperbaiki situs tersebut. Atau misalnya ada situs berkonten negatif, HTS lantas memberi tantangan untuk meretas situs itu.

2. Hackaday

Situs lain yang bisa dijadikan tempat belajar adalah hackaday.com. Hackaday menyajikan banyak informasi mengenai tutorial peretasan dan artikel-artikel tentang dunia hacking.

Situs ini juga memiliki forum atau komunitasnya sendiri sebagai wadah berkumpulnya para hacker dunia, baik untuk belajar atau sekadar berbagi ilmu.

Tidak seperti situs lainnya, Hackaday lebih banyak membahas tentang peretasan hardware-hardware tertentu. Jadi di sini Anda akan sering menemukan tutorial hacking pada ponsel, kamera digital, atau alat elektronik lainnya.

3. Evilzone

Evilzone adalah salah satu forum terbesar di dunia yang mengulas berbagai hal tentang peretasan. Siapapun bisa berkunjung ke situs ini dan belajar seputar hacking secara gratis.

Evilzone menyediakan banyak informasi seputar pemrograman, tutorial, hingga berbagai macam proyek untuk mengasah kemampuan hacker lebih baik lagi.

Seperti halnya sebuah forum, Evilzone yang memiliki ribuan member ini juga kerap jadi tempat diskusi dan tanya jawab seputar dunia hacking.

Jadi bagi siapapun yang memiliki masalah atau pertanyaan dengan pemrograman, bisa berkunjung ke sini untuk mendapatkan solusi dari hacker lain yang lebih profesional.

4. Hack In The Box

Hack In The Box bisa menjadi situs alternatif untuk belajar hacking secara gratis. Di sini terdapat banyak berita-berita seputar dunia hacking, tapi ada juga artikel khusus yang berisi mengenai teknik hacking yang dijelaskan secara rinci. Biasanya HITB lebih fokus pada masalah keamanan jaringan dan ethical hacking.

Menariknya lagi, HITB punya acara konferensi tahunan yang digelar di beberapa negara, seperti Malaysia, Belanda, Singapura, dan Cina. Acara ini biasanya diisi oleh para ahli yang akan membahas banyak hal tentang keamanan jaringan. Acara ini juga menawarkan pelatihan khusus selama beberapa hari tentang materi yang dibahas.

5. Cybrary

Situs berikutnya adalah cybrary.it yang juga merupakan tempat terbaik untuk belajar hacking, baik bagi para pemula maupun hacker profesional yang ingin meningkatkan kemampuannya Ada banyak hal yang bisa dipelajari di Cybrary, beberapa di antaranya adalah ethical hacking, kriptografi, penetration testing, analisis malware, dll.

Cybrary juga menyediakan kursus berbagai topik dengan pengajar-pengajar profesional yang ahli di bidangnya. Cybrary bahkan menawarkan kelas sertifikasi dengan materi spesifik seperti A+, Linux+, dll. Hal ini diperuntukkan bagi siapa saja yang berminat untuk mendapatkan sertifikasi MCSA, CCNA, CISA, CASP, dan sertifikasi lainnya.

6. SANS Cyber Aces

Situs cyberaces.org menyediakan banyak tutorial mengenai beragam topik yang harus dikuasai oleh seorang hacker. Beberapa di antaranya adalah informasi mengenai sistem operasi, jaringan, hingga sistem administrasi.

Semuanya disajikan secara lengkap dan runtut untuk memudahkan siapa saja yang ingin mempelajarinya. Situs ini sendiri dibuat oleh SANS Institute, salah satu perusahaan terkemuka di bidang keamanan informasi dan berfokus pada pelatihan sertifikasi.

Cyber Aces pun menjadi tempat yang tepat bagi pemula dan hacker profesional untuk belajar hacking dan keamanan informasi, karena semua ilmu yang ada di sini benar-benar berasal dari ahlinya.

7. EC-Council

EC-Council sebenarnya adalah badan sertifikasi keamanan cyber terbesar di dunia. Di sinilah para hacker mendapatkan sertifikasi seperti Certified Ethical Hacker (CEH), Certified Security Analyst atau ECSA, dan banyak sertifikasi lainnya.

Hingga saat ini, mereka telah melatih dan memberi sertifikasi pada ratusan ribu orang di seluruh dunia. Tak sedikit hacker dunia yang mengunjungi situs ini untuk mencari informasi mengenai kursus hacking.

EC-Council akan menjelaskan secara rinci tentang setiap kelas yang mereka adakan, baik tentang materi maupun jadwal kursus di berbagai negara.

Bagi yang berminat bisa langsung mendaftar dan akan mendapat sertifikasi bila dinyatakan lulus. Nah, tertarik untuk menekuni peretasan dan menjadi salah satu hacker dunia yang andal?

Ikuti saja salah satu kursus yang telah dipaparkan di atas. Tapi jangan salah gunakan pengetahuan peretasan Anda ya! Menurut anda situs yang mengajarkan hacking lainnya yang belum dipaparkan di atas itu apa lagi ya?

Yuk kita sharing di kotak komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan tulisan di atas di sosial media anda seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman anda di sana.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog.situstarget.com? Pastikan anda mendaftarkan diri sebagai subscriber kami di kotak berlangganan artikel yang ada di bawah tulisan ini.

Artikel terbaru akan kami kirimkan melalui alamat email anda dan itu semua gratis! 😀