Hacking Ponsel Pintar dengan Mudah Menggunakan Printer Inkjet

Awalnya sensor pada ponsel pintar di sematkan untuk memproteksi data-data penting yang terdapat di dalamnya. Tetapi kasus sebuah ponsel iphone 5 yang belum lama ini menjadi pemberitaan besar di media-media luar negeri.

Ternyata memberikan kita suatu pelajaran berharga tentang pentingnya memiliki sebuah password atau sandi yang panjang dan kuat (menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol tertentu).

Belum lama ini dilakukan sebuah penelitian tentang mudahnya melakukan hacking ponsel pintar dengan hanya memanfaatkan sebuah printer inkjet.

Baca juga: Ini Dia yang Harus Orangtua Lakukan Jika Memiliki Anak Seorang Hacker Cilik

Saat ini metode fingerprint sensor tidak hanya digunakan pada sebuah ponsel pintar, tetapi juga terdapat pada alat-alat yang biasa digunakan diperkantoran. Misalnya alat absen, sebuah pintu otomatis, laptop, keyboard, dan seterusnya.

Anda bisa bayangkan jika misalnya seseorang bisa masuk ke ruangan khusus yang berisi data-data penting perusahaan, uang perusahaan, data-data kepegawaian, dan seterusnya.

Karena ia berhasil masuk ke dalam ruangan dengan memanfaatkan, celah keamanan pada sensor fingerprint yang dipasang pada pintu ruangan. Seperti di adegan-adegan film ya? Tapi ini beneran nyata bisa!

Baca juga: Tips Mengamankan Komputer dari Serangan Hacker

Peneliti dari Universitas Michigan menemukan bahwa serangan yang bernama mobile phone fingerprint spoof attacks ini tidak hanya dapat diaplikasikan pada sebuah ponsel pintar saja. Tetapi alat-alat lain yang menggunakan metode otentikasi fingerprint sensor juga bisa di-bypass.

Tekniknya sederhana yaitu dengan melakukan scanning, lalu melakukan printing sidik jari menggunakan sebuah printer inkjet di media kertas. Video penjelasannya ada di bawah ini, semoga Anda bisa lebih berhati-hati:

Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda? Bagikan juga informasi ini ke sesama teman Anda pengguna ponsel pintar yang memiliki fitur fingerprint sensor, agar mereka lebih waspada.

Informasikan kepada mereka melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Kalau ternyata hacking ponsel pintar dengan motode ini sangat mudah sekali untuk dilakukan oleh siapapun.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Situstarget.com (The Target Community)? Daftarkan email dan nama lengkap Anda pada kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini.

Setelah proses pendaftaran, harap melakukan konfirmasi. Caranya yaitu dengan cara mengklik link yang kami berikan melalui alamat email yang Anda daftarkan.

Setiap minggunya tim kami akan mengirimkan tulisan terbaru dan terbaik dari Situstarget.com melalui email Anda secara rutin.