Bagi Anda yang suka dengan seni pertunjukan salah satunya yaitu hipnosis panggung, mungkin Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar seni pertunjukan yang Anda buat bisa berhasil dengan baik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hipnosis panggung kepada subjek, guna meminimalisir kegagalan pada suatu pertunjukan. Tanpa pesiapan yang matang, kegagalan bisa saja terjadi. Kegagalan tentunya bukan hal yang diinginkan bagi seorang hipnotis panggung atau seorang entertain sejati.

Karena para penonton disekitar Anda sudah menanti-nantikan pertujukan, yang akan Anda tampilkan. Mereka menuntut Anda menampilkan sesuatu hal yang terlihat ‘luar biasa’ di mata mereka melalu hipnosis panggung. Baik ada minimal 5 hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu? Mari kita diskusikan sama-sama.

1. Berikan tepuk tangan kepada Subjek

Gambar ilustrasi tepuk tangan meriah

Gambar ilustrasi tepuk tangan meriah

Ketika Anda mendapatkan tepuk tangan yang meriah atas pertunjukan yang Anda lakukan. Jangan lupa berikan pula tepuk tangan yang meriah kepada Subjek yang Anda ajak berparitispasi dalam pertunjukan seni hipnosis panggung Anda. Tunjukanlah apresiasi Anda dan juga penonton atas kesediaan Subjek mau menjadi partner Anda dalam pertunjukan.

Ingat, keberhasilan seorang entertain tidak hanya karena kemampuannya saja, tetapi juga ada orang-orang yang ada disekitarnya yang membantunya. Dan dalam seni pertunjukan hipnosis panggung. Subjek adalah mitra atau partner yang luarbiasa bagi seorang hipnotist, karena berkat kemauan mereka. Acara Anda bisa berhasil dan meriah. Jadi tunjukan pula tepuk tangan dari penonton untuk Subjek.

2. Beri penjelasan tentang hipnosis

Gambar memberi penjelasan tentang hipnosis

Gambar ilustrasi memberi penjelasan tentang hipnosis

Anda perlu menjelaskan tentang pertunjukan seperti apa yang nantinya akan Anda lakukan, serta Anda dapat menjelaskan pula apa itu fenomena hipnosis kepada Subjek. Hal ini akan membangun hubungan dan rasa trust dari Subjek kepada Anda. Ketika Subjek merasa trust kepada Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam proses hipnosis itu sendiri nantinya.

Jelaskan pula kepada Subjek bahwa fenomena hipnosis terjadi semata karena konsentrasi yang istimewa dari Subjek. Tidak ada kekuatan gaib ataupun hal semacamnya. Untuk hal itu kita sudah pernah membahas pada artikel website sebelumnya. Anda dapat membacanya pada artikel yang berjudul: “Hipnotis itu pake jin!

3. Hipnosis panggung hanya untuk hiburan semata

Gambar ilustrasi hipnosis panggung hanya hiburan semata

Gambar ilustrasi hipnosis panggung hanya hiburan semata

Beri penjelasan kepada Subjek bahwa setiap materi yang akan Anda bawakan di atas panggung hanyalah hiburan semata. Artinya hal tersebut hanya sebagai bahan untuk menghibur audience saja. Pada saat pertunjukan, seorang hypnotis tidak bermaksud untuk menjatuhkan nama dari Subjek karena hal-hal yang dilakukan bersifat memalukan ketika di atas panggung.

Dalam hal ini sugesti yang diberikan juga harus diperhatikan oleh seorang hypnotist. Mengapa? Agar norma kesusilaan ataupun hukum yang berlaku di masyarakat. Tidak terciderai akibat pertunjukan yang dilakukan. Ingat, persiapkan materi yang berbeda, pada saat di televesi dengan yang ada di ruangan, yang dalam arti dikonsumsi oleh sekelompok orang tertentu saja.

4. Trust and Team Work

Gambar ilustrasi kepercayaan dan kekompakan

Gambar ilustrasi kepercayaan dan kekompakan

Ini menjadi hal yang terpenting dalam suatu pertunjukan. Pertunjukan tidak akan pernah berhasil apabila tidak ada kekompakan pada tim intern dan tim ekstern. Tim intern misalnya dalam pertunjukan hipnosis panggung, yaitu Kameramen, Sound-Man, Lighting-Man, Wardrobe, dan seterusnya.

Tim ekstern misalnya Subjek yang Anda ajak pada saat pertunjukan. Anda harus mampu menjaga kepercayaan dan kekompakan dalam kerjasama tim. Keberhasilan bukan hanya untuk Anda yang melakukan hypnostage atau hypnosis for stage, tetapi juga untuk Anda dan tim. So, untuk hal ini jam terbang Anda yang menentukan. 🙂

5. Anda harus sadar kamera!

Gambar ilustrasi Anda harus sadar camera

Gambar ilustrasi Anda harus sadar camera

Namanya juga hipnosis untuk hiburan, maka hal ini jangan sampai Anda lupakan. Haram hukumnya bagi Anda yang melakukan pertunjukan hypnosis for stage. Pertama, menghalangi Subjek. Usahakanlah untuk berdiri disamping Subjek. Hindari menutup atau menghalangi Subjek dengan penonton. Jangan pula membelakangi Audience Anda.

Sadar betul bahwa Audience yang hadir. Pastikan dari mereka dapat melihat Subjek dan ke arah diri Anda. Setting tempat pertunjukan agar semua audience yang hadir dapat mendapatkan view yang baik saat menonton pertunjukan. Atur tata berdiri audience jika memang perlu untuk menonton sambil berdiri, atau atur tata duduk audience jika memang pertunjukan mengharuskan untuk audience duduk. Bicarakanlah hal ini dengan tim Anda. Selama mencoba dan semoga berhasil. 😉

Catatan: Jika Anda punya tips atau saran lainnya. Kirimkan masukan Anda di kotak komentar di bawah artikel ini (Hal yang mendukung suksesnya hipnosis panggung).