Apa sih Hal-Hal yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Emas?

Apakah pertanyaan di atas pernah muncul di benak Anda? Jika ya, maka artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda. Pengetahuan mengenai emas sebagai barang yang bernilai dan terikat dengan perubahan harga, pasti diketahui ole Anda yang ingin dan sedang berinvestasi emas.

Tapi, apakah sesungguhnya yang membuat emas mengalami fluktuasi atau perubahan harga? Apa saja hal-hal yang memengaruhi pergerakan harga emas naik dan turun? Berikut pembahasannya.

Seperti halnya harga Bahan Bakar Minyak atau BBM yang dipengaruhi oleh sistem perdagangan dan harga minyak dunia, emas juga memiliki acuan internasional yang menentukan naik dan turunnya harga emas.

Perubahan nilai tukar dolar AS

Perubahan nilai tukar dollar

Perubahan nilai tukar dollar

Nilai tukar dolar AS memegang peran penting dalam memengaruhi harga emas dunia. Dalam hal ini, berlaku pula hukum kebalikan. Saat kurs dolar AS melemah, maka harga emas akan mengalami kenaikan. Dan sebaliknya, saat dolar AS menguat, justru harga emas akan menurun.

Baca juga: Rupiah vs Dollar vs Emas mana yang Cocok untuk Investasi Jangka Panjang?

Ketika dolar AS menguat, tingkat suku bunga juga ikut naik. Pada saat itu, masyarakat akan terdorong untuk menginvestasikan uangnya ke dalam bentuk bunga deposito dan bukan dalam bentuk emas. Karena harga emas yang menurun membuat nilai investasi ikut menurun.

Contoh harga emas dipengaruhi dolar AS:

Pada tahun 1998, saat nilai rupiah jatuh terhadap dolar AS, pemerintah berupaya mengembalikan nilai tukar rupiah agar kembali naik. Caranya adalah dengan menaikkan tingkat suku bunga secara signifikan. Dan akibatnya adalah harga emas juga ikut naik.

Permintaan dan penawaran tidak sebanding dengan produksi emas dunia

Terjadinya permintaan dan penawaran terhadap emas yang tidak sebanding dengan produksi emas dunia

Terjadinya permintaan dan penawaran terhadap emas yang tidak sebanding dengan produksi emas dunia

Hal yang memengaruhi harga emas selanjutnya adalah faktor permintaan dan penawaran. Tidak seperti kurs dolar yang berlaku hukum kebalikan, dalam hal ini ketika permintaan emas meningkat, maka harga emas juga akan semakin naik.

Sebaliknya, ketika permintaan emas menurun, maka harga emas juga akan mengalami penurunan. Produsen utama emas dunia adalah, Amerika Serikat, Australia, Tiongkok, Peru, Rusia, dan Afrika Selatan.

Meskipun penambangan emas dilakukan di berbagai negara, namun hal ini tidak sebanding dengan produksinya yang ternyata tidak dapat memenuhi permintaan dan penawaran yang semakin meningkat.

Semakin sulitnya memperoleh emas melalui penambangan, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan produksi emas kian menurun sejak tahun 2000.

Penambangan emas yang semakin sulit ini mengharuskan para penambang bekerja lebih keras dengan menggali lebih dalam, demi mendapatkan emas yang berkualitas. Risiko kerja dan biaya produksi pun ikut meningkat.

Hal itulah yang menyebabkan harga emas dunia naik.

Industri perhiasan emas mendominasi pasar

Dominasi dari emas perhiasan yang cenderung meningkat

Dominasi dari emas perhiasan yang cenderung meningkat

Tahukah Anda bahwa industri perhiasan emas dunia adalah konsumen terbesar emas dengan total permintaan 54% atau sebanyak 3.812 ton?

Tidak hanya industri perhiasan emas, industri elektronik dan peralatan medis yang menggunakan emas juga memiliki total permintaan emas sebanyak 12%.

Seperti halnya teori permintaan dan penawaran yang dibahas sebelumnya, karena permintaan emas untuk industri-industri tersebut meningkat, harga emas pun ikut naik. Dan berlaku hal sebaliknya jika permintaan menurun.

Bank sentral dunia dan emas cadangannya

Kalau bank dunia belanja emas itu nilainya ga tanggung-tanggung!

Kalau bank dunia belanja emas itu nilainya ga tanggung-tanggung!

Bank-bank sentral dunia ternyata tidak hanya memiliki uang kertas, mereka juga memiliki cadangan emas dengan jumlah fantastis. Akhir-akhir ini terungkap bahwa bank-bank sentral dunia lebih banyak melakukan transaksi pembelian emas daripada menjualnya. Hal ini memengaruhi naiknya harga emas dunia. Beberapa bank sentral dunia yang melakukan hal ini adalah European Central Bank (ECB), Bundesbank milik Jerman, dan The Fed.

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara

Pertumbuhan ekonomi suatu negara

Saat sebuah negara mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi, akan muncul golongan menengah baru yang membuat permintaan terhadap emas meningkat.

Dan hal itupun berpengaruh terhadap kenaikan harga emas. Apalagi jika pertumbuhan ekonomi terjadi secara signifikan.

Kondisi politik dunia

Kegaduhan politik juga dapat mempengaruhi pergerakan harga emas dunia

Kegaduhan politik juga dapat mempengaruhi pergerakan harga emas dunia

Manusia tidak jauh dari segala sesuatu yang berbau politik, terutama politik yang melibatkan banyak negara. Saat ketegangan politik terjadi, kondisi ekonomi dunia menjadi tidak stabil.

Akibatnya, investasi di valas, obligasi, dan bursa saham akan ditarik oleh para pelaku pasar dan mereka akan memilih investasi yang aman, yaitu emas. Sehingga permintaan terhadap emas menjadi naik dan harganya pun ikut naik.

Inflasi yang tidak terkendali

Inflasi dan emas itu bagaikan air dan minyak!

Inflasi dan emas itu bagaikan air dan minyak!

Setiap negara akan melihat tingkat inflasi saat hendak menentukan suatu kebijakan ekonomi. Inflasi akan diprediksi berapa persen kenaikannya dan hal ini akan menjadi acuan dalam menetapkan tingkat suku bunga dan lain sebagainya.

Baca juga: Peluang Investasi Emas, Peluang Investasi “Anti Rugi”

Jika ternyata prediksi yang dibuat meleset, malah melonjak tajam misalnya, maka dapat diperkirakan bahwa harga emas akan ikut melonjak tinggi.

Kepanikan finansial

Terjadinya kepanikan finansial

Terjadinya kepanikan finansial

Kepanikan finansial, seperti pada tahun 1998 saat terjadi krisis moneter, dan pada tahun 2008 saat ekonomi tidak stabil, sangat memengaruhi harga emas. Saat itu, harga emas melonjak tinggi tidak terkendali, sebab masyarakat lebih memilih menginvestasikan uang mereka dalam bentuk emas daripada memiliki uang kertas.

Naiknya harga minyak dunia secara signifikan

Terjadinya kenaikan harga minyak dunia secara signifikan

Terjadinya kenaikan harga minyak dunia secara signifikan

Harga emas ternyata juga dapat naik jika harga minyak dunia naik secara signifikan. Meskipun dampaknya tidak terjadi secara seketika, namun hal itu tetap saja dapat memengaruhi harga emas.

Contohnya seperti saat Amerika menginvasi Irak yang merupakan salah satu produsen minyak terbesar dunia. Akibat invasi yang dilakukan oleh Amerika, harga minyak pun melonjak tajam, yang pada akhirnya diikuti dengan kenaikan harga emas.

Baca juga: Kenali ciri-ciri emas palsu

Hal serupa kembali terjadi saat Amerika menginvasi Libya dan mencetak rekor baru dalam kenaikan harga minyak dunia. Saat itu, harga emas juga kembali naik.

Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang memengaruhi pergerakan harga emas dunia, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam menginvestasikan uang Anda. Jangan sampai keuntungan yang Anda dapatkan tidak maksimal. Selain itu, simpanlah emas Anda di instansi atau badan yang dapat menjamin keamanan emas Anda.

Apakah Anda mendapat manfaat setelah membaca artikel ini? Jika iya, mohon bagikan artikel di atas melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan untuk TheGold.Asia, mohon jangan sungkan untuk menyampaikannya kepada Kami melalui halaman berikut ini.