Lebih dari 300 tahun sudah perak menjadi salah satu komoditas yang digunakan sebagai pilihan investasi selain emas. Perak kerap menjadi opsi kedua jika harga emas mulai tidak terkendali.

Harga perak yang relatif lebih terjangkau membuatnya cukup populer. Namun, seperti halnya komoditas lainnya, perak juga terus mengalami fluktuasi.

Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam perak, akan sangat bijak untuk secara rutin mengetahui perubahan harga. Tujuannya tidak lain adalah, supaya kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian atau penjualan.

Cara Mengetahui Informasi Harga Perak

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh informasi terbaru seputar harga perak. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu gunakan.

1. Bergabung di Komunitas yang Membahas Investasi Emas dan Perak

Mengikuti komunitas atau forum penjual dan pembeli perak di media sosial bisa menjadi pilihan untuk kamu. Kelebihannya, kamu tidak harus selalu terkoneksi dengan internet.

Baca juga: Jual Beli Emas Antam dengan COD Apa Aman?

Melainkan cukup mengeceknya sewaktu-waktu. Namun, kamu harus tetap waspada. Pastikan informasi harganya valid. Apalagi jika kamu tergolong ‘pemain baru’ yang masih awam soal investasi terkait perak.

2. Mengecek Harga Emas dan Perak Terkini Melalui Situs Resmi PT Antam

Jika kamu memutuskan untuk mengecek harga melalui situs, ada beberapa hal yang wajib kamu periksa terlebih dulu. Pertama, pastikan situs yang menampilkan harga perak adalah situs resmi.

Salah satu situs resmi yang tepercaya di tanah air adalah yang dikelola oleh PT Antam. Melalui situs ini, kamu dapat selalu memantau perubahan harga.

Baca juga: 7 Fakta Menarik tentang Emas

Secara rutin, situs resmi antam hanya di logammulia.com akan menampilkan harga terbaru dari perak. Situs garapan Antam ini memang terbilang lengkap.

Harga  dari setiap wilayah di nusantara dapat kamu lihat. Bukan cuma perak, namun jika kamu juga tertarik akan logam mulia, kamu dapat mengecek harganya di sini.

Menghemat waktu dalam menentukan pilihan kapan dan di mana kamu ingin melakukan pembelian perak.

3. Mengecek Harga Melalui Aplikasi Android

Buat kamu yang menggunakan ponsel pintar berbasis android, ada aplikasi yang memudahkan untuk melihat harga perak dari waktu ke waktu. Secara umum, hal ini memang lebih praktis. Namun, terdapat beberapa kelemahan yang dirasakan oleh para penggunanya.

Adanya gangguan dan kesulitan melakukan login adalah salah satu hal yang banyak dialami. Selain itu, aplikasi kadang tidak merespons dengan cepat atas transaksi yang dilakukan. Pada akhirnya, banyak pengguna tetap perlu mengakses situs resmi dari aplikasi tersebut.

Bukan hanya itu, beberapa aplikasi bahkan menyajikan data yang kurang lengkap. Sebagian aplikasi diketahui memberikan data yang sudah lama. Padahal kebutuhan utama dari mengakses aplikasi ini adalah untuk memperoleh informasi terkini.

Aplikasi Android Untuk Mengecek Harga Perak

Nah, jika kamu tertarik untuk mengecek harga perak terbaru melalui aplikasi android, berarti kamu harus menyimak informasi berikut. Beberapa aplikasi ini bisa kamu peroleh secara gratis dari Google Store.

1. AntamGold.com Mobile

Meraih respons cukup baik dari para penggunanya, aplikasi ini bisa membantu kamu mengetahui harga emas dan perak tanpa harus membuka situs Antam.

Website ini dikelola oleh PT. Sinar Rezeki Handal, dengan founder-nya yaitu Indra Sjuriah. Website ini selain menawarkan jual beli emas dan perak juga memberikan layanan pool account, cicilan emas, jaminan emas, dan market trade.

2. Harga Emas Logam Mulia

Aplikasi ini juga selengkap AntamGold. Harga Emas Logam Mulia menyediakan informasi harga emas dan perak sampai kalkulator perhitungan harganya. Kekurangannya, kadang aplikasi ini suka menutup dengan sendirinya.

3. Info Emas Logam Mulia

Dalam aplikasi ini selain disematkan harga terkini dari perak, juga terdapat beragam informasi seputar investasi dengan logam mulia. Data yang disampaikan terbilang update.

Jadi, selain mengecek harga, kamu juga bisa memantau informasi seputar pergerakan nilai logam mulia di pasar nasional dan internasional.

4. Gold Silver Live Prices

Jika kamu ingin mengetahui harga perak dan emas secara global dengan mata uang dollar, inilah aplikasi yang tepat untuk digunakan. Aplikasi ini sangat lengkap. Selain menampilkan harga kedua logam berharga, terdapat grafik yang menunjukkan pergerakan harga emas dan perak.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Fluktuasi Harga Perak

Meski terbilang lebih stabil, namun perak juga kerap mengalami fluktuasi harga. Peningkatan maupun penurunannya biasa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

1. Laju Industri Berbahan Baku Perak

Perak telah lama menjadi salah satu logam yang paling banyak digunakan dalam berbagai industri. Mulai dari industri tekstil, otomotif, pengemasan makanan, hingga industri kreatif. Apalagi fakta bahwa Indonesia masuk dalam jajaran negara penghasil perak tertinggi di dunia.

Baik perak dalam bentuk fisik berupa biji atau batangan, keduanya aset yang berharga. Nilai perak akan terus bertahan bahkan mengalami peningkatan seiring dengan laju industri. Hal ini yang menjadi alasan mengapa perak terbilang lebih stabil ketimbang emas.

2. Pasar Perak yang Terbatas

Saat ini pelaku investasi dalam bentuk perak murni memang masih belum sebanyak investor emas. Namun, geliat pertumbuhannya telah semakin terasa. Semakin tinggi tingkat permintaan pasar, maka nilai perak akan terus merangkak naik.

Investasi perak juga dipengaruhi oleh mulai meningkatnya peredaran uang perak dirham. Hal yang mana menarik minat kolektor maupun investor perak. Harganya juga tetap lebih terjangkau dibandingkan dengan emas.

Tidak dapat dimungkiri bahwa investasi perak saat ini semakin bersinar. Harga perak yang lebih bersahabat bisa menjadi salah satu alasannya. Walau harganya terbilang rendah, namun peningkatannya bisa berkali lipat dibanding emas. Ini juga menjadi kelebihan berinvestasi dengan perak.

Bagikan tulisan di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Jangan lupa mention ke teman Anda yang sedang atau baru saja memulai berinvestasi perak.

Gabung dengan ribuan pembaca di blog.situstarget.com dengan cara memasukan nama lengkap dan alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Gratis. InsyaAllah banyak manfaatnya!