WordPress merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh para blogger karena memiliki banyak kelebihan. Selain gratis, WordPress dikenal powerful, mudah dipelajari dan digunakan, SEO dan mobile friendly, aman, tampilan mudah diganti, dan sebagainya. Namun, semua kelebihan tersebut akan sia-sia jika tidak didukung hosting WordPress yang tepat.

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website agar dapat diakses melalui internet. Data-data tersebut bisa berupa file, gambar, email, aplikasi, program, dan database.

Ibarat sebuah mal, hosting menyediakan tempat dan fasilitas berupa hardware, jaringan, dan email yang dibutuhkan untuk membuat website.

Tips Memilih Perusahaan Hosting WordPress untuk Pemula

Hosting WordPress dikenal memiliki efisiensi, performa, dan resource yang lebih baik dibandingkan dengan web hosting pada umumnya. Banyak perusahaan hosting WordPress yang menawarkan jasanya di internet.

Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih perusahaan hosting WordPress, terutama bagi para pemula. Pastikan lebih dulu spesifikasi hosting yang ingin dibeli sesuai dengan blog WordPress Anda.

Pilihlah perusahaan hosting WordPress yang menggunakan platform canggih. Selain itu, juga dilengkapi berbagai fitur yang terintegrasi di dalam blog, seperti seperti WordPress Toolkit, Plesk Control Panel, Full HTTP/2 Support, Free SSL, dan WordPress Accelerator.

Mengelola WordPress Lebih Mudah dengan Menggunakan WordPress Toolkit

WordPress Toolkit adalah alat (tool) yang membuat proses install, upgrade, dan scanning WordPress bisa dilakukan hanya dengan sekali klik dari satu tempat, tanpa perlu login ke masing-masing instalasi WordPress.

Anda bisa mengakses WordPress Toolkit usai melakukan login ke Plesk Panel. Selanjutnya Anda tinggal masuk ke menu WordPress untuk mengelola themes, plugin, dan lainnya.

Plesk Control Panel

Plesk merupakan control panel yang memiliki banyak keunggulan, yaitu lebih mudah dipelajari, memudahkan pengelolaan WordPress Hosting, instalasi aplikasinya mudah, fleksibel karena bisa digunakan lintas OS, cukup satu login untuk admin dan pengguna, dan memiliki kemudahan migrasi.

LiteSpeed Web Server

Litespeed Web Server mampu membuat akses server menjadi 50x lebih cepat dibandingkan server biasa. Teknologi ini juga memiliki performa tinggi, cepat, ringan, stabil, dan handal untuk menangani pekerjaan besar. Selain itu, teknologi ini dapat meminimalkan overload pada server dan mampu menahan serangan DDoS.

Full HTTP/2 Support

HTTP/2 memungkinkan page load yang lebih cepat untuk HTTP maupun HTTPS.

WordPress Accelerator

WordPress Accelerator adalah plugin khusus untuk memaksimalkan kecepatan WordPress hingga 10x lebih cepat.

Free SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan lapisan keamanan menggunakan teknologi enkripsi data yang canggih. Ciri blog yang menggunakan SSL adalah memiliki alamat “https” dan muncul tanda padlock (gembok) pada address bar.

Sesuai dengan kebijakan Google, blog yang menggunakan SSL/HTTPS, akan memiliki peringkat yang baik.
Setelah menentukan spesifikasi hosting WordPress, lakukan perbandingan terhadap beberapa perusahaan yang memenuhi spesifikasi tersebut.

Ada tujuh hal yang bisa dijadikan acuan untuk memilih perusahaan hosting WordPress, yaitu:

1. Reputasi Perusahaan Hosting

Ada banyak kriteria untuk menilai reputasi perusahaan hosting, yaitu berbentuk badan usaha, memiliki identitas dan alamat yang jelas, pengalaman perusahaan, serta menggunakan perangkat berstandar tinggi.

Selain itu, website-nya menampilkan semua informasi mengenai harga, paket, layanan, proses serta tata cara transaksi, dan sebagainya.

2. Kuota Transfer Data dan Ruang Penyimpanan Server

Besarnya kuota transfer data atau bandwidth menentukan banyaknya data yang dapat ditampung dan ditransfer dari blog agar dapat dilihat pengunjung.

Blog baru belum membutuhkan bandwidth terlalu besar karena data yang disimpan belum banyak dan traffic pengunjung juga belum tinggi.

Meski demikian, perlu diingat bahwa nantinya blog akan semakin ramai dan data yang ditransfer semakin besar. Untuk itu, pilihlah perusahaan hosting yang bisa meng-upgrade kuota transfer data sesuai kebutuhan.

Keterbatasan bandwidth akan membuat blog tidak dapat diakses. Selain kuota transfer data, kapasitas penyimpanan juga harus dipertimbangkan.

Sama seperti bandwidth, pada umumnya blog baru belum membutuhkan space yang besar. Namun, pastikan kuota ruang penyimpanan sesuai dengan jenis blog yang dibuat.

Misalnya, jika blog Anda adalah blog pribadi, tidak perlu memilih hosting dengan kapasitas 48 GB.

3. Kecepatan Akses Server

Kecepatan akses sebuah blog sebagai salah satu sumber informasi di internet sangat penting. Kecepatan akses blog ditentukan oleh kualitas server.

Kualitas server yang rendah akan membuat blog sulit diakses, lambat, atau down. Lakukan tes kecepatan dengan mengakses contoh website yang disediakan oleh perusahaan hosting.

Jika pembaca anda kebanyakan datang dari Indonesia maka jangan pilih server yang berada di Amerika, pilihlah server yang terdekat dari para pembaca blog anda.

4. Cek Harga Hosting WordPress di Toko Sebelah

Semakin lengkap fitur yang ditawarkan perusahaan hosting, semakin tinggi pula harganya. Bagi blogger pemula, tentu tidak perlu memilih hosting yang memiliki fitur lengkap untuk menghemat harga.

Cobalah membandinglan harga dan paket fitur dari beberapa perusahaan, pilih harga yang logis sesuai layanan yang diberikan. Pada saat proses pemilihan hosting jangan asal murah ya. Bahaya!

5. Layanan Support untuk Customer dari Penyedia Jasa Hosting

Sebagai pemula, tentu banyak hal-hal baru atau kendala yang perlu mendapatkan solusi dari pihak perusahaan hosting. Pilihlah hosting yang memberikan kemudahan layanan dan komunikasi, baik melalui SMS, chat¸ ticket support, video tutorial, dan lainnya. Layanan 24 jam akan sangat membantu karena masalah bisa muncul kapan saja.

6. Jenis Hosting Lengkap

Saat ini, dikenal beberapa jenis hosting berbayar, yaitu shared hosting, VPS, dedicated server (suite hosting), dan managed hosting.

Pemilihan jenis hosting tergantung pada kebutuhan yang disesuaikan dengan skala atau jenis blog yang dibuat. Pilihlah perusahaan hosting yang memiliki jenis hosting yang lengkap sehingga memudahkan pengembangan blog nantinya.

7. Keamanan

Salah satu problem yang sangat perlu dihindari adalah ancaman terhadap keamanan blog, seperti deface, pembajakan, atau hacking. Pilih perusahaan yang menawarkan sistem keamanan server berlapis dan menggunakan teknologi terkemuka.

Memilih layanan hosting WordPress memang tidak mudah. Meskipun biaya yang dikeluarkan mungkin tidak terlalu besar, namun Anda harus melakukannya dengan hati-hati.

Layanan hosting sangat penting karena nantinya akan menjadi ‘rumah’ bagi blog Anda di internet. Jadi, jangan sampai Anda menyesal karena salah memilih.