Ada banyak sekali manfaat dari hypnosis. Pada artikel-artikel sebelumnya kita sudah banyak membahas tentang hal tersebut. Bagi yang belum membacanya. Anda dapat membaca artikel tersebut pada kategori hypnosis.

Artikel ini akan memberikan sedikit penjelasan kepada Anda tentang apa itu hypnobirthing? Hypnobirthing merupakan teknik hipnosis yang dipergunakan untuk persalinan.

Hypnobirthing atau teknik hypnosis untuk persalinan bertujuan agar meminimalisir rasa takut berlebih dari seorang wanita yang akan melahirkan sehingga mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat proses melahirkan. Walaupun rasa takut berada hanya dipikiran, akan tetapi pengaruhnya bisa ke tubuh/badan orang tersebut.

Kita sudah membahas tentang Mind-Body Connection sebelumnya, teknik hipnosis untuk persalinan ide awalnya dari Dr. Grantly Dick-Read (1890-1959), Beliau memberikan teknik relaksasi kepada pasien yang bersalin. Awalnya Dr. Grantly Dick-Read menolak bahwa teknik relaksasinya merupakan hipnosis. Kemudian, beliau menulis buku yang berjudul Childbirth Without Fear: The Principles and Practice of Natural Childbirth diterbitkan pertama kali pada tahun 1944.

Pengembangan dari penelitian Dr. Grantly Dick-Read diteruskan oleh seorang hipnoterapis yang bernama Marie Mongan. Marie Mogan memadukan teknik pernapasan, filosofi spiritual, dan teknik hipnosis untuk membantu proses persalinan bayi secara normal.

Saat ini teknik tersebut dikenal dengan Mongan Method. Setidaknya ada empat teknik dasar yang terdapat dalam Mongan Method melalui bukunya yang berjudul Hypnobirthing: A Celebration of Life diterbitkan pertama kali pada tahun 1992, yaitu: Teknik Pernapasan, Teknik Relaksasi, Teknik Visualisasi dan Teknik Pendalaman Ultra.

Dewasa ini, sudah banyak ibu-ibu di Indonesia yang menggunakan teknik hipnosis untuk persalinan atau teknik hypnobirthing. Hypnobirthing sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Asalkan sudah memahami secara benar tentang teknik tersebut atau ada baiknya juga dibimbing dengan seorang hipnoterapis profesional dibidang tersebut.

Ada baiknya sebelum melakukan teknik hypnobirthing juga melakukan konsultasi kepada dokter bersalin. Agar penangan secara medis dan terapi hipnosis dapat memberikan persiapan yang baik bagi kelahiran sang bayi. Ini salah satu dari sekian banyaknya manfaat hypnosis loh. 🙂 Yuk baca artike lainnya pada halaman berikut. Semoga artikel Hypnobirthing adalah Hipnosis untuk persalinan ini bisa bermanfaat. 🙂