Yuk Cari Tahu Cara Belajar Jadi Hacker, Pengertian Hacker, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Hacking Itu Seperti Apa

Bagi sebagian orang, hacker sering dianggap sebagai sosok atau profesi yang keren. Mengapa? Karena ilmu hacking tidak mudah untuk dipelajari dan tidak semua orang bisa menjadi hacker.

Selain itu, hacker juga selalu dianggap sebagai orang yang sangat cerdas sekaligus kreatif, karena itu tak sedikit yang tertarik untuk mempelajari ilmu peretasan.

Tapi tak bisa dimungkiri bahwa saat ini hacker kerap dicap negatif oleh orang awam, pasalnya hacker selalu identik dengan orang-orang usil yang suka meretas.

Padahal, hacker tidak selalu melakukan kejahatan di dunia cyber, tapi karena ada beberapa peretas yang menyalahgunakan ilmu mereka, hacker akhirnya selalu dipandang sebagai sosok yang buruk.

Apa Itu Hacker?

Bila Anda tertarik dengan hacking dan ingin mempelajarinya, sebaiknya pahami dulu apa itu hacker dan apa yang mereka lakukan.

Secara singkat, hacker adalah seseorang yang mempelajari sekaligus menganalisis sebuah perangkat, baik software maupun hardware. Hacker biasanya juga mencari celah keamanan suatu jaringan dengan tujuan yang positif.

Misalnya ada sebuah situs di internet, lalu seorang hacker berhasil mengetahui titik-titik kelemahan pada situs tersebut yang rentan untuk diretas.

Ia kemudian akan memberi tahu si pemilik situs mengenai kelemahannya tersebut dan bagaimana cara mengamankannya. Hacker seperti inilah yang kemudian sering disebut dengan white hat hacker.

Namun, ada pula orang-orang yang suka mencari kelemahan suatu sistem untuk kepentingan yang berbeda. Bukan untuk membantu, mereka melakukan peretasan untuk mencuri informasi pribadi, menghapus data, atau kepentingan pribadi lainnya yang bersifat merusak.

Mereka disebut cracker atau yang juga dikenal dengan sebutan black hat hacker. Hacker dan cracker sebenarnya memiliki minat dan kemampuan yang sama di dunia cyber, tapi keduanya punya perbedaan yang signifikan dalam hal tujuan.

Jadi menjadi hacker sebenarnya bukanlah sesuatu yang buruk, bahkan saat ini banyak hacker yang direkrut oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membantu mengamankan sistem jaringan mereka.

Manfaat Belajar Ilmu Hacking untuk Pemula

Siapa saja bisa mempelajari ilmu peretasan asalkan benar-benar serius dan memiliki minat yang kuat terhadap bidang ini.

Apalagi belajar dasar-dasar hacking sebenarnya memiliki manfaat yang cukup besar, terutama bila Anda sering menggunakan komputer dan internet.

Lalu apa saja manfaatnya? Berikut 7 keuntungan dari belajar ilmu hacking.

1. Mengerti seluk beluk dunia digital

Bagi orang awam, belajar hacking bisa menambah pengetahuan mengenai komputer, internet, sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Tak hanya mahir menggunakan, tapi juga tidak akan ‘kaget’ dan tahu apa yang harus dilakukan ketika mendapat bug, terkena virus, atau terjadi masalah pada perangkat lunak maupun keras.

2. Mencari kelemahan sistem

Bila Anda belajar ilmu peretasan, Anda bisa menemukan kelemahan dari suatu sistem atau celah yang rentan untuk dibobol. Hal ini memungkinkan Anda untuk segera melakukan perbaikan agar lebih aman dan tidak diretas oleh orang lain.

3. Menjaga keamanan sistem

Anda bisa menjaga sistem jaringan agar tetap aman dan tidak mudah dimasuki hacker. Dengan melakukan tindak pencegahan, Anda juga akan terhindar dari aksi-aksi pencurian data oleh para cracker.

4. Mengerti cara kerja hacker

Terjun ke dunia hacking berarti Anda akan mengerti seluk beluk cyber, termasuk cara kerja para hacker. Gunanya adalah agar Anda juga bisa bertindak seperti mereka, mulai dari mencari kelemahan suatu sistem hingga mengatasi masalah yang ada.

5. Bisa mencari solusi ketika diserang cracker

Seseorang yang bergelut dengan dunia hacking harus selalu siap dengan serangan cyber dalam bentuk apapun. Mereka yang punya ilmu hacking pun tidak akan panik ketika diserang oleh cracker.

Misalnya email, situs, atau media sosial Anda diretas, Anda tidak akan bingung karena tahu bagaimana cara mengembalikannya.

6. Tidak mudah tertipu cracker

Cracker sering melakukan aksi menjengkelkan seperti menyebarkan virus di internet. Caranya pun bermacam-macam, misalnya mengirim link lewat email atau media sosial, bisa juga dengan menyamarkan virus tersebut agar terlihat seperti program atau aplikasi tertentu, sehingga ketika diunduh dan digunakan, virus bisa menyebar di komputer Anda.

Bila Anda belajar hacking, maka Anda bisa lebih berhati-hati saat berselancar di dunia maya. Anda juga bisa membedakan mana situs atau program yang aman untuk diunduh dan dijalankan.

7. Membantu orang lain

Tak ada gunanya memiliki ilmu apabila tidak bermanfaat bagi orang lain. Bila sudah mengerti tentang dasar-dasar hacking, Anda juga dapat membantu orang lain yang mungkin sedang mengalami masalah peretasan.

Cara dan Tempat Belajar Hacking

Mempelajari peretasan bukanlah sesuatu yang mudah dan tidak bisa dilakukan secara instan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda memutuskan belajar hacking, salah satunya adalah punya niat dan komitmen yang kuat untuk mau belajar.

Bahkan hacker profesional sekalipun pasti akan terus belajar demi meningkatkan kemampuannya. Bila Anda serius ingin belajar masalah peretasan, coba lakukan beberapa hal berikut ini sebagai langkah awalnya.

  1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai peretasan, bisa lewat buku, internet, atau bergabung dengan komunitas hacker yang Anda tahu.
  2. Rajin-rajinlah berkunjung ke situs atau forum online yang berkaitan dengan hacking. Tak hanya situs lokal, tapi juga situs dan forum-forum dari luar negeri. Di sini Anda bisa mengetahui tutorial-tutorial tertentu atau berdiskusi oleh orang lain seputar masalah peretasan.
  3. Ikutilah seminar, workshop, atau pelatihan yang berhubungan dengan peretasan. Hal ini bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia hacking. Tak hanya itu, Anda juga akan bertemu dengan orang-orang baru dan bisa menjalin koneksi dengan mereka.
  4. Pahami bahwa belajar ilmu hacking tidak akan pernah ada selesainya, jadi Anda juga tidak boleh berhenti untuk belajar dan berlatih.

Bagaimana? Masih ingin mempelajari ilmu hacking? Jika iya, Anda bisa membaca informasi seputar kursus-kursus hacker profesional yang juga tersedia secara online.