Instalasi Kontrol Panel VPS Pertama Kali bingung ingin menggunakan apa? Jika budget lebih Anda tinggal pilih menggunakan CPanel atau menggunakan Plesk. Klo yang paling banyak dan familiar si menggunakan Cpanel. Tetapi klo budget terbatas bagaimana ya? Cukupnya hanya bayar sewa VPS per bulan saja, lisensi Cpanel sepertinya budget-nya tidak cukup. Ada dari pembaca The Target Community yang seperti itu?

Ada ya pastinya. Dulu saya juga merasakan hal yang sama kok. Uangnya hanya cukup untuk sewa VPS per bulan, tidak bisa sewa lisensi Cpanel. Alhasil harus menggunakan kontrol panel untuk VPS menggunakan yang gratisan. Gratisan? Emang aman? Tenang, tidak semua yang gratisan itu kualitasnya buruk kok. Dan tidak semua yang berbayar atau premium selalu berkualitas baik.

Jika Anda hari ini sedang startup, dan ternyata website Anda dikunjungi banyak orang dari berbagai negara. Klo sewa sharedhosting kadang tidak cukup ya resource untuk menampung pengunjung Anda? Anda bisa menyewa VPS dan di-customize sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu bagaimana dengan kontrol panel yang gratis dan powerful tadi? Saya menyarankan Anda menggunakan webmin atau kloxo panel.

Bisa dibilang kloxo panel adalah salah satu kontrol panel gratisan yang sangat mudah sekali untuk pengoperasiannya. Namun sayangnya kloxo panel telah diberhentikan tahap pengembangannya. Sehingga saya tidak merekomendasikan Anda untuk menggunakan kloxo panel VPS yang Anda pakai. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan webmin sebagai kontrol panel dari VPS Anda. Apakah ribet? Jika dibandingkan dengan Cpanel.

Atau Anda biasa menggunakan Cpanel, mungkin sedikit lebih ribet ya. Tetapi, lama kelamaan Anda akan terbiasa juga kok dengan tampilan webmin. Webmin adalah aplikasi gratis untuk kontrol panel VPS pengganti Cpanel atau Plesk. Jika Anda ingin versi yang berbayar Anda bisa menggunakan Virtualmin Pro. Tetapi menurut saya jika Anda tidak butuh konfigurasi yang “njelimet”. Webmin saja sudah cukup. Semoga tips instalasi kontrol panel VPS pertama kali ini bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan. 🙂