Manfaat Jasa Perencana Keuangan

Hidup di zaman modern mengharuskan Anda untuk memikirkan banyak hal. Setiap hari Anda dituntut memenuhi berbagai macam kebutuhan rumah tangga, menyelesaikan pekerjaan di kantor, menghadapi klien yang sulit, hingga melunasi cicilan rumah dan kendaraan.
Apalagi bagi mereka yang hidup di Ibu Kota. Berangkat pagi-pagi sekali dan pulang larut malam adalah rutinitas yang harus dijalani. 24 jam sehari terasa sangat tidak cukup.
Kelelahan yang harus dirasakan setiap hari juga membuat banyak orang tidak sempat memikirkan masa depannya. Padahal, ada banyak hal yang harus direncanakan matang-matang.
Baca juga: Tips Merencanakan Keuangan secara Tepat
Mulai dari pendidikan si kecil, membeli kendaraan impian keluarga, memiliki rumah yang nyaman, dana pensiun, hingga asuransi.
Ada banyak sekali hal, tetapi begitu sempit waktu dan tenaga yang tersedia untuk merancang masa depan. Anda tidak perlu khawatir. Sebagai solusi, Anda dapat menyewa jasa perencana keuangan.
Di Indonesia, jasa perencana keuangan adalah hal yang asing bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Padahal, rencana keuangan adalah sesuatu yang harus dipersiapkan dengan baik oleh semua orang.
Secara garis besar, ada lima tujuan perencana keuangan yang bisa Anda ambil manfaatnya, yaitu:

  1. Mengevaluasi keadaan keuangan Anda saat ini.
  2. Setelah itu, perencana keuangan akan mencoba merencanakan perlindungan aset-aset penting Anda.
  3. Anda akan dibantu untuk merencanakan pembangunan kekayaan.
  4. Anda juga akan dibantu untuk merencanakan persiapan menghadapi hari tua.
  5. Terakhir, perencana keuangan akan membantu Anda menyiapkan dana warisan.

Dalam menjalankan tugasnya, perencana keuangan memiliki beberapa tugas dan fungsi, yaitu:

  1. Agen perencana keuangan akan mengumpulkan data dan informasi terkait keuangan Anda.
  2. Selanjutnya, perencana keuangan akan mengidentifikasi keinginan Anda secara spesifik.
  3. Setelah itu, Anda akan dibantu merumuskan cara meraih dan skala prioritas keinginan Anda.
  4. Kemudian, perencana keuangan akan menganalisis data yang didapat dengan melakukan financial check-up dan mengevaluasi banyaknya dana yang dibutuhkan.
  5. Setelah proses analisis, perencana keuangan akan merekomendasikan investasi dan asuransi yang Anda butuhkan.
  6. Kemudian, dia akan membantu Anda menerapkan rencana investasi dan asuransi yang telah disetujui.
  7. Setelah investasi dan asuransi Anda berjalan, perencana keuangan Anda akan melakukan pengawasan terhadap investasi dan asuransi Anda.

Terdapat berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menyewa jasa perencana keuangan, antara lain:

  1. Manfaat utama menyewa jasa perencana keuangan adalah menghemat waktu Anda untuk berpikir dan belajar mengenai rencana keuangan karena Anda akan dibantu oleh tenaga ahli.
  2. Manfaat selanjutnya adalah Anda akan mengetahui kondisi keuangan Anda dengan pasti dan objektif. Perencana keuangan akan menganalisis dan melaporkan masalah-masalah keuangan yang Anda hadapi secara jelas dan lengkap.
  3. Manfaat ketiga adalah membantu Anda memilih instrumen saham atau asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.
  4. Terakhir adalah membantu Anda melakukan investasi. Setiap bulan perencana keuangan akan mengingatkan Anda untuk melakukan investasi dan memantau hasil investasi Anda.

Agar efektif, Anda harus memilih penyedia jasa perencana keuangan dengan benar. Selanjutnya akan dibahas beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih penyedia jasa perencana keuangan, antara lain:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih jasa perencana keuangan adalah Anda harus mengevaluasi sendiri kondisi Anda secara garis besar. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat mengakses ZAPfin Check Up yang disediakan secara online oleh ZAP Finance.
  2. Carilah perencana keuangan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat bertanya kepada orang-orang yang sebaya atau memiliki kondisi yang sama dengan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat meminta rekomendasi perencana keuangan yang sesuai kepada orang tua dari teman sekolah anak Anda.
  3. Pastikan Anda menyewa perencana keuangan yang ahli dalam bidangnya. Ada banyak orang yang mengaku sebagai perencana keuangan atau financial planner. Faktanya ada banyak agen penjual yang mengaku sebagai konsultan atau perencana keuangan. Biasanya agen penjual yang mengaku sebagai perencana keuangan akan membujuk Anda untuk melakukan pembelian produk tertentu karena komisi mereka tergantung dari penjualan tersebut.

Untuk membedakan seorang perencana keuangan dan agen penjual adalah dengan memastikan apakah individu yang bersangkutan memiliki sertifikat dari sertifikasi perencana keuangan profesional atau CFP (Certified Financial Planner) kah?
Umumnya perencana keuangan yang memiliki sertifikasi ini benar-benar ahli dalam bidangnya. Pasalnya, untuk mengikuti ujian sertifikasi ini seorang perencana keuangan harus memiliki pengalaman bekerja minimal 3 tahun dalam industri jasa keuangan.
Selain itu, memilih perencana keuangan yang mematok biaya berdasarkan konsultasi yang biasanya mengenakan tarif senilai 1% dari nilai investasi Anda atau tarif per jam akan lebih baik.
Baca juga: Tips Jitu Mengelola Keuangan untuk Pemula
Perencana keuangan yang mengenakan tarif seperti ini biasanya akan bekerja dengan dengan prinsip customer-oriented dan tidak akan membujuk Anda membeli produk tertentu.
Selain itu, ada juga perencana keuangan yang merangkap sebagai agen penjual. Dalam kasus ini, perencana keuangan yang baik akan mengatakan kepada kliennya jika dia mendapat komisi dari produk tertentu.
Akan tetapi, jangan berburuk sangka dahulu terhadap agen penjual. Agen penjual yang profesional dapat memberi Anda saran-saran keuangan yang tidak kalah dengan perencana keuangan.
Agen penjual yang membangun hubungan jangka panjang biasanya akan memberi Anda beberapa saran keuangan yang bagus.
Baca juga: Software Perencanaan Keuangan untuk Komputer dan Ponsel Pintar
Menyewa seorang perencana keuangan adalah sebuah solusi yang sangat baik untuk mereka yang tidak sempat merancang rencana keuangannya sendiri.
Selain itu, mengetahui bahwa ada seseorang yang membantu mengawasi uang Anda, akan memberikan rasa aman dan tenang.
Bagi Anda yang ingin mempersiapkan segalanya untuk masa depan, jasa perencana keuangan adalah pilihan yang patut dicoba.