Koin dinar dan dirham yang tersebar luas di Indonesia memiliki beberapa jenis varian, koin-koin tersebut dicetak dan didistribusikan oleh beberapa pihak. Sehingga dari koin emas dinar dan koin perak dirham yang ada, terdapat sedikit perbedaan pada desain, berat gram, dan sertifikatnya. Sesuai dengan siapa pencentaknya.
Hari ini kita akan membahas tiga jenis koin dinar dan dirham yang paling banyak tersebar di Indonesia. Dan saya akan mengenalkan kepada Anda tentang tiga jenis koin emas dinar dan koin perak dirham tersebut kepada Anda. Oh ya, mengapa ada perbedaan dalam berat gram-nya?
Sebenarnya perbedaan tersebut didasarkan oleh sebuah penelitian dari masing-masing pihak, baik dari sejarah maupun fikih. Kita tidak akan membahas lebih jauh tentang hasil penelitiannya.
Karena kapasitas diri saya belum mencukupi untuk membahas hal tersebut di sini. Kita akan membahas lebih banyak kepada hal-hal umumnya saja. Siap? Oh ya, jangan lupa baca juga tulisan saya sebelumnya ya tentang Cara Membiasakan Diri Menabung Emas. Berikut ini jenis koin dinar dan dirham di Indonesia:

1. Koin Emas Dinar dan Perak Dirham Cetakan ANTAM

Dinar via jgolddinar.wordpress.com

Dinar keluaran Antam via jgolddinar.wordpress.com


Gambaran di atas adalah dinar cetakan dari PT Antam Tbk. Unit bisnis pengelolaan dan pemurnian Logam Mulia – Indonesia. Gambarnya ada masjidil haram dan ka’bah di mekkah. Adapun beratnya yaitu 4.25 gram. Gambar yang bulat kuning itulah yang disebut dengan koin dinar emas, sedangkan yang berwarna hijau adalah sertifikat dinar yang dikeluarkan oleh Logam Mulia. Adapun harga dinar saat ini kisaran Rp 2.000.000,00 hingga Rp. 2.500.000 (nilai tertinggi saat tulisan ini dibuat). Informasi lebih lanjut dapat dibuka di halaman ini.

2. Koin Dinar Emas dan Dirham Perak Cetakan Wakala Induk Nusantara

Koin Emas Dinar Keluaran Wakala Induk Nusantara via twitter.com

Koin Emas Dinar Keluaran Wakala Induk Nusantara via twitter.com


Selanjutnya ada koin emas dinar dan koin perak dirham keluaran dari Wakala Induk Nusantara. Adapun beratnya sama seperti dinar keluaran Antam, yaitu sebesar 4.25 gram dan dicetak dengan kemurnian 22 karat. Sertifikatnya berwarna putih. Harga emas terkini dari dinar dan perak dirham Wakala Induk Nusantara dapat Anda cek pada halaman ini.

3. Koin Emas Dinar dan Perak Dirham Cetakan DinarFirst

Dinar dan Dirham Keluaran dari DinarFirst via dinarfirst.org

Dinar dan Dirham Keluaran dari DinarFirst via dinarfirst.org


Berikutnya ada koin emas dinar dan koin emas dirham keluaran dari DinarFirst. Ada sedikit perbedaan pada karat dan gram, sesuai penelitian sejarah, fikih dan timbangan mitsqal yang di ikuti dengan Fatwa Atas Berat dan Kadar Untuk Dinar dan Dirham. Informasi mengenai penelitian ini dapat Anda baca pada halaman berikut ini.
Apa yang tertulis di atas, hanya memberikan informasi singkat dan umum tentang koin dinar dan dirham yang banyak tersebar di Indonesia. Adapun perbedaan berat, gram, dan seterusnya. Dapat dikaji dan diteliti lebih lanjut oleh Anda sendiri. Karena memang saya tidak memiliki kapasitas untuk membahas hal tersebut di sini.
Bro Robi, kok cuma bahas tentang koin emas dinar aja di artikel ini? Sabar ya. Kita bahas koin perak dirham pada artikel berikutnya saja. Baca juga tulisan saya yang berkaitan dengan artikel ini, yaitu Aplikasi Ponsel Pintar untuk Update Harga Emas Terkini.