Situs Lowongan Pekerjaan yang Melakukan Proses Verifikasi Perusahaan Baru Ada di Kalibrr.com

Situs lowongan pekerjaan besar yang dibangun khusus seperti jobstreetjobsdb, maupun situs  perorangan yang berbasis blogspot saat ini marak menawarkan informasi lowongan pekerjaan.

Sayangnya tidak semua informasi yang disajikan di situs-situs tersebut, bebas dari penipuan. Ada banyak penipuan lowongan pekerjaan yang berasal dari informasi situs yang tadi saya sebutkan di atas.

Biasanya penipu menggunakan celah di situs yang menawarkan pencari tenaga kerja, lalu menggunakan akun palsu yang mengatasnamakan sebuah perusahaan ternama atau tidak untuk menjaring mangsanya.

Setelah itu, calon korban akan dihubungi melalui e-mail atau nomor telepon yang tertera pada CV (Curriculum Vitae) si korban. Modusnya mulai dari SMS penipuan, rembes tiket, menang undian, dan lain-lain.

Baca juga : Pilih Streaming Atau Download? Di sini Penjelasan Bagi yang Belum Tahu Perbedaannya

Seharusnya ada proses verifikasi terlebih dahulu, mana yang beneran perusahaan mana yang abal-abal alias palsu. Sampai saat ini situs lowongan pekerjaan yang saya tahu, dan yang melakukan verifikasi baru satu situs.

Mungkin saya salah, jika anda menemukan situs lowongan pekerjaan yang melakukan hal yang sama, yaitu melakukan verifikasi terhadap pemberi kerja, silahkan informasikan ke saya melalui kotak komentar ya. 🙂

Kalibrr.com – Where Jobs Find You

Nama situsnya adalah kalibrr, sama seperti situs lowongan kerja yang tadi saya sebutkan di atas, namun yang membedakan situs ini melakukan verifikasi terhadap perusahaan dan pencari kerja.

Verifikasi pencari kerja hanya membutuhkan nomor handphone dan alamat e-mail yang aktif saja. Sedangkan untuk perusahaan pemberi kerja akan diverifikasi oleh tim dari kalibrr.com.

Perusahaan besar yang jarang anda lihat buka lowongan pekerjaan, seperti Facebook, Google, dan Gojek ternyata membuka lowongan kerja mereka di situs ini.

Baca juga : Cara Mengubah Video Youtube Jadi Mp3

Ciri-ciri perusahaan yang telah diverifikasi oleh tim dari kalibrr yaitu memiliki badge berwarna biru, bertuliskan Verified Kalibrr employer. This employer has a verfied SEC registration or business permit.

Saya sangat menyarankan agar anda apply di perusahaan yang sudah diverifikasi oleh mereka. Karena ada juga perusahaan yang belum diverifikasi oleh kalibrr dan membuka lowongan kerja di situs tersebut.

Kalau fitur seperti ini ada juga di situs lowongan kerja lainnya, celah penipuan berkedok lowongan kerja palsu bisa diminimalisir. Sayangnya baru situs kalibrr saja yang melakukannya.

Menurut anda ada kah cara lain yang dapat memberantas atau mengurangi penipuan berkedok lowongan pekerjaan? Bagaimana cara anda menghindari penipuan dengan modus yang satu ini?

Yuk kita sharing!