Sebelum Membeli Kartu MicroSD untuk Smartphone. Baca Hal-hal Dasar yang Perlu Anda Ketahui Berikut Ini Terlebih Dahulu

Ruang penyimpanan memori internal di smartphone terkadang suka cepat penuh. Penyebabnya mulai dari file media WhatsApp yang auto-download jika menggunakan koneksi Wi-Fi.

File media itu termasuk di dalamnya file audio, video, pdf, dan gambar yang mungkin di share oleh teman Anda di grup maupun yang chatting secara personal. Hal ini salah satunya yang membuat memori internal cepat penuh.

Cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara memindahkan file media ke memori eksternal. Kami telah membahasnya pada artikel cara memindahkan file-file media di folder WhatsApp ke memori eksternal.

Baca juga: Tips Aplikasi WhatsApp agar Aplikasi Tidak Membengkak

Kartu MicroSD juga bisa dijadikan penyimpanan beberapa aplikasi tertentu sehingga tidak membebani memori internal smartphone. Berikut ini panduan memindahkan aplikasi android ke memori eksternal.

Saat ini banyak tempat-tempat yang menawarkan harga yang miring untuk sebuah kartu microSD. Baik online maupun offline, sebaiknya jangan langsung tergiur. Anda harus mengecek beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Bagaimana pun juga kartu microSD nantinya akan menyimpan data-data penting yang ada di smartphone Anda. Jadi jangan pilih kartu microSD yang asal murah. Pertama, bisa jadi palsu. Kedua, bisa jadi kualitasnya buruk.

Baca juga: Cara Hemat Internal Storage Android

Nah sebaiknya Anda perhatikan dahulu beberapa tips di bawah ini sebelum Anda berniat untuk membeli atau mengganti sebuah microSD untuk smartphone kesayangan Anda.

  1. Pastikan pada saat membeli sebuah kartu MicroSD Anda membeli di toko komputer yang terpercaya. Ada kepastian mengenai garansi resmi dari produsen, maupun garansi dari toko yang menjual.
  2. Pilih kapasitas memori eksternal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin tinggi kebutuhannya seperti fotografi, gaming, intensitas komunikasi yang tinggi dengan menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, BBM, Kakaotalk, dst. Semakin besar juga kapasitas memori eksternal yang dibutuhkan.
  3. Kapasitas dari sebuah kartu MicroSD pun harus disesuaikan dengan kemampuan dari smartphone. Semakin penuh file yang tersimpan di memori eksternal tanpa diimbangi dengan kemampuan dari smartphone, yang terjadi malah smartphone menjadi lambat pada saat proses membuka galeri maupun pada saat mencari file.

Ketiga hal di atas adalah poin penting yang bersifat umum untuk bahan pertimbangan awal sebelum membeli microSD. Di bawah ini ada pertimbangan lain yang lebih khusus sifatnya terkait fitur dari sebuah MicroSD.

1. Perhatikan Speed (Kecepatan) dari Kartu MicroSD yang Akan Anda Beli

Perhatikan Kecepatan dari Kartu MicroSD yang Akan Anda Beli

Kecepatan dari Kartu MicroSD menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membeli via idfl

Smartphone keluaran tahun 2015 – 2016 tentunya sudah mendukung Class 10 dan Class 6. Perbedaan setiap kelas terkait baca dan tulis dari sebuah kartu microSD menjadi bahan pertimbangan juga.

Keuntungan menggunakan yang Class 10, yaitu pada saat merekam video yang berkualitas tinggi atau pada saat bermain game, membuka foto, eksplor dokumen, dll terasa lebih smooth.

Baca juga: Hemat Memory Internal dengan Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Anda bisa googling dan membaca di situs-situs yang memberikan review mengenai gadget yang populer di Indonesia. Apakah smartphone yang saat ini dipakai telah mendukung kartu MicroSD yang Class 10 atau belum.

Setiap produsen memiliki perbedaan terkait speed dari sebuah produk kartu MicroSD ini. Sama-sama di Class 10 tetapi ada juga yang menawarkan kecepatan di atas 30 MB/s. Ada yang 40, 48, 60, 80, 90 bahkan 95 MB/s.

2. Harga Kartu MicroSD vs Merk dari Produsen MicroSD

Perhatikan fitur dari kartu microSD yang ditawarkan oleh produsen

Perhatikan fitur dari kartu microSD yang ditawarkan oleh produsen via androidpit.com

Harga yang ditawarkan oleh produsen sebenarnya sudah cukup kompetitif. Anda bisa mencari harga yang sesuai dengan budget. Semakin tinggi dan lengkap fitur yang ditawarkan oleh sebuah kartu microSD biasanya harganya juga mahal.

Kalau ditanya merk apa yang terbaik, balik lagi tanyakan ke diri Anda. Apa kebutuhan yang harus Anda dapatkan dari sebuah kartu microSD. Apakah kapasitas yang besar saja sudah cukup? Atau membutuhkan kapasitas besar dengan kecepatan menulis dan membaca yang tinggi?

Ataukah saking tingginya ketergantungan Anda dengan microSD ini Anda membutuhkan kapasitas besar, kecepatan menulis dan membaca dari microSD yang tinggi, ditambah proteksi backup tambahan misalnya.

Dari semua pertanyaan di atas Anda bisa mencari mana produsen yang sekiranya dapat menjawab kebutuhan-kebutuhan Anda tersebut.

3. Apa Maksud dari SDHC dan SDXC di Kartu MicroSD ?

Apa perbedaan antara kartu microSD HC dan XC

Apa perbedaan antara kartu microSD HC dan XC via androidpit.com

Kalau Anda sedang di toko komputer karena saking banyak hardware yang “menyilaukan mata”. Terkadang pada saat melihat sebuah MicroSD semua terlihat sama padahal ada perbedaannya.

Baca juga : Tips Hemat Internal Storage Dengan Menghapus Cache

Jenis kartu HC (High Capacity) kapasitasnya hanya sebesar antara 2GB sampai 32GB. Sedangkan XC atau Extended Capacity penyimpanan atau ruang kapasitasnya telah mendukung 32GB hingga 2TB.

Kesimpulan

Semakin penting data-data yang akan disimpan pada sebuah kartu MicroSD baru. Ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan dan bertanya kepada Mbah Google mengenai review dari suatu merk tertentu.

Apakah banyak netter yang memakai dan puas dengan sebuah merk tertentu. Atau sebaliknya, mereka tidak merekomendasikan sebuah merk tertentu karena dianggap cepat rusak misalnya atau ada alasan lain.

Saya menyarankan untuk melakukan backup di komputer atau ruang penyimpanan komputasi awan seperti Google Drive, One Drive, Dropbox, dan sejenisnya untuk beberapa file yang penting menurut Anda.

Sehingga apabila terjadi kerusakan misalnya pada kartu microSD. Anda masih punya file backup dari data penting tersebut.

Apakah tulisan di atas bermanfaat untuk dibagikan ke teman-teman Anda di sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path? Jika iya, mohon bantu sebarkan tulisan tersebut dengan mengklik tombol share.

Bagi mereka yang menyukai tulisan terbaru dari Situstarget.com. Anda bisa bergabung dengan ribuan pembaca lainnya melalui layanan berlangganan artikel yang ada di bawah tulisan ini. Cukup masukan nama dan email Anda.