Work from home menjadi sebuah budaya kerja baru bagi sebagian orang. Berbeda saat kerja di kantor, sering telepon atau SMS sehingga pulsa lebih teratur diisi ulang. Saat WFH? Pakai Wi-Fi, jarang isi pulsa, tiba-tiba kartu Telkomsel hangus.

Ada yang ngerasain hal yang serupa? Kartu Telkomsel hangus bisa dipastikan tidak dapat digunakan oleh si pemilik kartu selamanya! Kurun waktu satu atau dua tahun, nomor yang hangus akan dijual kembali ke pasar.

Padahal nomor Telkomsel yang mati tersebut sudah digunakan selama bertahun-tahun. Terkait masa aktif kartu, memang Telkomsel aturannya sangat ketat, terlambat memperpanjang masa aktif Telkomsel ya siap-siap nomor akan hangus.

Provider yang juara dalam memberikan masa aktif kartu ya Tri, cuma Tri yang paling baik. Sayangnya kalau di luar kota, masih dirajai oleh si Telkomsel untuk masalah ketersediaan jaringan, baik itu telepon, SMS, maupun internet.

Sekarang setelah masa aktif Telkomsel sudah habis, tidak akan bisa diperpanjang nomor terkait info dari Customer Service Telkomsel maupun dari karyawan yang ada di GraPARI Telkomsel, saya sudah menanyakan hal ini langsung.

Lalu apa saja yang harus dilakukan saat kartu Telkomsel hangus?

1. Segera Ubah Kartu Telkomsel yang Hangus Jika Terkait Perbankan

Jika kartu telkomsel yang hangus itu pernah dikaitkan dengan akun internet banking, mobile banking, SMS Banking. Segera telepon pihak bank dan infokan ke mereka bahwa kartu telkomsel kamu telah mati dan perlu diganti.

Pihak bank biasanya akan meminta kamu untuk mengirimkan ke mereka surat pernyataan, salinan KTP, salinan kartu debit atau kartu kredit. Kesemuanya dilampirkan dan di email ke email customer service bank terkait.

Ada yang bisa via email saja cukup seperti Bank Mandiri, ada juga yang mengharuskan datang ke cabang bank terdekat, tentu setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait hal ini.

2. Apakah Kartu Telkomsel yang Hangus Dikaitkan dengan Akun E-commerce?

Cara Memperpanjang Masa Aktif telkomsel

Beberapa e-commerce besar di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dsb menggunakan nomor handphone sebagai otentikasi tambahan untuk perlindungan akun.

Jika kamu pernah mengaitkan nomor telkomsel yang sudah mati sebelumnya ke akun e-commerce. Maka perlu diperbaharui data yang ada di akun e-commerce, syarat pengajuannya yaitu foto Buku Tabungan, Kartu Identitas (KTP/SIM/Paspor) sesuai dengan data pemilik akun e-commerce, alamat email dari akun terkait, dan nomor telepon baru yang akan digunakan.

Berikut ini link yang bermanfaat untuk mengubah nomor telepon yang sudah tidak lagi aktif di beberapa e-commerce:

  1. Cara mengubah nomor yang sudah tidak aktif di Tokopedia
  2. Bukalapak, nomor HP yang digunakan sudah tidak aktif
  3. Kendala di Blibli jika nomor handphone sudah tidak lagi aktif atau hilang
  4. Nomor HP lama sudah tidak aktif atau hangus di Shopee

3. Perbaharui Nomor Expired Terkait Sosial Media dan Alamat E-mail

Nomor handphone yang sudah tidak bisa lagi diaktifkan, apabila sebelumnya terhubung dengan alamat e-mail atau sosial media, data yang berada di Facebook, GMail, Yahoo, Outlook, Twitter, dst. pun perlu diperbaharui.

Jika fitur 2FA sempat diaktifkan, namun kode SMS verifikasi tidak kunjung diterima karena dikirim ke nomor yang sudah mati. Gunakan backup code yang biasanya diberikan saat awal mengaktifkan fitur 2FA.

Backup code dari masing-masing sosial media maupun penyedia jasa email, seperti GMail, Yahoo, dan Outlook pun berbeda-beda. Ada yang bisa digunakan berkali-kali (diberikan 5 sampai dengan 10 kode backup).

Ada juga kode backup 2FA yang hanya bisa digunakan satu kali. Kesempatan satu kali itu berarti, setelah berhasil login segera ganti nomor lama ke nomor yang baru atau matikan fitur 2FA untuk sementara waktu.

4. Ganti Nomor WhatsApp Lama ke Nomor Baru

Tahap berikutnya yaitu mengganti nomor WhatsApp yang sudah tidak bisa lagi kamu gunakan nomornya secara permanen, ke nomor yang baru. Prosesnya cukup mudah kok tinggal akses menu pengaturan > akun > ganti nomor.

Ada opsi pilihan apakah kontak yang tersedia di HP perlu diberitahukan bahwa nomor WhatsApp kamu telah berubah atau biarkan mereka tidak tahu kalau nomor kamu telah diubah.

Saran saya, beri centang pada tulisan notify contact dan pilih semua kontak. Sehingga kontak yang saat ini ada di HP, keseluruhannya tahu bahwa nomor WA yang digunakan sebelumnya telah diganti ke nomor yang baru.

Berikut video tutorial cara mengganti nomor WhatsApp ke nomor baru:

Catatan tambahan: Hal yang sama perlu dilakukan tidak hanya pada akun WhatsApp saja, tetapi berlaku juga jika kamu memiliki akun di LINE, Telegram, Viber, Sykpe, WeChat, dst.

5. Perbaharui Nomor HP yang Mati Pada Akun Dompet Digital

Dompet digital atau dompet elektronik adalah cara cepat melakukan pembayaran saat bertransaksi baik di toko online maupun di toko offline. Salah satu syarat penggunaan dompet digital yaitu nomor HP.

Nomor HP yang sudah mati perlu diperbaharui, jika kamu memiliki akun dompet digital. Segera perbaharui data yang ada di akun tersebut, berikut ini adalah list dompet digital kenamaan yang ada di Indonesia:

  1. Gojek – Gopay
  2. OVO
  3. Dana
  4. LinkAja
  5. Jenius
  6. Go Mobile by CIMB
  7. i.saku
  8. Sakuku
  9. Doku
  10. Paytren eMoney

Catatan tambahan, setiap akun di dompet digital memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing terkait nomor yang sudah tidak lagi bisa digunakan atau masa aktifnya sudah lewat, karena ada yang mensyaratkan pembuatan akun baru.

Nah, buat kamu yang belum mengalami hal naas seperti contoh di atas, sebaiknya pantau masa aktif Telkomsel kamu melalui *888# atau melalui MyTelkomsel. Masa aktif Telkomsel seperti kartu AS, kartu Halo, SimPATI, Loop itu berbeda-beda.

Ada yang cukup dengan melakukan topup pulsa seperti SimPATI, ada juga yang masa aktif Telkomsel baru diperpanjang setelah pulsa tersebut digunakan dan ada minimum penggunaan pulsanya dalam sebulan seperti kartu AS dan Loop.

Sedangkan kartu Halo, selama kamu rajin bayar setiap bulan ya kartu akan selalu diperpanjang otomatis. 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu para pengguna kartu Telkomsel. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan kirim pertanyaan melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel ini.

Bagikan juga tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, dan LINE ya. Semoga bisa menjadi reminder untuk teman, keluarga, sahabat, dan kerabat yang lain.

4.7 3 votes
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...