Pada tanggal 26 januari 2017 kemarin facebook mengumumkan fitur keamanan baru guna meningkatkan keamanan akun facebook dengan metode USB security key. Proteksi sebelumnya hanya memanfaatkan software.

Misalnya saja Google Authenticator, Authy 2-Factor Authentication, dan kode berupa angka yang dikirimkan melalui SMS. Ketiga fitur ini ternyata memiliki kelemahan, yaitu memanfaatkan kelalaian dari pengguna 2FA itu sendiri.

Kali ini facebook menambahkan fitur keamanan terbaru dengan menggunakan produk hardware dari Yubikey. Tidak hanya untuk meningkatkan keamanan akun facebook saja.

Yubikey juga bisa digunakan untuk memproteksi akun Google, GitHub, Dropbox, Salesforce, dan lain-lain. Jika Anda ingin membeli satu buah hardware Yubikey ini. Harga Yubikey itu berkisar antara $40 – $50.

Berbeda dengan sebuah flashdisk penyimpanan data. Pada saat login yang membutuhkan verifikasi tambahan dengan Yubikey. Setelah menggunakan Yubikey Anda tidak perlu melakukan safely removed.

Bagi Anda yang sudah memiliki hardware Yubikey, tinggal Anda hubungkan saja dengan akun facebook yang Anda pergunakan dengan cara klik Settings -> Security -> Login Approvals -> Security Keys.

Tips menjaga keamanan akun facebook dengan menggunakan hardware usb Yubikey

Tips menjaga keamanan akun facebook dengan menggunakan hardware USB Yubikey

Jika sudah muncul tampilah seperti gambar di atas. Klik tulisan Add Key dan masukkan USB Yubikey ke laptop atau komputer desktop Anda. Pada logo Y atau tombol berwarna emas di Yubikey tekan selama beberapa detik.

Setelah berhasil, akan ada informasi mengenai jenis hardware yang digunakan pada halaman security di akun facebook Anda. Inilah salah satu cara meminimalisir pencurian password akun facebook.

Ada beberapa artikel yang sangat berkaitan dengan tulisan ini dan wajib Anda baca, yaitu:

  1. Fake Login Facebook dan Tips Cara Menghindarinya
  2. Waspadai Hacking Email Melalui SMS Phising
  3. Kehilangan Backup Code untuk 2-Step Verification (2FA)
  4. Tips Mengamankan Akun Facebook dari Orang-orang yang Tidak Bertanggung Jawab
  5. Cara Membuat Password yang Sangat Aman dan Kuat

Bagi Anda yang mungkin memanfaatkan facebook untuk berjualan secara online (menggunakan iklan di facebook). Kartu debit yang Anda daftarkan di facebook untuk beriklan, bisa saja dibajak oleh orang lain.

Apabila akun facebook Anda password-nya berhasil diketahui oleh orang lain. 2FA ini bisa menjadi solusi untuk mencegah pencurian, pembajakan, dan peretasan akun facebook maupun akun online lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Bagikan juga artikel di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Klik tombol share untuk membagikan tulisan di atas.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Situstarget.com? Daftarkan nama dan alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Gratis sebuah e-book bagi 100 pendaftar pertama.