Tips Menjaga Keamanan Gmail yang Anda Miliki Saat Ini

Salah satu email favorit yang paling banyak dipergunakan oleh para netter di dunia, yaitu Google Mail. Selain memberikan kuota email yang besar, setelah anda mendaftarkan diri untuk memiliki akun GMail.

Anda diperkenankan untuk menggunakan beberapa aplikasi top google, yang mungkin Anda sudah familiar dengan Youtube, Google Plus, Google Playstore, Google Maps, Blogger, dan masih banyak layanan gratis lainnya yang bisa Anda pakai secara cuma-cuma.

Baca juga: Cara mengatasi peringatan deteksi virus palsu

Kalau mahasiswa atau pelajar mungkin lebih sering menggunakan Google Mail, Google Drive, dan Blogger. Betul ya? Biasanya dosen kirim tugas melalui email, backup skripsi di Google Drive, dan blogspot paling disuruh belajar bikin blog pribadi/kelompok.

Saking pentingnya email, rela ga si misalnya gmail anda di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Duh bisa uring-uringan ya. Apalagi kalau dipake untuk ngelamar kerjaan, nyimpen data penting perusahaan di Google Drive, atau terkait penyimpanan seluruh password dari browser Chrome.

Baca juga: Tips mengamankan komputer dari serangan hacker

Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya meningkatkan keamanan gmail yang anda miliki. Setidaknya dapat meminimalisir resiko atau membuat akun anda susah untuk “dinakalin” oleh orang lain. Jika anda ingin menggunakan email saat ini untuk seumur hidup, perhatikan aturan main dari setiap layanan yang Google berikan.

Selama tidak melanggar aturan main, insyaallah akun gmail anda bisa dipakai seumur hidup anda. Tentunya selama perusahaan Google masih eksis ya. Hehe. 😆

1. Aktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah Akun Gmail Anda

Verifikasi dua langkah saat ini menjadi penting, mengingat dapat meminimalisir pencurian password melalui keylogger dan phising

Verifikasi dua langkah saat ini menjadi penting, mengingat dapat meminimalisir pencurian password melalui keylogger dan phising

Verifikasi dua langkah (Two-Step Verification), yaitu Anda perlu melakukan verifikasi dengan dua tahap. Pertama, dengan menggunakan password akun gmail Anda. Kedua, dengan memasukan generate key code dari aplikasi smartphone Anda. Berikut adalah video penjelasannya:

Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di GMail sangat mudah:

  1. Login ke GMail Anda
  2. Di sebelah kiri ada ikon profil Gmail Anda, klik.
  3. Pilih My Account / Akun Saya
  4. Pilih Sign-in & security > Signing in to Google
  5. Pada Password & sign-in method > Pilih 2-Step Verification

Masukan nomor smartphone Anda, saran saya jangan suka berganti-ganti nomor. Karena sangat beresiko sekali jika Anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah, tetapi suka berganti-ganti nomor.

Karena verifikasi jika Anda lupa password, Anda akan diminta memasukan nomor ponsel yang Anda daftarkan. Simpan backupcode di tempat yang aman. Jadi ada dua backup: dari nomor ponsel dan kode dari Google.

2. Buat Sandi Password yang Unik, Panjang, dan “Tidak Anda Ingat”

Miliki password akun gmail yang kuat, unik, dan panjang

Miliki password akun gmail yang kuat, unik, dan panjang

Kebanyakan akun yang diretas menggunakan password yang orang lain mudah tebak, seperti nomor telepon rumah, nama orangtua, nama pacar, nama diri sendiri, tanggal lahir, tanggal lahir jadian, makanan kesukaan, maupun data-data yang mudah dan sering kali orang umbar di sosial media.

Jika Anda ingin membuat password, gunakan kombinasi huruf besar dan kecil. Contoh: AcBsaAwiPOAS. Lalu kombinasikan dengan angka. Contoh: Asaja9Jakqpoak. Cukup? Belum. Kombinasikan juga dengan simbol atau karakter unik. Contoh: Aj*1++asak(&%^1saNs. Apakah sudah?

Minimal panjang password yang Anda buat lebih dari 30 karakter. Sulit diiingat? Semakin sulit diingat, semakin bagus. Dan itu berarti Anda dapat mengandalkan password manager seperti LastPass maupun KeePass.

3. Gunakan Mode Penyamaran pada Browser di Situasi Khusus

Gunakan mode penyamaran di kondisi tertentu untuk meningkatkan keamanan gmail Anda

Gunakan mode penyamaran di kondisi tertentu untuk meningkatkan keamanan gmail Anda

Suka login email melalui komputer-komputer umum yang sering orang lain pergunakan? Anda perlu menggunakan mode incognito agar data-data selama berselancar di dunia maya tidak direkam oleh browser Anda.

Cara mengaktifkan mode ini sangat mudah sekali, ulasan mengenai mode ini saya pernah bahas pada tulisan berikut Serba-serbi tentang mode incognito (mode penyamaran) pada browser.

Video penjelasannya dapat Anda saksikan di bawah tulisan ini:

4. Cek Aktivitas Terakhir Orang yang Menggunakan Akun Gmail Anda

Cek aktivitas terakhir seseorang yang menggunakan akun gmail Anda

Cek aktivitas terakhir seseorang yang menggunakan akun gmail Anda

Apakah Anda merasa aneh kita menggunakan email kok banyak mendapatkan notifikasi bahwa akun Anda login melalui komputer atau devices lain? Segera cek histori dari orang yang terakhir menggunakan akun gmail Anda.

Cara pengecekannya sangat mudah sekali, pertama login ke akun Gmail Anda. Lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan tulisan Last account activity: 0 minutes ago dan Details. Klik details, nanti akan muncul popup mengenai informasi:

  1. Access Type [ ? ] (Browser, mobile, POP3, etc.)
  2. Location (IP address) [ ? ]
  3. Date/Time (Displayed in your time zone)

Jika ada browser atau akses yang tidak Anda kenal dari lokasi IP beda negara atau kota misalnya. Dan ia sempat mengakses Gmail Anda, kemungkinan seseorang ada yang membaca email Anda.

Anda juga perlu mengenali IP Address komputer yang Anda pakai untuk login ke akun Gmail. Caranya tinggal buka saja website untuk melakukan pengecekan IP Adress komputer Anda melalui www.whatismyip.com.

5. Signout Seluruh Devices yang Tidak Anda Kenali

Jika ada devices yang tidak Anda kenal, segera signout-kan saja

Jika ada devices yang tidak Anda kenal, segera signout-kan saja

Saya pernah login Gmail di komputer warnet atau di smartphone teman, kebetulan saya lupa signout bagaimana solusinya? Lakukan langkah pada poin keempat, setelah popup muncul Anda akan melihat tampilan website seperti ini:

Signout seluruh sesi pada aktivitas akun Gmail Anda

Signout seluruh sesi pada aktivitas akun Gmail Anda

Pada tombol “Sign out all other web sessions” klik. Dan secara otomatis seluruh kegiatan yang menggunakan akun Gmail Anda akan di-signout. Semoga kelima tips di atas bisa meningkatkan keamanan gmail Anda. Jika Anda punya saran dan masukan yang lain. Mohon sampaikan melalui kotak komentar di bawah artikel ini.

Apakah kelima tips terkait cara meningkatkan keamanan gmail di atas bermanfaat untuk Anda? Mohon bantu sebarkan tulisan ini jika Anda merasa ada manfaat untuk dibagikan ke teman-teman Anda melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari kami? Daftarkan nama lengkap dan alamat email Anda di kotak pendaftaran untuk berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Lakukan konfirmasi setelah proses pendaftaran. Sistem kami akan mengirimkan pesan baru setelah proses pendaftaran usai.

Iklan