Kebiasaan Warren Buffet yang Bisa Anda Contoh

Hari ini kita akan belajar dari tokoh sukses dunia yang berasal dari Amerika Serikat, yaitu Warren Buffet.Seorang pengusaha sukses, investor, sekaligus salah satu donatur terbesar pada yayasan Gates Foundation. Saat ini usia beliau berumur 85 tahun.

Beliau kelahiran 1930, bisa Anda bayangkan dengan usia yang tidak lagi muda. Sampai hari ini masih disibukkan dengan kegiatan bisnis, politik, dan kegiatan amal sosial.

Dibandingkan dengan nenek saya, beliau lebih tua usianya. Tapi kok masih bisa tetap produktif ya? Ternyata ada setidaknya 5 kebiasaan yang ia pertahankan usai menyelesaikan pekerjaan kantornya. Kali ini kita akan membahas, semoga kebiasaan baik ini bisa Anda tiru juga.

Berikut ini 5 Kebiasaan Warren Buffett Usai Ia Menyelesaikan Pekerjaannya:

1. Ia Membaca 500 Halaman Setiap Hari

kebiasaan warren buffett usia ia bekerja adalah membaca

Kebiasaan Warren Buffett usia ia bekerja adalah membaca


Kalau Anda membaca artikel di internet, koran, atau majalah. Anda hanya mendapatkan informasi teranyar namun hanya sebatas di permukaan atas saja. Maksudnya tidak mendalam.
Lain hal jika Anda menghabiskan waktu setelah bekerja, seperti yang dilakukan oleh Warren Buffet. Ia membaca 500 halaman setiap hari. Di usia senja, jika Anda terus melatih kemampuan otak Anda.
Proses penuaan seperti pikun (suka lupa) bisa diperlambat. Hal yang lebih penting, yaitu Anda membaca buku sesuai dengan yang Anda butuhkan. Contoh jika Anda ingin memperdalam kemampuan analisa pasar.
Buku-buku yang Anda baca mungkin seputar ekonomi, politik, strategi marketing, perilaku konsumen, dan seterusnya. Buku yang Anda baca sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini.
Semakin sering Anda membaca buku dan berpikir. Keputusan-keputusan yang sulit dalam bisnis akan lebih mudah untuk Anda putuskan berdasarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman Anda.

2. Warren Buffet Melakukan Olahraga Kecil Usai Ia Bekerja

Kebiasaan warren buffett usai ia bekerja yaitu olahraga kecil

Kebiasaan warren buffett usai ia bekerja yaitu olahraga kecil


Tidak hanya kemampuan otak yang perlu di asah, kemampuan otot juga perlu. Percuma saja jika dikemudian hari karena saking getol cari rezeki di usia muda, sampainya di hari tua harus berbaring di rumah sakit.
Banyak saat ini anak-anak muda yang sudah mampu mencari uang sendiri, lantas tidak berolaharga. Apa yang terjadi? Obesitas! Kegemukan. Supply makanan banyak tapi tidak diimbangi dengan olahraga.
Olahraga juga faktanya dapat mengurangi tingkat stress usai bekerja. Anda bisa olahraga ringan, seperti yoga atau senam kecil di dalam ruang kerja Anda.
Jadi memang diperlukan nutrisi otak dan nutrisi otot. Salah satunya yaitu makan sehat dan rutin berolahraga.

3. Bersyukur bukan mengeluh!

Bersyukur membuat bahagia dan hidup lebih tenang

Bersyukur membuat bahagia dan hidup lebih tenang


Apapun masalah yang Anda hadapi di kantor maupun di tempat bisnis. Syukuri saja. Memang tidak semudah seperti apa yang saya tulis. Namun ada korelasi antara rasa syukur yang dimiliki dengan terbukanya pintu rezeki.
Mereka yang hidup penuh dengan rasa mengeluh tidak akan pernah bisa memaksimalkan potensi sumber daya (key resources) yang ia miliki. Ia hanya fokus pada masalah saja. Padahal ia dikelilingi oleh berbagai fasilitas yang dapat membawa dirinya untuk lebih maju.

4. Bermain Game Sesuai dengan Passion Anda

Bermain game dapat meningkatkan kecerdasan

Bermain game dapat meningkatkan kecerdasan


Ada banyak saat ini game yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Jadi bukan game yang sekedar game ya. Tapi game yang ada manfaatnya. Salah satunya seperti gambar di atas, yaitu permainan scrabble.
Game tersebut melatih kemampuan bahasa Anda. Jadi Anda dituntut berpikir kreatif menemukan kosa kata yang bernilai tinggi. Semakin banyak poin yang didapat, terbuka peluang bagi dirinya untuk menjadi pemenang.
Ada juga game yang dibuat oleh Robert Kiyosaki, yaitu Cashflow. Nah ini juga game yang dapat meningkatkan kemampuan berbisnis Anda.
Dan masih banyak lagi game yang dapat meningkatkan kemampuan otak. Anda harus pintar-pintar memilih game. Jangan sampai waktu habis terbuang tapi tidak ada manfaat yang bisa Anda dapatkan.

5. Lakukan Hobi Anda dengan Suka Cita

Lakukan hobi yang Anda suka dengan suka cita

Lakukan hobi yang Anda suka dengan suka cita


Anda memiliki hobi bermain musik? Bernyanyi? Menulis? Usai bekerja Anda lakukan hobi Anda tadi dengan suka cita. Ini merupakan salah satu obat yang ampuh untuk menghilangkan stress.
Yup dari kelima kebiasaan Warren Buffett yang sudah saya tuliskan di atas. Mana yang sudah Anda kerjakan? Yuk berbagi pengalaman Anda di kotak komentar di bawah tulisan ini.

Suka dengan artikel di atas? Bagikan artikel ini di sosial media yang Anda miliki, seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path semoga menjadi inspirasi pagi untuk teman-teman Anda.
Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari TheGold.Asia? Daftarkan diri Anda melalui kotak berlangganan di bawah artikel ini. Masukan alamat email dan nama lengkap Anda, setiap minggunya kami akan mengirimkan artikel terbaru dari TheGold.Asia melalui email yang Anda daftarkan.