Di zaman milenial seperti ini sudah hal yang wajar jika banyak para masyarakat yang menggunakan smartphone. Melalui smartphone maka segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah.

Bahkan hal ini menjadikan para pengguna smartphone merasa kecanduan dan tidak dapat lepas dari genggaman smartphone. Namun sayangnya ketergantungan ini berimbas pada kehidupan sehari-hari.

Ada banyak perubahan yang bisa kamu lihat pada zaman dahulu dan pada zaman sekarang. Perubahan tersebut disebabkan karena kehadiran smartphone yang sudah mulai mencuri perhatian banyak masyarakat.

Aplikasi Smartphone yang Bisa Menghentikan Kamu dari Kecanduan HP

Terlalu asyik bermain HP dapat mengganggu produktivitas seseorang semakin menurun dan berkurang. Melihat hal ini, kamu harus menyadari bahwa penggunaan smartphone harus dikurangi.

Meskipun cara yang dilakukan tidaklah mudah, namun kamu harus melakukannya. Melalui 7 bantuan aplikasi berikut, kamu bisa mengurangi kecanduan penggunaan smartphone.

1. Off Time – Bebas Gangguan HP

Aplikasi off time akan sangat membantu kamu dalam penggunaan smartphone supaya lebih fokus dalam dunia nyata. Melalui off time kamu akan membebaskan diri dari notifikasi yang mengganggu.

Dengan demikian kamu tidak akan lagi sering menengok smartphone pada saat terdapat notifikasi masuk. Hal ini akan membantu kamu dalam menggunakan smartphone supaya lebih efisien lagi

Jika kamu pertama kali menggunakan aplikasi ini, maka kamu akan diminta untuk membuat profil terlebih dahulu. Terdapat 4 pilihan profil yang bisa kamu pilih dan pilihlah sesuai kebutuhan.

Apabila keempat profil yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan kamu. Silahkan edit profile yang sudah dibuat agar lebih memudahkan kamu dalam menggunakan aplikasi off time.

Penggunaan aplikasi off time tidak hanya mematikan suara notifikasi saja. Namun kamu juga bisa memblokir SMS, panggilan telepon, mematikan internet, dan pembatalan akses beberapa aplikasi.

2. Forest – Tetap Fokus

Tetap Fokus dengan Menggunakan Aplikasi Forest

Apabila aplikasi ini diaktifkan, maka akan mencatat waktu penggunaan smartphone melalui pohon virtual. Pohon virtual akan semakin besar apabila kamu jarang menggunakan smartphone.

Pohon virtual akan mati apabila kamu keluar dari halaman aplikasi ini. Kamu dapat memulai menanam pohon cukup dengan mengatur timer, yaitu dari 10 hingga 120 menit saja.

Tujuan dari penggunaan aplikasi unik ini yaitu menjadikan pohon virtual tumbuh semakin besar. Karena banyaknya iklan yang muncul, kamu bisa mematikan internet ketika menggunakan forest.

3. Smartphone Addiction Timer

Smartphone Addiction Timer Lock

Fitur utama yang ditawarkan yaitu sebagai pengunci smartphone. Pengguna aplikasi bisa melakukan pengaturan waktu smartphone terkunci.

Tampilan aplikasi ini pun cukuplah sederhana. Karena hanya terdapat timer pada halaman utamanya dan tombol start dengan setting yang ada pada bagian bawahnya.

Apabila kamu ingin mengatur lama waktu smartphone terkunci, kamu bisa menggunakan tab tombol setting. Aplikasi ini telah menawarkan power lock mode yang bisa dinikmati penggunanya.

Perlu untuk kamu perhatikan bahwa ketika kamu sudah tab tombol start, maka pengguna tidak dapat membatalkan penguncian. Sehingga kamu harus menunggu hingga waktu habis

4. Quality Time – Mengurangi Kecanduan HP

QualityTime - Untuk Digital Diet

Aplikasi quality time tidak hanya digunakan untuk mengurangi kecanduan kamu terhadap smartphone saja. Namun kamu juga bisa mengetahui data yang habis perharinya.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui aplikasi yang sering kamu gunakan, dan waktu penggunaan smartphone. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol diri untuk menggunakan smartphone.

Melalui aplikasi inilah kamu akan disajikan laporan penggunaan smartphone secara lengkap. Semuanya akan disajikan melalui visualisasi sehingga lebih mudah dipahami penggunanya.

Selain itu, aplikasi berkualitas ini juga dapat membantu pengguna untuk meminimalkan gangguan smartphone. Terutama ketika pengguna sedang berkumpul dengan keluarga atau saat bekerja.

Cara yang bisa dilakukan cukup mudah yaitu dengan cara mengatur pada bagian profil. Kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan.

5. Clear lock

Aplikasi clear lock

Clear lock memiliki fitur utama yang dapat memblokir aplikasi pada smartphone. Sedangkan aplikasi yang sudah diblokir tidak dapat digunakan sementara waktu.

Para pengguna bisa mengatur waktu pemblokiran yaitu dari 10 menit hingga 12 jam. Selain itu pengguna smartphone yang kecanduan dapat dibantu melalui melalui fitur yang ditawarkannya.

Aplikasi ini telah menawarkan versi pro cukup dengan membayar Rp 24.000. Para pengguna sudah bisa menggunakan fitur berupa schedule lock sessions.

Fitur yang ditawarkan tersebut membuat pengguna dapat menjadwalkan waktu untuk memblokir aplikasi yang diinginkan. Hal ini dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya.

Aplikasi berikutnya untuk mengurangi kecanduan HP yaitu Break Free.

6. Break Free

Aplikasi Break Free

Aplikasi ini dapat menganalisis pada tingkat kecanduan pengguna terhadap smartphone. Apabila pengguna jarang membuka smartphone maka addiction skor akan semakin rendah.

Dengan demikian, maka pengguna bisa memantau addiction setiap per bulan, per minggu maupun per hari. Hal ini akan lebih memudahkan pengguna untuk mengontrol diri dalam penggunaan smartphone.

Aplikasi ini dapat menjalankan fungsinya secara otomatis dan melalui penjadwalan. Ada banyak fitur yang bisa kamu nikmati melalui aplikasi ini.

Break Free menyediakan 3 tool yang dapat dipilih oleh pecandu smartphone. Ketiga tool yang bisa dipilih yaitu seperti break free schedule, break free now, dan notification pop ups.

Untuk break free schedule bisa digunakan untuk menjalankan fungsi secara otomatis melalui penjadwalan. Sedangkan untuk break print now digunakan ketika sedang berada di luar rumah.

Notifikasi pop up digunakan untuk memunculkan peringatan apabila kamu sudah menggunakan smartphone melampaui batas. Untuk waktu penggunaan smartphone bisa kamu atur sendiri.

7. Ubhind – Kecanduan HP? Coba Aplikasi Ini

Pelacak Kehidupan Mobile Manajer Ketergantungan untuk mereka yang kecanduan HP

Aplikasi UBhind ini mempunyai tampilan yang sangat menarik ditambah dengan fitur yang sangat lengkap. Para pengguna aplikasi ini dapat melihat tingkat penggunaan dari smartphone.

Pengguna bisa mengetahuinya setiap jam, hari, bahkan hingga setiap bulannya. Hal ini disajikan dalam bentuk grafis yang sangat mudah untuk dipahami para penggunanya.

Bagi para pecandu smartphone, aplikasi ini akan sangat membantu supaya pengguna lebih mengedepankan dunia nyata. Dengan begitu penggunaan smartphone akan lebih mudah dikontrol.

Pengguna dapat mengatur setting pada smartphone khususnya dalam segi waktu penggunaan smartphone. Settingan yang bisa kamu buat yaitu mulai dari hitungan menit sampai hitungan jam.

Sedangkan untuk pembelian aplikasi ini bisa digunakan menggunakan poin. Untuk fitur yang ditawarkan masuk dalam fitur premium.

Ada banyak pilihan fitur premium yang bisa dipilih seperti fitur back up atau restore dan lockscreen. Untuk mendapatkan poin secara gratis kamu bisa memasang aplikasi Ubhind.

Memang tidak baik jika terlalu sering menggunakan smartphone, baik itu dari segi kesehatan maupun dari segi psikologi. Sebab itulah Google Play Store menyediakan aplikasi seperti ketujuh aplikasi di atas.

Hal ini memiliki tujuan supaya pengguna smartphone yang merasa kecanduan HP  dapat mengobati dirinya sendiri melalui ketujuh aplikasi di atas. Kamu bisa mencoba salah satu diantara ketujuh aplikasi tersebut.

Pastikan kamu tidak hanya sekedar mencoba saja, namun tekad dan niat kamu untuk tidak menggunakan smartphone secara terus-menerus. Supaya dunia nyata kamu tidak terganggu karena dunia maya.