Kategori: Info Teknologi

Kegunaan Email Sementara yang Cuma Sekali Pakai

Email sementara atau temporary email, secara fungsi hampir sama dengan Gmail, YMail, Outlook, dkk. Namun bedanya masa hidupnya yang sebentar. Berikut ini manfaat menggunakan email…

Pernah denger ga yang namanya email sementara? Email sementara atau email yang cuma sekali pakai terus dalam hitungan menit atau bahkan jam emailnya akan dihapus oleh sistem secara otomatis.

Biasanya saya menggunakan email temporer untuk mendaftarkan diri di situs-situs yang kurang terpercaya. Kenapa ga gunain email yang biasanya? Ya, simpel aja karena males kalau sampai email pribadi di-spam-in.

Nah, ada banyak temporary email di luaran sana yang bisa digunakan. Secara fungsi, email sementara ini sama dengan email dari Google, Yahoo, Outlook, dan Zoho. Bedanya cuma masa hidupnya yang sebentar. Hiks.

Kegunaan dari email sementara ini atau istilah lainnya temporary email, lebih kepada agar privasi pengguna lebih terjaga. Pada tutorial kali ini saya akan berbagi cara menggunakan temporary email.

Cara Membuat Email Sementara

Ada beberapa layanan email temporer yang bisa digunakan seperti temp-mail.org, emailondeck.com, moakt.com, crazymailing.com, dan 10minemail.com.

Kamu bisa pilih salah satu dari penyedia jasa layanan temporary email di atas. Ada yang bisa custom nama alamat email, ada juga yang tidak bisa, ada yang diberi waktu destroy otomatis per 10 menit, ada juga yang bisa digunakan lebih lama.

Maksud kata lama di sini, email tersebut bisa dihancurkan atau tidak sama sekali. Sewaktu-waktu butuh bisa menggunakan alamat email temporer yang sebelumnya pernah dipakai, tapi ya buat apa juga sih. Ya ga?

Sebagai contoh saya menggunakan email sementara dari temp-mail. Tampilan situs webnya seperti gambar di bawah ini.

Saya mendapatkan email temporer yaitu jetose2572@jetsmails.com, namanya kurang keren yak? Susah dihapal juga. Kamu bisa custom dengan nama yang lebih keren atau yang mudah dihapal.

Caranya klik tulisan “Ubah” untuk mengganti alamat temporary email di atas dengan nama lain, yang kamu inginkan. Setiap kali daftar di sebuah situs, bisa klik tombol Refresh.

Nanti akan ada pesan masuk, biasanya konfirmasi pendaftaran untuk mengaktifkan akun, atau semacamnya. Dengan menggunakan email sementara ini kamu akan terhindar dari kegiatan SPAM, iklan yang membabi buta, hacking, dst.

Kekurangan Email Sementara

Beberapa situs website atau sosial media tidak mengizinkan penggunanya untuk menggunakan email temporer pada saat proses pendaftaran akun, jika kamu menggunakan temporary email ini.

Pada saat proses klik submit data, sistem akan menolak langsung. Bagaimana sistem bisa tahu kalau saya daftar menggunakan temporary email? Tentu, hal itu bisa diketahui dengan mudah dari domain yang didaftarkan.

Berikut ini ada ratusan domain yang menyediakan email sementara, saat domain ini diblok. Kamu tidak akan bisa melanjutkan proses pendaftaran. Listnya saya dapatkan dari GitHub.

  1. gitaarik/temporary-email-address-domains
  2. martenson/disposable-email-domains
  3. adamloving/temporary-email-address-domains
  4. michenriksen/disposable-email-provider-domains
  5. wesbos/burner-email-providers
  6. lcherone/disposable-email-provider-domains
  7. ivolo/disposable-email-domains

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, bagikan tulisan di atas melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Berbagi
Dipublikasikan oleh
Robi Erwin Setiawan