Repotnya Apabila Kehilangan Backup Code untuk  2-Step Verification (2FA) Email

Saya pernah punya pengalaman buruk pada saat mengaktifkan 2-step verification (2FA) salah satu akun gmail saya. Kebetulan ada beberapa materi email yang ingin saya hapus dan email itu ingin saya nonaktifkan untuk selamanya.

Masalah muncul pada saat tiba-tiba tablet saya hang, error, dan lebih naas lagi semua data terformat. Penyebabnya apa saya sendiri tidak mengetahui secara pasti. Tapi yang jelas aplikasi Google Authenticator ikut lenyap juga.

Login di gmail selalu gagal. Bagi pembaca situstarget.com yang belum tahu apa fungsi dari 2FA itu jadi gini. Misalnya Anda login dengan password ke akun email, entah itu dari Yahoo Mail, Google Mail, Outlook, dan lain-lain.

Email tanpa 2FA yang diaktifkan akan segera langsung menampilkan halaman kotak masuk email. Sedangkan bagi mereka yang mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti 2FA akan masuk ke “pintu ke-2”. Anda perlu memasukan kode angka hasil generate dari aplikasi semisal Authy atau Google Authenticator. Jadi ada dua kali verifikasi. Pertama, password. Kedua, dari 2-step verification.

Pada saat pendaftaran untuk mengaktifkan 2FA dari pihak Google akan memberikan sebuah backup code. Sederhana saja, kejadian misalnya aplikasi Google Authenticator rusak atau error. Ibaratnya backup code tadi bisa dipergunakan untuk membuka email yang di aktifkan 2FA-nya. Kehilangan backup code 2FA itu sangat merepotkan sekali. Saya punya pengalaman seperti ini…

Email yang ingin saya akses telah saya buat sekitar tahun 2007, sedangkan baru bisa saya akses lagi di tahun 2016. Sedangkan masalah tablet error tadi ada di tahun 2013, jadi cukup kesulitan untuk saya mengakses kembali akun email yang di aktifkan 2-step verification-nya. Masalahnya lagi nomor HP yang didaftarkan juga tidak tahu nomor yang mana.

Kalau masalahnya seperti ini sebenarnya bisa saja reset password. Tapi Anda akan ditanya berbagai macam pertanyaan oleh Google. Jawabannya juga tidak sedikit, seperti kapan Anda terakhir akses akun email tersebut, kapan Anda membuat akun gmail tersebut, sebutkan kapan terakhir Anda mengakses layanan google yang lainnya, sebutkan label yang terdapat di kotak masuk email, dan masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin Anda sendiri sebagai pemilik email hampir tidak bisa menjawabnya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengaktifkan keamanan tambahan seperti 2FA ini. Saran saya, backup code email yang diberikan oleh Google di tempat yang aman. Contoh di flashdisk, harddisk portabel, komputer di drive D, dan seterusnya.

Setelah menyimpan kode backup yang berisi angka di tempat yang aman. Satu lagi, jangan suka berganti nomor HP, apalagi nomor HP yang dipakai untuk verifikasi alamat email.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak Google tadi, sudah saya coba jawab sebanyak tiga hingga lima kali lebih. Namun selalu ditolak karena tidak sesuai dengan jawabannya. Cukup frustasi ya kehilangan backup code dan telah ganti nomor HP? Akhirnya saya memutuskan mencari backup code 2FA di harddisk portabel. Dan alhamdulillah-nya ketemu! 🙂

Kata kunci yang dipakai yaitu *.txt karena saya menyimpan menggunakan notepad. Memang aman mengaktifkan 2FA untuk alamat email. Jadi meskipun ada seseorang yang berhasil mendapatkan password email Anda. Ia tidak bisa mengakses email Anda begitu saja karena ada verifikasi tambahan dari 2FA melalui smartphone.

Di video di atas saya memberikan gambaran tentang 2FA itu seperti apa, agar lebih mudah Anda pahami. Beserta tutorial cara mengaktifkan 2FA untuk akun Gmail. Jika Anda tertarik ingin mengaktifkan juga, sekali lagi saya mengingatkan Anda untuk tidak bergonta-ganti nomor HP yang dipakai untuk verifikasi alamat email dan simpan backup code dari 2FA Google di tempat yang aman.

Karena kalau dua syarat di atas tidak terpenuhi, otomatis Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang segunung tadi. Kalau salah menjawabnya jangan berharap pihak Google akan memberikan Anda akses ke alamat email yang ingin di reset password-nya tadi.

Semoga sharing pengalaman ini bisa bermanfaat. Apakah Anda punya pengalaman kehilangan backup code dari 2FA juga? Share pengalaman Anda di kotak komentar di bawah tulisan ini.

Tidak ingin ketinggalan artikel-artikel terbaru dari Situstarget.com? Masukan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak subscribe di bawah tulisan ini. Dan setiap minggunya tim kami akan mengirimkan artikel terbaru dari Situstarget.com melalui alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya. Lakukan proses aktivasi pendaftaran usai melakukan proses registerasi.

Bantu share tulisan di atas jika bermanfaat ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang berada di sana. Yuk sebarkan informasi kebaikan walaupun hanya ke salah satu situs jejaring sosial.