Di dalam budaya Indonesia barat, terutama di kepulauan sumatera. Investasi emas sudah turun temurun dilakukan oleh para pendahulu mereka, seperti dalam proses upacara pernikahan, kelahiran seorang anak atau cucu, dan acara adat lainnya. Salah satu yang dipergunakan dalam prosesi adat atau budaya tersebut adalah emas perhiasan.

Sesuai dengan judul yang akan kita bahas kali ini, kita akan membahas tentang kelebihan berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Kira-kira apa ya kelebihannya? Dan adakah kekurangan dari berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan ini? Mari kita bahas sama-sama mengenai kedua hal itu. Siap?

Pertama kita akan membahas tentang lima kelebihan berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan:

1. Perhiasan Emas Bisa Sebagai Simbol Kebudayaan Suatu Daerah

Perhiasan Emas Bisa Sebagai Simbol Suatu Daerah via kaskus.co.id

Perhiasa Bisa Sebagai Simbol Suatu Daerah via kaskus.co.id

Kelebihan pertama dari investasi dalam bentuk perhiasan emas adalah sebagai simbol dari suatu daerah tertentu berdasarkan ukiran/bentuk dari perhiasan, atau bisa juga sebagai simbol dari kalangan tertentu pada lapisan bangsawan atau orang yang mampu.

Perhiasan emas juga bisa menjadi pembeda kelas sosial di lapisan masyarakat tertentu. Sehingga apabila semakin banyak orang mengenakan emas perhiasan maka dianggap sebagai orang berada atau orang yang kaya. Pasti Anda sendiri sudah pernah dengar hal ini sebelumnya kan?

2. Perhiasan Emas Sebagai Warisan Budaya atau Keluarga

Perhiasan Sebagai Warisan Budaya atau Keluarga via cincinemasputih.com

Perhiasan Sebagai Warisan Budaya atau Keluarga via cincinemasputih.com

Perhiasan emas dibandingkan dengan emas batangan atau emas koin lebih memiliki makna yang mendalam bagi seseorang. Alasannya sederhana, emas dalam bentuk perhiasan, antara satu dengan yang lain bentuknya dapat berbeda. Ya, karena memang tergantung dari selera pemilikinya.

Jika koin emas atau emas batangan pada umumnya memiliki bentuk yang sama, tidak demikian dengan emas perhiasan. Karena keunikan bentuk, nilai artistik, atau karena nilai historisnya bisa menjadi barang yang lebih berharga. Sehingga tidak sedikit emas dalam bentuk perhiasan dijadikan warisan budaya atau warisan keluarga.

3. Emas dalam Bentuk Perhiasan Dapat Dijadikan Fashion, Yaiyalah!

Perhiasan Dapat Dijadikan Fashion, Yaiyalah! via Tokopedia.com

Perhiasan Dapat Dijadikan Fashion, Yaiyalah! via Tokopedia.com

Pernahkan Anda ketika sedang jalan-jalan di tempat umum baik itu bandara, bank, atau di mall. Ada seorang wanita yang menggunakan anting atau kalungnya dengan emas batangan satu kilogram? Saya yakin Anda dan saya belum pernah sama-sama melihatnya kan? Ahaha. 😀

Karena memang emas batangan bukan diperuntukan untuk perhiasan tubuh! Yaiyalah saya juga sudah tau. Sebenarnya ini karena saya sudah kehabisan materi nulis, jadi biar tulisannya keliatan banyak. Saya masuk-masukin aja. Gapapa kan? Gapapalah. Orang tulisan-tulisan saya. Hehe 😛

Lagi pula, mungkin klo ada yang mengenakan emas dalam bentuk koin atau batangan dan dipakai sebagai perhiasan dengan berat yang mencapai satu kilogram, saya yakin tangan, kuping, atau leher dia berotot melebihi binaragawan Ade Rai. Kebanyangkan klo ibu-ibu kaya gitu? #Serem. Oke Skip-skip poin ini. Anda pasti sudah lebih tau daripada saya.

4. Emas Perhiasan Memiliki Pilihan Harga yang Lebih Bervariasi

Perhiasan Memiliki Pilihan Harga yang Lebih Bervariasi via beritafoto.net

Perhiasan Memiliki Pilihan Harga yang Lebih Bervariasi via beritafoto.net

Hal keempat ini sepertinya para ibu-ibu sudah mengetahuinya. Hehe. Betul sekali, emas perhiasan memang memiliki banyak pilihan harga, dan lebih bervariasi dibandingkan emas koin atau emas batangan. Mengapa? Ya, balik lagi ke poin ke dua, emas perhiasan memiliki nilai artistik.

Selain itu juga emas perhiasan memiliki kadar emas yang berbeda-beda. Misalnya ada yang 14 karat, 18 karat, dan seterusnya. Selain itu pula ada beberapa campuran logam lain pada proses pembuatan emas perhiasan. Agar nilai artistiknya menjadi lebih terlihat menarik maka ditambah pula berlian atau batu-batuan permata lainnya.

5. Cerita Sang Pilot Bersama Cincin Emasnya

Cerita Sang Pilot Bersama Cincin Emasnya via Kaskus.com

Cerita Sang Pilot Bersama Cincin Emasnya via Kaskus.com

Entah cerita ini fiktif atau memang benar nyata adanya. Diambil dari kisah seorang pilot pesawat Amerika yang dibekali oleh pusat komando militer. Sebuah cincin emas dibagikan untuk para pilot pesawat tempur. Cincin emas tersebut berfungsi apabila pesawat jatuh ditembak musuh di medan peperangan.

Dan apabila pilot berhasil selamat karena berhasil keluar dari pesawat yang jatuh dengan menggunakan kursi pelontarnya. Maka pilot tadi, di negara musuh dapat bertahan hidup dengan menggunakan cincin emas tersebut. Pertanyaannya apakah cincin tersebut memiliki kekuatan mistis???

Bukan bukan, cincin emas itu dijual sama pilot tadi, lalu uang dari penjualan cincin emas tersebut, bisa ia belikan untuk bahan makanan dan menghubungi markas komando agar ia dijemput oleh tim pasukan pembantu. Oleh karena itu, ia masih bisa bertahan hidup di negara musuh. Jadi memang bukan karena cincin emasnya yang sakti. Hehe. 😀

Singkat cerita, jika cerita ini benar adanya. Ternyata ada sisi lain kelebihan dari berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan ya? Selanjutnya, soal kekurangan dari berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan akan saya bahas pada artikel berikutnya. Jika bermanfaat, mohon bantu sebarkan informasi ini di sosmed Anda ya. 😉