Pas kuliah dulu saya termasuk orang yang ga pernah kepikiran untuk mencoba nabung emas. Dulu pikiran saya, nabung emas itu cuma buat kaum hawa/wanita saja. Karena memang dari kecilpun, saya sendiri tidak pernah di ajarkan untuk menabung dalam bentuk emas.
Namanya nabung dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan kuliah. Ya dalam bentuk mata uang rupiah saja. Bukan emas, bukan dinar, bukan perak. Apakah Anda termasuk orang yang sama seperti saya? Klo sama. Senasib kita berarti. Hehe. Mari kita ubah nasib itu!
Sekarang ini mahasiswa nabung emas di pegadaian modal Rp. 6.000,- rupiah sudah bisa. Jadi akses untuk menabung emas sudah semakin mudah saat ini. Bahkan syarat pembukaan tabungan emas-pun ga njeliment, ga ribet, ga nyusahin. Anda bisa pakai KTM atau KTP saja.
Setorannya juga ga besar, baik di awal maupun setoran tabungan berikutnya. Di pegadaian, Anda bisa setor tabungan emas 0.01 dari harga emas terkini. Ya, seharga semangkuk mie ayam-lah. Sekarang tinggal Anda berusaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk menabung emas.
Buat dapetin penghasilan tambahan itu caranya banyak. Ini saya ulas buat Anda tips mendapatkan penghasilan tambahan buat Mahasiswa:

1. Part-time Di Restoran Ternama di Kota Anda

Banyak mahasiswa luar negeri part-time di Restoran loh!

Banyak mahasiswa luar negeri part-time di Restoran loh! Photo Credit: sandklef via Compfight cc


Beberapa teman saya yang kuliah di luar negeri. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak di antara mereka yang memilih untuk bekerja part-time di restoran ternama di kota-kota tempat mereka kuliah.
Ada yang bagian nyuci piring, nyapu dan bersih-bersih lantai, ngantar makanan, dan masih banyak lagi. Selama itu halal, ga usah mikirin gensi. Saya kan mahasiswa dari jas kuning, jas hijau, atau jas item. Udah embel-embel itu ga perlu dibesar-besarin. Jas duit (Just Do It!) aja.

2. Ikut Perlombaan Wirausaha

Dari lomba bisa juga ngasilin duit buat nabung emas

Dari lomba bisa juga ngasilin duit buat nabung emas Photo Credit: The DEMO Conference via Compfight cc


Saat ini lagi ngtrend yang namanya mahasiswa punya cita-cita menjadi pengusaha. Bukan sok-sokan atau pengen bergaya. Tetapi mereka memang terpanggil dan tergerak hatinya untuk menjadi bagian perubahan Indonesia. Mereka mahasiswa-mahasiswi yang pengen andil jadi agent of change.
Sebelum jadi pengusaha beneran. Kan saat ini masih statusnya mahasiswa kan? Artinya belum bener-bener full jadi pengusaha. Ada baiknya ide-ide cemerlang yang Anda miliki untuk di bukukan dalam business canvas model atau business plan. Hasil dari menang lomba. Uangnya bisa Anda jadikan modal usaha atau untuk nabung emas juga!

3. Jadi Temporary Worker di Industri Pameran Tanah Air

Industri Pameran termasuk yang menyerap banyak tenaga kerja musiman/temporer

Industri Pameran termasuk yang menyerap banyak tenaga kerja musiman/temporer


Anda juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan dengan bekerja sebagai temporary worker pada pameran-pameran yang diselenggarakan di dekat kota tempat Anda kuliah. Karena biasanya memang industri pameran yang identik dengan multiplier effect.
Menyerap banyak tenaga kerja musiman karena banyak sekali orang yang terlibat di dalam suatu penyelenggaraan pameran. Biasanya perusahaan PEO (Professional Event Organizer) membutuhkan pekerja musiman untuk handle divisi tertentu, seperti: registerasi, kebersihan, front officesales person, dan macam-macam. Ambil kesempatan ini, lalu uangnya bisa Anda pergunakan buat nabung emas.

4. Menjadi Reseller Tiket Konser, Seminar, Training

Jual tiket acara-acara di kampus juga bisa ngasilin duit!

Jual tiket acara-acara di kampus juga bisa ngasilin duit! Photo Credit: StrictlyCircus via Compfight cc


Beberapa acara di kampus yang butuh banyak peserta, seperti acara nonton teater atau pentas seni, training, seminar, workshop. Biasanya ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Nah tidak sedikit panitia penyelenggara yang membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin menjadi reseller dari tiket acara yang mereka buat. Nanti dari tiket yang terjual bisa dibagi komisi penjualannya. Dari sini kamu juga bisa toh dapet uang untuk nabung emas? Sip ya.

5. Jadi Guru Private

Guru Private atau Les juga bisa ngasilin pundi-pundi rupiah buat nabung emas.

Guru Private atau Les juga bisa ngasilin pundi-pundi rupiah buat nabung emas. Photo Credit: Ikhlasul Amal via Compfight cc


Jika Anda termasuk orang yang suka mengajar dan memiliki kecepatan dalam memahami mata kuliah di kampus. Jadikan bakat itu untuk bantu orang lain aja sob. Sayang punya kepinteran tapi ga dimanfaatin buat mecerdaskan orang lain kan? Nah salah satu cara manfaatin itu adalah dengan cara menjadi guru private les buat temen-temen mahasiswa atau anak-anak SD-SMP-SMA. Tergantung dari penguasaan materi yang Anda miliki. Uang hasil jerih payah mengajar bisa kita pergunakan untuk menabung emas juga kan?
Nah di atas adalah beberapa cara yang bisa mahasiswa jaman sekarang lakuin buat nabung emas. Dari tabungan emas bisa buat haji Anda. Karena daftar haji di Indonesia untuk waiting list itu bisa 7 tahunan loh! Atau bisa juga nabung emas untuk biaya pernikahan, bisa juga buat beli rumah. Banyak deh manfaat yang bisa di ambil dari tabungan emas, yang jelas menabung emas itu untuk investasi jangka panjang ya idealnya.