Satu minggu yang lalu saya mendapatkan paket yang berasal dari Newyork, Amerika. Saya sendiri merasa bingung bagaimana saya bisa mendapatkan paket yang berasal dari Luar Negeri tersebut padahal saya tidak membeli barang apapun. Alhasil saya baru mengetahuinya setelah saya melihat kop suratnya (Kiriman dari Payoneer sudah datang!).

Di sebelah kanan dari kop surat tersebut bertuliskan Payoneer. Sebenarnya saya sudah lama mengajukan permintaan untuk Payoneer. Namun pada prosesnya ternyata memakan waktu lebih dari dua bulan. Alasan saya mengajukan permintaan untuk kartu debit Payoneer sederhana hanya sekedar untuk verifikasi paypal, kartu ini gratis loh (Sebenarnya klo mau pengirimannya cepat bisa saja kita perlu membayar beberapa dollar saja untuk biaya pengiriman).

Wah tak sabar menunggu alhasil saya mencoba untuk mengaktifkan kartu debit dari Payoneer tersebut. Awalnya saya kebingungan bagaimana caranya untuk first load saldo dari Payoneer. Setelah kartu aktif, langsung saya mencoba untuk verifikasi paypal yang sudah saya buat.

Kiriman dari Payoneer telah tiba!

Kiriman dari Payoneer telah tiba!

Awalnya saya mencoba untuk verifikasi namun saya mendapatkan pesan seperti ini: “We were unable to process your credit card registration at this time. We apologize for the inconvenience. Please try again at a later date.” Ketika pesan itu muncul, pertama kali yang saya pikirkan adalah oh mungkin paypal sedang perbaikan dan saya harus mencoba memverifikasinya di lain hari (Tetap berpikir positif dan optimis).

Sekarang setelah seminggu kemudian, saya mencoba kembali. Berharap-harap dengan cemas dan ketika dicoba kesekian kalinya saya tetap mendapatkan pesan yang sama. Selama dua minggu saya terus mencoba alhasil saya merasa bahwa ada yang salah terjadi di sini. Alhasil saya mencoba menghubungi pihak paypal terkait masalah yang saya hadapi.

Dan betapa mengejutkan sekali tatkala saya menanyakan perihal verifikasi paypal menggunakan kartu debit Payoneer, VCN dari bank BNI, dan VCC. Berikut adalah jawaban dari pihak terkait apa yang saya pertanyakan:

Logo paypalHello Robi Erwin Setiawan ,

Thank you for contacting PayPal Customer Support. My name is Cintya and I am happy to assist you. Please be informed that we do not accept VCC (virtual credit card or bank) for example from Neteller , Payoneer or VCN by BNI. AWAS! Penggunaan VCC/VCN dapat menyebabkan rekening PayPal anda dibatasi (LIMIT). For your kind information using VCC and VCN is prohibited in PayPal. If you are using this method before, kindly remove the VCN or VCC on your PayPal account to avoid any difficulities in the future and do not be worry about the verification status in PayPal. Verification is just once in the whole life of your PayPal account. Your PayPal account will still verified even you remove your bank information in your PayPal account. It is my pleasure to assist you. Thank you for choosing PayPal. Your satisfaction is important to us. We welcome your feedback and hope you recommend us to your friends and family.

Sincerely, Cintya PayPal, an eBay Company

Copyright© 2014 PayPal Inc. All rights reserved.

Consumer advisory: PayPal Pte Ltd, the Holder of the PayPal™ payment service stored value facility, does not require the approval of the Monetary Authority of Singapore. Consumers (users) are advised to read the terms and conditions carefully.

Lihat tulisan yang dihitamkan di atas sana, wah ternyata paypal sudah melarang penggunaan Virtual Credit Card, Kartu debit Payoneer, dan VCN dari bank BNI. Alhasil setelah saya memiliki kartu debit ini, sekarang saya menjadi bingung mau dipergunakan untuk apa? Ada yang punya ide kartu ini diapakan? Hehe 😀

Pada tulisan berikutnya saya akan membahas tentang VCN dari Bank BNI. Bagaimana cara membuatnya dan bagaimana cara menggunakannya bahkan bisa membeli hosting di Web Hosting Provider besar seperti Godaddy. Simak terus tulisan saya. 🙂