Panduan Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Karena perkembangan zaman yang semakin pesat dan maju tentunya memberikan dampak pada kehidupan manusia itu sendiri.
Dampak yang ditimbulkan seperti misalnya bertambahnya biaya hidup, meningkatnya berbagai macam tuntutan, dan lain-lain.
Oleh karena itu saat ini sebenarnya sudah tersedia berbagai macam lapangan pekerjaan mulai dari wirausaha, perusahaan jasa, pabrik industri, hingga perusahaan yang membutuhkan tingkat kecermatan dan keamanan yang tinggi.
Maka anda perlu untuk mengetahui langkah klaim BPJS ketenagakerjaan yang benar.
Sehingga mulai dari tahun 2015 di Indonesia sendiri sebuah program jaminan yang khusus diberikan oleh setiap pekerja di Indonesia mulai aktif dijalankan.
Program tersebut dinamakan dengan BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
Program ini pada dasarnya memiliki satu tujuan utama yakni untuk memberikan jaminan atau keamanan dari segi ekonomi bagi setiap tenaga kerja di Indonesia.
Sehingga di dalam pelaksanaannya pun klaim BPJS ketenagakerjaan mencakup berbagai macam resiko dan jaminan yang menyangkut dengan kegiatan bekerja.
Sebelum adanya program ini, sebenarnya sejak dahulu setiap tenaga kerja secara otoamatis mendapatkan program jaminan yang dinamakan dengan Jamsostek.
Dimana program tersebut dahulu dikelola oleh PT. Jamsostek yang bekerja sama dengan pemerintahan Indonesia.
Namun tidak dapat dipungkiri jika dahulu pelayanan Jamsostek tidak selengkap saat ini.
Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa jenis jaminan yang terdapat dapat BPJS ketenagakerjaan dan cara mudah klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Jenis – Jenis Jaminan BPJS Ketenagakerjaan

Selama proses bekerja tentunya berbagai macam orang akan mengalami berbagai kendala baik yang sudah diprediksi maupun yang tidak dapat diprediksi.
Oleh karena itu BPJS ketenagakerjaan menjamin berbagai macam hal yang berkaitan dengan proses bekerja.
Serta memberlakukan proses klaim BPJS Ketenagakerjaan yang mudah. Berikut beberapa jenis jaminan BPJS ketenagakerjaan yang perlu anda ketahui :

1. Jenis jaminan pertama yaitu Program jaminan hari tua

Pada dasarnya program ini diperuntukkan untuk memberikan kesempatan bagi setiap pekerja menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung.
Biasanya seorang pekerja dalam melakukan klaim BPJS ketenagakerjaan yang terkait dengan program ini setelah memasuki usia pensiun yakni sekitar 56 tahun.
Namun klaim terhadap jaminan ini juga bisa dilakukan ketika pekerja meninggal dunia atau mengalami kejadian yang membuat kecatatan total secara permanen pada bagian tubuhnya.
Iuran yang diberlakukan juga sangat ringan yakni 2% dari total gaji karyawan dan 3.7% sisanya dibayarkan oleh perusahaan.
Namun terdapat sebuah kebijakan dimana tenaga kerja bisa melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan pada program ini sebelum berusia 56 tahun.
Klaim tersebut hanya dapat dilakukan satu kali saja dengan beberapa pilihan.
Pilihan pertama adalah klaim sebanyak 10% dari seluruh dana jaminan untuk persiapan pensiun.
Sedangkan klaim yang kedua sebanyak 30% dari total saldo jaminan untuk keperluan cicilan KPR.
Selain itu dana jaminan hari tua juga bisa dicairkan ketika pekerja meninggal dunia.
Proses klaim BPJS Ketenagakerjaan pada kasus ini sangat mudah dan cepat. Dimana proses pencairan dananya dapat dilakukan oleh kerabat pekerja.
Seperti istri, anak, orang tua, mertua, cucu, saudara kandung, dan pihak yang ditunjuk dalam surat wasiat pekerja.

2. Jenis jaminan kedua yaitu JKK atau Jaminan Kecelakaan Kerja

Pada umumnya program ini memberikan sebuah jaminan untuk setiap pekerja apabila mengalami kecelakaan selama bekerja atau terkena penyakit yang disebabkan karena lingkungan kerja.
Klaim BPJS Ketenagakerjaan pada program ini juga mencakup beberapa hal seperti cacat fisik, layanan kesehatan, status tidak dapat kerja sementara, dan lain-lain.
Iuran yang dibayarkan juga cukup ringan yakni mulai dari 0.24% hingga 1.74% sesuai dengan besarnya resiko di lingkungan kerja.

3. Jenis jaminan ketiga yaitu JKM atau Jaminan Kematian.

Jaminan ini pada dasarnya akan memberikan sejumlah bantuan dana dimana proses klaim BPJS Ketenagakerjaan jaminan ini juga sangat mudah.
Pihak BPJS akan memberikan santunan sekaligus sebanyak 16 juta rupiah, santunan berkala sebanyak 4.8 juta rupiah, dan bantuan biaya pemakanan sebesar 3 juta rupiah.
Bagi pekerja yang meninggal dunia yang sudah menjalani masa iuran minimal 5 tahun maka akak mendapatkan dana beasiswa pendidikan anak sebesar 12 juta rupiah.

4. Jenis jaminan selanjutnya yaitu Jaminan Pensiun

Klaim BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki tujuan untuk secara berkala setiap bulannya memberikan penghasilan kepada pekerja yang sudah pensiun.
Selain itu dana akan tetap diberikan kepada keluarga dan anak ketika pekerja telah meninggal dunia.

Prosedur Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Berikut beberapa tahapan mudah yang harus anda selesaikan untuk bisa melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online :

  1. Lakukan pembuatan Akun BPJS Ketenagakerjaan dengan mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan dan lengkapi data-data diri yang harus anda isi. Selanjutnya jangan lupa untuk klik tombol submit data.
  2. Lalu anda akan mendapatkan kode aktivasi yang dipergunakan untuk proses verifikasi pada laman selanjutnya.
  3. Setelah terverifikasi, maka anda hanya perlu memilih layanan e-klaim JHT.
  4. Kemudian anda perlu mengisi nomor KJP dan alasan mengapa klaim diajukan.
  5. Selanjutnya anda harus mengisi formuli pengajuan klaim dengan berbagai macam data diri dan juga PIN yang sudah dikirimkan melalui SMS. Selain itu pada proses ini anda juga harus melengkapi sejumlah dokumen dalam bentuk file digital yang harus diupload.
  6. Setelah selesai maka jangan lupa untuk klik tombol “simpan”. Lalu anda akan mendapatkan email konfirmasi klaim.

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu konfirmasi klaim, jika berhasil maka anda akan diminta untuk datang ke kantor BPJS terdekat.