“Kok Komputer Lambat Banget Si Ada Apa Ya?”

Komputer lambat sebenarnya banyak sekali penyebabnya, kali ini kita akan membahas beberapa kebiasaan buruk yang mungkin pernah Anda lakukan sehingga membuat komputer menjadi lambat.

Sebelum menggunakan suatu sistem operasi tertentu, saya sangat menyarankan untuk Anda mengetahui terlebih dahulu minimum hardware yang diperlukan untuk mengoperasikan OS tersebut.

Baca juga: Linux Ubuntu Gratisan vs Windows Asli Tapi Palsu

Saat ini komputer atau laptop dengan kapasitas RAM dan prosesor yang tinggi sudah mudah di pasaran. Tinggal kita sesuaikan saja dengan uang yang ada di kantong dengan kebutuhan yang kita harapkan.

Tapi lagi-lagi terkadang masalah bukan pada komponen hardware yang tidak memadai, tetapi lebih kepada kebiasaan buruk kita dalam melakukan “otak-atik” aplikasi. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Tidak Menghapus Recyle Bin dan Temporary Files Membuat Komputer Lambat

Terlalu banyak file sampah sehingga menjadikan komputer lambat

Terlalu banyak file sampah sehingga menjadikan komputer lambat

Terkadang memang suka malas menghapus file sampah yang ada di komputer sehingga menjadikan komputer lambat. Jika Anda malas, coba gunakan aplikasi seperti CCleaner untuk menghapus file-file sampah yang ada di komputer Anda.

Aplikasi CCleaner hingga saat ini menjadi salah satu aplikasi favorit saya, aplikasi tersebut biasanya yang membersihkan komputer atau laptop di kantor maupun di rumah untuk OS Windows. Kebetulan saya menggunakan beberapa sistem operasi, yaitu Windows dan Linux.

Anda dapat mengunduh aplikasi CCleaner melalui halaman berikut ini.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Aplikasi yang Berjalan Otomatis di StartUp Windows

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada proses startup windows

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada proses startup windows

Kebiasan buruk lainnya yang membuat komputer menjadi lambat, yaitu karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada proses startup. Biasanya mereka yang suka install aplikasi-aplikasi tertentu karena saking malesnya membaca konfigurasi pada saat proses instalasi, sehingga main next-next saja.

Ternyata pada saat proses konfigurasi di tahap instalasi tadi, ada pertanyaan yang kurang lebih seperti ini: “Apakah Anda menginginkan aplikasi ini langsung berjalan ketika setiap kali komputer dihidupkan?”, lalu karena Anda main next-next saja atau main yes-yes saja.

Baca juga: Beberapa Website untuk Analisa Malware

Beberapa aplikasi yang seharusnya tidak perlu langsung berjalan otomatis setiap kali komputer dihidupkan, kini ia berjalan berbarengan semua. Alhasil membuat komputer menjadi lambat. Saya menyarankan agar aplikasi yang berjalan otomatis hanya aplikasi-aplikasi penting saja. Misalnya anti-virus, sinkronisasi Google Drive, atau aplikasi yang Anda anggap itu benar-benar penting sekali untuk dijalankan.

Bagi Anda yang sudah menginstall aplikasi CCleaner, Anda coba klik tab Tools, lalu pilih Startup. Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan untuk berjalan otomatis setiap kali komputer dinyalakan. Dengan demikian komputer Anda akan terbebas dari kata lola atau lambat.

3. Ternak Virus Komputer? Ngapain…

Virus komputer menjadikan komputer lambat

Virus komputer menjadikan komputer lambat

Ada beberapa teman saya yang bertipe orang pasrah, entah karena tidak tahu apa karena malas. Virus di komputernya ketika saya scan dengan anti virus ada ratusan bahkan ribuan.

Haduh…

Kalau ternak ayam atau kambing mending dapet daging atau susunya kan? Lah ini ternak virus komputer, yang ada komputer bukannya makin cepat malah jadi lambat. Virus komputer jenis atau variannya itu banyak sekali.

Baca juga: Cara Mudah Instalasi Antivirus di Ubuntu 14.04.2 LTS

Ada yang bertugas memata-matai aktivitas korbannya, melakukan backdooring, ada yang merekam setiap ketikan keyboard, ada yang aktif hanya pada saat si korban mengakses web atau situs internet banking saja.

Buanyak sekali… Dan ada lagi yang variannya itu suka menggandakan diri. Jadi harddisk atau flashdisk dibuat menjadi banyak file shortcut (file sampah) atau program si virus itu sendiri. Kalau sudah kayak gini otomatis komputer menjadi sangat lambat.

Berantas dengan beberapa antivirus berikut ini, saya sangat rekomendasikan:

  1. AVG Antivirus
  2. Malwarebytes
  3. Kaspersky
  4. Mcafee Antivirus
  5. Avast Antivirus
  6. Symantec Antivirus
  7. Comodo Antivirus
  8. Panda Security
  9. Avira
  10. Bitdefender Antivirus

4. Terlalu Banyak Menggunakan Program Antivirus!

Antivirus tidak perlu banyak dipasang pada Komputer atau Laptop

Antivirus tidak perlu banyak dipasang pada Komputer atau Laptop

Kalau yang tadi salah satu sahabat saya, yang mungkin kurang peduli atau peka dengan yang namanya virus komputer. Nah kalau yang ini beda lagi, dia sangat mengerti soal dampak negatif jika terinfeksi program jahat di komputernya.

Karena tidak percaya dengan satu antivirus, ia mencoba mengamankan komputernya dengan menggunakan lima antivirus! Wuih… Mungkin virus kalau main ke komputer atau laptopnya harus sungkem dulu!

Baca juga: Jangan Mikir Soal Keamanan Komputer Jika Masih Pakai Antivirus Bajakan

Kalau sampai lima, saya tidak menyarankan. Komputer lambat bisa jadi karena program antivirus yang ternyata “berjalan di belakang layar”. Gunakan saja satu hingga dua antivirus, yang satu antivirus dari luar negeri, dan yang satunya lagi dari dalam negeri.

Saya sangat menyarankan jika komputer atau laptop Anda apabila dipergunakan untuk kegiatan kantor, untuk menggunakan antivirus yang berbayar sekalian. Karena tentunya antivirus yang berbayar dibekali beberapa fitur yang tidak diberikan pada fitur gratisan.

InsyaAllah dari kesepuluh antivirus yang saya sarankan di poin ketiga merupakan antivirus terbaik saat ini. Saya akan mengulas juga pada artikel berikutnya beberapa antivirus berbayar yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan data-data di komputer atau laptop Anda.

5. Anda Mungkin Jarang Melakukan Defragmentation Harddisk

Komputer lambat mungkin karena Anda jarang melakukan deframentasi harddisk

Komputer lambat mungkin karena Anda jarang melakukan deframentasi harddisk

Komputer lambat bisa juga dioptimalkan dengan melakukan defregmentasi harddisk. Sebelum melakukan proses defragmentasi, pastikan dahulu komputer Anda sedang tidak membuka banyak aplikasi.

Tutup dahulu aplikasi-aplikasi, baru lakukan proses defragmentasi. Proses ini membutuhkan banyak sumber daya, kalau banyak aplikasi berjalan. Kemungkinan komputer atau laptop akan hang.

Cara melakukan defragmentasi bisa melalui program bawaan windows atau menggunakan aplikasi yang bernama Defraggler. Aplikasi itu gratis, Anda bisa langsung melakukan defragmentasi setelah proses instalasi program usai. Anda bisa melakukan defragmentasi secara rutin dengan cara menjadwalkannya.

Pengembang aplikasi ini masih sama dengan CCleaner, untuk mengunduh aplikasi Defraggler Anda dapat membuka halaman berikut ini.

Semoga kelima hal di atas dapat Anda hindari, ternyata komputer lambat bukan semata karena hardware. Tetapi bisa juga karena kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar artikel di atas. Kirimkan pertanyaan Anda melalui kotak komentar yang ada di bawah tulisan ini.

Apakah tulisan di atas bermanfaat untuk Anda? Bagikan juga tulisan ini melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang lain, agar  mereka menghindari kebiasaan buruk yang menjadikan komputer lambat seperti yang saya sebutkan di atas.

Ingin mendapatkan tulisan dari The Target Community setiap minggunya? Daftarkan nama lengkap dan alamat email Anda pada kotak form subscribe yang berada di bawah tulisan artikel ini. Lalu lakukan konfirmasi dengan mengklik link yang tim kami kirimkan ke email Anda, usai proses pendaftaran.