7 Komunitas Hacker Indonesia Tempat Belajar dari Hacker Pemula Hingga Profesional Ada di Komunitas Ini

Kelompok atau komunitas hacker Indonesia sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun lalu, tepatnya ketika internet sudah mulai dikenal oleh masyarakat kita.

Namun karena saat itu internet masih menjadi barang mahal dan langka, istilah hacker pun masih belum dipahami oleh sebagian besar orang, terutama yang benar-benar awam terhadap dunia IT.

Hacker sendiri bisa diartikan sebagai orang yang memiliki pengetahuan dan kemampuan menganalisis komputer dan jaringannya, bahkan mencari celah untuk masuk ke dalamnya.

Indonesia memiliki banyak hacker dengan keahliannya masing-masing, dan mereka sering berkumpul di forum-forum online untuk berdiskusi tentang masalah hacking.

Forum online ini biasanya dibuat oleh komunitas-komunitas tertentu dengan tujuan sebagai tempat berdiskusi dan berbagi ilmu. Banyak forum hacker yang berkembang dan tetap aktif selama belasan tahun, tapi ada pula forum yang mati karena beberapa alasan tertentu.

Dari sekian banyak forum yang ada di dunia digital, berikut adalah 7 forum hacker terbesar yang ada di Indonesia.

1. XCode

XCode adalah salah satu forum hacker yang berbasis di Yogyakarta. Walau berdiri di kota gudeg, XCode sudah dikenal luas bahkan menjadi salah satu forum hacker terbesar di Indonesia.

XCode juga dikenal dengan nama Yogyafree atau Yogya Family Code dan sudah berdiri sejak tahun 2004 silam. Forum inipun menjadi tempat berkumpulnya para hacker profesional untuk berdiskusi sekaligus menjadi tempat belajar bagi hacker pemula.

Cukup banyak informasi yang tersaji di XCode. Tak hanya soal teknik hacking, forum ini juga banyak membahas tentang pemrograman, jaringan komputer, sistem operasi, web development, dll.

Sebagai salah satu forum hacker terbesar, XCode yang sudah memiliki ribuan member ini juga kerap mengadakan workshop, seminar, dan pelatihan-pelatihan khusus.

Tentu saja event ini diisi oleh staf XCode yang sudah berpengalaman dan sangat ahli di bidangnya.

2. Devilz Code

Forum hacker berikutnya yang pernah ada di Indonesia adalah Devilz Code. Forum ini dulunya dibentuk pertama kali oleh beberapa hacker asal Tangerang dengan tujuan berbagi ilmu.

Forum ini juga sering menjadi tujuan hacker pemula yang ingin memperdalam kemampuan mereka dalam hal peretasan.

Nama Devilz Code sendiri sudah cukup ternama di dunia hacking Indonesia, bahkan dianggap sebagai salah satu komunitas hacker terbesar di tanah air.

Tak hanya itu, Devilz Code juga pernah tercatat melakukan serangkaian aksi hack di dunia maya. Walau sempat populer, sayangnya forum Devilz Code sendiri saat ini sudah tidak aktif lagi.

3. Echo

Echo adalah salah satu forum online yang sudah memiliki puluhan ribu member. Echo kerap menjadi tempat berdiskui dan berbagi ilmu, mulai dari pemrograman, keamanan komputer, teknik hacking, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang baru belajar tentang hacking, Echo adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar karena kaya akan informasi.

Echo juga memiliki majalah digital sendiri yang dikenal dengan nama Echo Magazine atau echo|zine. Tentunya media ini wajib dibaca oleh siapapun yang berniat memperdalam ilmu hacking-nya, pasalnya echo|zine membahas banyak hal seperti teknik peretasan, berita, maupun informasi kasus hacking.

4. Kecoak Elektronik

Kecoak Elektronik adalah nama dari salah satu kelompok hacker sekaligus komunitas hacker tertua di Indonesia. Untuk memudahkan komunikasi, Kecoak Elektronik yang terbentuk tahun 1995 ini sempat membuat forum online sebagai tempat berbagi ilmu.

Meski komunitas ini masih aktif, forum online yang dibuat akhirnya ditutup. Kecoak Elektronik sendiri lebih fokus pada masalah keamanan jaringan dan komputer.

Mereka juga pernah melakukan aksi-aksi hacking sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah sosial politik. Misalnya di tahun 1998 silam saat menjalankan kampanye anti-Soeharto, saat itu mereka membobol situs POLRI, BPK, dan belasan situs lainnya.

5. Binus Hacker

Seperti namanya, Binus Hacker adalah komunitas yang awalnya dibentuk oleh sekumpulan mahasiswa Binus dengan minat yang sama. Namun seiring berjalannya waktu, Binus Hacker semakin berkembang sehingga komunitas inipun makin dikenal di Indonesia bahkan memiliki anggota dari berbagai daerah dan kalangan.

Binus Hacker memiliki situs resmi yang berisi berbagai informasi, termasuk tutorial dan berita-berita terkini seputar dunia hacking. Situs tersebut juga kerap menjadi tujuan para hacker Indonesia, baik yang ahli maupun masih pemula. Tujuan mereka sama, yaitu saling belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu tentang peretasan.

6. HN Community

HN Community atau Hacker Newbie merupakan salah satu komunitas hacker yang cukup dikenal di Indonesia. HN Community sendiri awalnya adalah kelompok kecil yang berisi beberapa orang saja.

Mereka lalu menamakan diri sebagai Hacker Newbie dan membuat situs sekaligus forum sebagai tempat untuk berdiskusi dan sharing ilmu.

Meski bernama “newbie”, bukan berarti forum ini memiliki anggota newbie atau hacker pemula. Selama bertahun-tahun, komunitas tersebut dijalankan oleh para hacker profesional dan berpengalaman.

Sampai saat ini forum HN Community sudah memiliki puluhan ribu member dan menjadi salah satu pusat belajar hacking.

7. Indonesian Backtrack Team

Indonesian Backtrack Team atau IBTeam adalah komunitas para penggiat komputer dan teknologi yang lebih fokus pada masalah keamanan dan jaringan komputer.

Memiliki motto ‘share and learn until the end of our life’, IBTeam berkomitmen untuk membentuk forum yang bisa menjadi tempat belajar dan berbagi ilmu pada banyak orang.

Komunitas ini sendiri awalnya adalah kumpulan para pengguna Backtrack yang saling berdiskusi lewat sebuah grup di Facebook. Grup tersebut akhirnya semakin berkembang, sehingga beberapa anggota aktifnya memutuskan untuk membuat forum yang lebih besar lagi sebagai tempat berkomunikasi.

Seperti forum online lainnya, forum dengan ribuan member ini juga menyajikan beragam topik seputar dunia IT. Tak heran bila forum IBTeam pun kerap menjadi alternatif tempat belajar para hacker Indonesia.

Bila Anda pun menggeluti bidang ini, maka selayaknya untuk turut bergabung dengan komunitas hacker Indonesia. Selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan, siapa tahu keterampilan Anda pun semakin membaik.