Tips Mengatasi Kontak Duplikat Menggunakan Google Contacts

Kontak duplikat atau kontak dobel yang dibuat tanpa sengaja, kerena kebetulan ada teman yang memiliki nomor baru atau mengganti nomor hpnya. Sehingga kita menyimpan nama orang tersebut dua kali.

Masalah yang terjadi adalah pada saat butuh untuk menghubungi yang bersangkutan, kita sendiri bingung mau menghubungi ke nomor yang mana. Karena ada dua nama yang sama, dengan nomor yang berbeda.

Sekarang kita akan coba, menggabungkan beberapa kontak yang dobel atau ganda di smartphone melalui Google Contacts. Bagi pengguna android semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Baca juga : Cara Mengunci Google Chrome dengan Kata Sandi Password

Caranya mudah sekali, yang perlu anda lakukan adalah mengakses situs contacts.google.com. Setelah itu, login dengan username dan password Gmail yang anda pakai untuk smartphone android anda.

Pada menu atau tulisan duplicates, anda klik. Lalu ada akan mengetahui mana-mana saja kontak yang duplikat atau dobel. Tugas selanjutnya yaitu menggabungkan kontak yang sama dengan mengklik tulisan merge.

Secara otomatis, kontak yang dupliat atau dobel akan digabungkan menjadi satu. Contoh anda menyimpan nama teman Anda si Anton Adriano dengan nomor telkomselnya.

Selang beberapa saat si Anton Adriano menghubungi anda menggunakan nomor XL misalnya. Kebetulan ia memiliki beberapa nomor hp yang beda provider. Anda menyimpannya dengan nama yang sama pula.

Baca juga : Cara Scan Dokumen Melalui Aplikasi Google Drive

Jadi ada dua kontak nama yang sama, namun beda nomor karena anda menyimpan dua kali di smartphone. Nah untuk contoh permasalahan di atas, anda bisa menggabungkan kontak yang dobel tadi dengan cara di atas.

Jika banyak kontak yang tersimpan dua kali tanpa anda sadari, daripada klik merge satu per satu untuk menggabungkan kontak yang dobel, anda tinggal klik saja merge all. Dan masalah selesai… 😀

Video di bawah ini akan menjelaskan lebih detail mengenai cara menggabungkan kontak yang duplikat.

Apakah cara di atas bermanfaat untuk anda bagikan di Facebook, Twitter, Google Plus, dan LinkedIn? Klik tombol share untuk membagikan tulisan tersebut.