Pada satu minggu kebelakang kita sudah membahas bagaimana menjadi seorang public speaker yang handal. Adapun rangkumannya ada pada tulisan ini. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah berlatih dan persiapan.

Berlatih dan persiapan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan untuk instant PD, latihlah materi yang akan Anda sampaikan kepada teman-teman terdekat Anda, lalu mintalah komentar mereka bagaimana cara Anda mendeliver materi yang Anda buat.

Persiapkan juga jokes-jokes yang jarang diceritakan oleh orang, persiapkan slide materi yang berkualiatas. Soal yang satu ini kita akan membahas pada artikel berikutnya.  Sudah persiapan dan latihan. Untuk instant PD selanjutnya Anda dapat membuat film imajinatif. Film imajinatif ini berguna membangun rasa percaya diri Anda, pikiran bawah sadar Anda sebenarnya tidak dapat membedakan mana yang asli dan mana yang imajinatif karena bersifat netral.

Ada selanjutnya tips dan triknya untuk instant PD adalah dengan mengatur pernapasan. Mengapa? Dengan mengatur pernapasan ada minimal dua keuntungan bagi diri Anda. Pertama adalah melatih vokal Anda agar menjadi bulat(maksud bulat di sini adalah suara Anda menjadi jelas pelafalannya). Kedua adalah menjaga stamina diri Anda. Orang yang mampu mengatur pernapasan dengan baik, maka orang tersebut memiliki kesempatan yang lebih karena stamina atau daya tahannya akan lebih dibandingkan orang lain.

Masih gerogi? Tekan tombol 'ON' pada diri Anda. Apa itu tombol ON? Dan di mana tombol ON tersebut? Serta bagaimana cara menekan tombol ON di diri kita? Kita sudah membahasnya pada artikel berikut ini Tekan tombol ‘ON’ untuk mengurangi gerogi. Selanjutnya ada tentang Mengurangi gerogi dengan mengatur fisiologi tubuh. Tips terakhir adalah dengan cara membuat Anchor untuk instant PD. Semua tips untuk Instant PD sudah dirangkum pada artikel ini.

Memberikan Eye Contact

Memberikan Eye Contact

Lalu pada judul apa yang dimaksud dengan TSB? TSB adalah singkatan dari Tatap, Senyum, lalu Berbicaralah. Ketika berbicara kepada audience usahakan untuk melakukan eye contact kepada semua orang. Adapun durasinya tidak terlalu lama hanya berkisar sekitar 2-3 detik saja.

Adapun bagian yang dilihat sebelah mana? Untuk sesuatu hal yang serius Anda dapat menatap pada bagian dahi. Atau jika ingin menyampaikan sesuatu hal yang intim atau lebih personal. Anda dapat menatap pada bagian mulut. Perhatikanlah segitiga pada gambar di sebelah kiri. Eye contact pastikan hingga audience yang duduk di belakang menjadi perhatian bagi Anda.

Bagaimana caranya agar audience yang duduk di belakang bisa mendapatkan eye contact Anda? Kita akan membahas pada artikel yang lain triknya. Tatap-Senyum-B? Apa B nya? Berbicaralah. Artinya yang terpenting adalah membangun keramahan pada saat Anda naik ke atas panggung. Besok kita akan membahas bagaimana caranya memberikan perkenalan yang powerful dalam waktu tiga puluh detik pertama saat perkenalan.

Berikan komentar Anda pada artikel ini. Jika Anda memiliki pengalaman lain yang bermanfaat dan ingin Anda bagikan kepada orang lain. Atau apabila Anda ingin request sebuah topik untuk dibahas, Anda dapat memberikan saran kepada saya melalui email di [email protected] Semoga bermanfaat bagi Anda, apabila Anda rasa hal ini bermanfaat bagi diri Anda. Maka tidak ada salahnya jika artikel ini Anda bagikan untuk teman-teman Anda melalui sosial media. Semoga Allah senantiasa memberikan keberlimpahan bagi diri Anda. 🙂