Pernahkah Anda kesulitan dalam mengingat password dari setiap akun sosmed atau email yang Anda miliki? Saya sendiri memiliki beberapa email dengan fungsi yang berbeda-beda.

Terkadang saya suka lupa dengan password email saya sendiri. Alhasil saya harus melakukan reset password setiap kali saya lupa dengan password email. Namun kali ini saya telah menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Nama aplikasinya adalah LastPass. Lastpass aplikasi pengingat banyak password, merupakan aplikasi yang dapat dijalankan dibanyak platform seperti windows, linux, osx, android, dan apple.

Dengan penyimpanan password pada sistem komputer awan ini, kita bisa mensingkronkan password yang ada di laptop, smartphone, maupun di komputer dekstop yang kita miliki.

Apakah aman menggunakan LastPass? LastPass sendiri memiliki sistem enksripsi dengan standar internasional untuk pengamanannya. Proteksi akun bisa Anda lakukan dengan 2Step Authentication atau Multifactor Authentication.

Ada yang gratis maupun ada yang berbayar. Saya sendiri menggunakan layanan berbayar dari LastPass. Sehingga dapat mengaktifkan beberapa Multifactor Authentication yang premium.

Adapun biaya pertahun itu sekitar Rp. 205.000,- dibayar dengan menggunakan pulsa im3, saya membeli melalui Google Play Store. Oh ya angka Rp. 205.000,- itu sudah termasuk dengan pajak loh.

Aslinya mah hanya seratus lima puluh ribuan. Namun karena kena pajak maka angkanya menjadi dua ratus ribuan. Menurut saya, aplikasi ini saya bermanfaat sekali bagi Anda yang memiliki banyak password.

Agar password tidak itu-itu aja dan mudah untuk ditebak. Maka Anda bisa menggunakan random password dan disimpan pada akun LastPass Anda. Oh ya versi komputer itu gratis loh, tetapi klo Anda ingin aplikasi ini berjalan di smartphone yang Anda miliki. Anda bisa mencoba trial selama empat belas hari klo tidak salah.

Selanjutna Anda perlu membayarnya. Cara mendaftarnya bagaimana? Daftar saja LastPass di sini.