Latih kemampuan bahasa via smartphone yuk? Namanya juga smartphone yang artinya ponsel pintar. Seharusnya pemakainya (User) setidaknya juga bisa ikutan smart dong? Hehehe :D. Di sini saya akan membahas bagaimana kita bisa menggunakan smartphone untuk meningkatkan kualitas dari kemampuan bahasa kita. Bagi temen-temen yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing, silahkan membaca artikel ini. ๐Ÿ˜€

Mohon maaf sekali saya sudah lama tidak update website ini lagi karena kesibukan di dunia offline. Tapi insyaAllah saya akan mulai rajin menulis kembali dan terus berbagi inspirasi di Dunia Digital. Mohon doakan saya. Oke, lanjut. Sebagian orang sedang belajar bahasa asing. Terkadang mendapatkan beberapa kendala. Misalnya yang dialami oleh teman saya yaitu dia kesulitan dalam pengucapan bahasa asing, misalnya bahasa inggris (Masalah pada Speaking).

Ada juga yang kesulitan menangkap maksud dari pembicaraan (Masalah pada Listening). Ada juga yang kesulitan dalam bertuturkata baik tulisan maupun ucapan yang baik dan benar (Masalah pada Grammar). Ataupun masalah pada cara menulis bahasa asing (Masalah pada Writting) dan cara membaca bahasa asing (Masalah pada Reading). Yuk kita berlatih agar kemampuan berbahasa asing kita bisa menjadi lebih baik.

Caranya bagaimana? Sederhana sekali. Saat ini yang dibutuhkan hanya smartphone, lalu koneksi internet, dan kedisiplinan dalam belajar. Sederhana kan? Ikuti langkah-langkah berikut ini ya. Jika setelah membaca artikel ini, teman-teman saya bahwa ini bermanfaat untuk diri Anda. Mohon bantu sebarkan kebaikan ini ke teman-teman Anda di sosial media. Oke? Hehe ๐Ÿ˜€

1. Melatih kemampuan bahasa dengan Google Translate

Google Translate untuk Android

Google Translate untuk Android Photo Credit: faara786 via Compfight cc

Pasti Anda sudah mengenal salah satu produk dari Google ini yaitu Google Translate. Hari ini sudah ada Google Translate yang mendukung versi ponsel pintar / smartphone. Coba Anda buka saja Playstore, lalu cari Google Translate dan install ke ponsel pintar Anda. Apa saja yang bisa kita lakukan dengan Google Translate ini? Ada banyak yang bisa kita lakukan.

Misalnya dengan kita mengetahui bahasa asing tertentu, akan tetapi kita tidak tahu apa artinya. Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan bahasa asing tersebut. Selain itu, apabila kita mendapatkan text bahasa asing. Namun, dalam pengucapan atau cara membacanya kita tidak mengetahui. Maka dengan Google Translate ini kita bisa melakukannya. Sangat direkomendasikan untuk Anda memiliki aplikasi ini.

2. Menggunakan umano untuk melatih kemampuan membaca (Reading) dan berbicara (Speaking)

Aplikasi Umano untuk meningkatkan kampuan Speaking dan Reading Anda.

Aplikasi Umano untuk meningkatkan kampuan Speaking dan Reading Anda.Photo Credit: Barrett.Discovery via Compfight cc

Pernahkah Anda mendengarkan musik melalui aplikasi yang bernama SoundCloud? Mungkin sebagian anak muda sudah tidak asing dengan nama aplikasi tersebut. Ya, aplikasi tersebut menawarkan fitur untuk kita dapat mendengarkan lagu-lagu dari berbagai mancanegara. Tanpa perlu kita membayar atau membeli lagu-lagu tersebut. Adapun lagu-lagu di dalamnya tidak semua dari penyanyi aslinya.

Tetapi ada juga dari kalangan profesional, maupun amatir yang ingin berbagi kemampuan bermusiknya ke dunia luas. Nah apa hubungannya dengan aplikasi Umano ini? Aplikasi Umano mirip dengan SoundCloud. Bedanya adalah di Umano yang diputarkan bukan musik melainkan berita-berita tentang teknologi, sosial, politik, keuangan, dan seterusnya. Channel beritanya bisa Anda tentukan sendiri, sesuai dengan apa yang ingin Anda simak.

Gambarannya begini, coba Anda banyangkan Anda sedang membuka detik, kompas, kapanlagi, dan seterusnya. Anda membaca artikel dari website mereka. Tetapi disamping Anda membaca artikel mereka. Ada news anchor yang membacakan isi dari artikel-artikel yang ada di website mereka tersebut kepada Anda. Nah kurang lebih itulah yang dilakukan di aplikasi yang bernama Umano ini. Di sini Anda bisa meningkatkan kemampuan speaking, reading, dan writing Anda.

3. Perbanyak kosa kata asing dengan menggunakan KamusKu

KamusKu adalah aplikasi penerjemah bahasa asing di Android

KamusKu adalah aplikasi penerjemah bahasa asing di AndroidPhoto Credit: Pim Fijneman (finally back) via Compfight cc

Aplikasi ini mirp dengan Google Translate pada poin pertama. Adapun yang membedakannya adalah aplikasi ini tidak dirancang untuk dapat menerjemahkan bahasa asing (Bahasa Inggris) per kalimat. Jadi Anda hanya dapat menerjemahkan per kata saja. Aplikasi ini mirip seperti kita menggunakan buku-buku kamus offline. Dalam menerjemahkannya kita perlu mencari arti yang kita tidak ketahui atau pahami secara satu per satu.

Meskipun demikian, setelah Anda menemukan arti dari kata yang Anda cari. Anda juga dapat mengetahui cara pengucapan dari kata yang Anda cari tersebut. Fitur ini memang tersedia juga di Google Translate. Namun setiap orang memiliki rasa yang berbeda-beda dalam penggunaan kedua aplikasi ini. Jika Anda ingin menggunakan software yang sederhana untuk dipakai. Anda bisa memilih aplikasi KamusKu ini pada ponsel pintar Anda.

4. Berlomba-lomba dalam peningkatan kualitas berbahasa asing dengan Duolingo

Berlomba untuk peningkatan kemampuan bahasa asing

Berlomba untuk peningkatan kemampuan bahasa asing via Facebook.com

Aplikasi ini menurut saya adalah aplikasi yang unik dan menarik untuk Anda install di ponsel pintar Anda. Aplikasi ini menawarkan cara belajar yang asik dan menyenangkan. Anda akan dilatih layaknya ketika Anda belajar TOEFL. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi ini dalam belajar bahasa asing. Adapun bahasa asing yang ditawarkan tidak hanya bahasa inggris saja, tetapi juga bahasa dari negara-negara lain.

Setiap kali Anda memenagkan permainan. Anda mendapatkan poin. Poin tersebut bisa ditukarkan untuk mempercantik burung hantu yang Anda miliki. Anda juga bisa berkompetisi dengan teman-teman sekampus atau sekolah Anda. Aplikasi ini sangat menarik dan sangat sayang jika Anda tidak menggunakan aplikasi ini untuk melatih kemampuan berbahasa asing Anda.

Empat di atas adalah aplikasi yang saya rekomendasikan untuk Anda pergunakan di ponsel pintar yang Anda miliki saat ini. Jika Anda punya referensi aplikasi unik dan menarik lainnya. Mohon kabari saya via email atau contact us pada halaman menu di website ini. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika hal ini bermanfaat, mohon bagikan juga informasi ini ke teman-teman Anda yang lain ya. InsyaAllah besok saya akan menulis hal yang baru pada pukul 10.00 WIB. Cek terus artikel di Dedeobi.com. Terima kasih ๐Ÿ˜€