Mengatasi  Masalah Selalu Logout Setelah Proses Login Cpanel Hosting

Beberapa penyedia hosting memberikan batasan satu IP Address untuk satu sesi demi keamanan sebuah akun hosting. Permasalahan terjadi pada saat IP Address yang ternyata suka berubah-ubah per sekian detik atau menit.

Mungkin bagi Anda yang menggunakan internet dari My Republik atau Innovate mengalami masalah ini pada saat login cpanel akun hosting Anda. Menyebalkan memang, baru login sebentar sudah logut tiba-tiba dan harus memasukan username dan password lagi.

Lebih parah kalau lagi proses transfer file menggunakan FTP, prosesnya bisa menjadi sangat lambat dan lama sekali. Belum lagi kalau ada perlu edit kode di file tertentu dan tiba-tiba dipaksa harus login lagi karena IP Address telah berubah. Mana belum sempat disimpan lagi. PR kan?

Solusinya yaitu menggunakan IP Address yang statis atau yang tidak berubah-ubah. Kalau paket internet yang mendukung ip statis ada di level business pro dengan biaya bulanan hampir sepuluh jutaan dengan minimum kontrak satu tahun. Dan ini bukan jadi solusi utama.

Atau Anda bisa menggunakan aplikasi VPN semisal ZenMate. Upgrade internet ke business pro biayanya tentu tidak ramah di kantong. Sedangkan ada yang gratis dan bisa jadi solusi kenapa tidak pilih yang ini saja. Setuju kan?

Aplikasi ZenMate tersedia untuk Android dan ekstensi bagi Google Chrome atau Chromium di linux. Anda hanya perlu memasang addon dan mendaftarkan email Anda, sebelum menggunakan aplikasi yang satu ini. Ada dua versi, gratis dan berbayar.

Login ke cpanel dengan IP Address dari ZenMate tidak berubah-ubah dan bisa jadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah ini. Tinggal pilih negara jerman, hongkong, romania, atau amerika serikat. Pada versi yang berbayar lokasi premium bisa Anda akses.

Beberapa kekurangan dari versi gratis yaitu koneksi yang kurang cepat, tidak adanya fitur bebas dari malware, tidak bisa memilih lokasi negara-negara khusus penguna premium, dan tracking protection. Anda bisa upgrade paket dari gratis ke premium dengan membayar Rp. 30.000,- per bulan atau Rp. 300.000,- per tahun.

Tidak upgrade dan tetap menggunakan versi gratis juga tidak jadi masalah. Anda tinggal akses saja alamat URL dari cpanel yang diberikan oleh penyedia hosting. Jangan lupa akses cpanel pada saat yang bersamaan Anda telah mengaktifkan aplikasi ZenMate ini.

Semoga tips sederhana guna mengatasi permasalahan tidak bisa login cpanel hosting karena IP Address yang terus berubah-ubah ini dapat bermanfaat. Bantu sebarkan juga di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari situstarget.com? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap minggunya kami akan mengirimkan artikel terbaru dari situstarget.com melalui alamat email Anda.