Karena sudah lama nangkring di dompet dan ga pernah buka-buka kartu di dompet. Akhirnya masa perpanjang kartu SIM lewat, sim yang mati yaitu SIM C (motor). Lantas harus ngurus semua dari awal alias bikin baru.

Namanya juga bikin baru, secara otomatis berbagai macam test harus dilewatin, mulai dari test tertulis dan test praktek. Jika lulus semua baru dapat sim yang baru lagi. Kalau ada yang gagal? Coba lagi di kemudian hari.

Sebenarnya ada si cara biar ga lupa, yaitu bikin reminder. Biar temen-temen ga ngerasain apa yang saya alami ini. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan Google Calendar.

Jadi tinggal bikin semacam pengingat di sana, baiknya si antara satu bulan hingga beberapa minggu sebelum SIM itu habis sudah dipasang alarm atau notifikasi di smartphone.

Bikin baru itu prosesnya lama, wong perpanjang aja lama kalau lagi antriannya banyak. Tips ini sederhana, tapi bakal ampuh klo manteman punya banyak hal yang buat diperpanjang.

Ya perpanjang STNK, SIM, atau bayar pajak, kartu kredit, internet, dan seterusnya. Syukur-syukur kalau tagihan biasanya ada datang berupa surat tagihan invoice ke rumah atau melalui alamat e-mail.

Harapannya si perpanjang STNK atau SIM juga bisa mendapatkan notifikasi juga kayak tagihan kartu kredit. Sehingga setiap orang yang mau habis masa aktifnya, mendapatkan notifikasi melalui e-mail atau SMS dari pihak kepolisian. #Ngarep.  😀

Cara membuat pengingat di Google Calendar, cukup mudah sekali.

  1. Akses dahulu website-nya di https://calendar.google.com.
  2. Bikin pengingatnya yaitu dengan cara klik tombol Create.
  3. Masukan tanggal pengingat, antara 30 – 90 hari sebelum masa aktif SIM berakhir.
  4. Pada kolom description masukan saja “Perpanjang SIM A dan SIM C
  5. Event color bisa pilih yang warna merah sebagai warning.
  6. Show me as bisa Anda pilih busy karena perpanjang SIM antri dan lama biasanya.
  7. Dan pada kolom Visibility, Anda bisa berikan centang Private.
  8. Klik save jika sudah selesai.

Sebagai contoh, saya membuat reminder pada Google Calendar di bawah ini. Anda bisa membuatnya dan menyesuikan event atau moment tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lupa perpanjang SIM sekarang tidak lagi dengan memanfaatkan Google Calendar

Lupa perpanjang SIM sekarang tidak lagi karena memanfaatkan Google Calendar

Bagaimana cukup mudah bukan? Jangan lupa menghubungkan Google Calendar dengan smartphone, laptop, desktop komputer atau gadget lainnya. Sehingga notifikasinya ada di mana-mana.

Jadi tidak ada alasan lagi lupa perpanjang SIM. Semoga tips sederhana ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan di kotak komentar di bawah artikel ini.