Tidak mudah mengatur banyak akun online. Misalnya saja kamu pasti punya lebih dari satu akun sosmed. Ya yang paling standar yaitu Facebook, Twitter, Instagram, dan Path? What Path?? #OkeSkip #YouKnowWhatImean.

Oke klo dihitung sudah ada 3 akun online. Belum lagi kamu punya beberapa akun email. Paling standar ya Gmail, Yahoo, Outlook. Oke misalnya ada 2 alamat email. Yahoo dan Outlook. Berapa total akun online kamu saat ini? Lima (5).

Sudah cukup? Masih ada lagi? Pasti. Akun untuk login di website kampus belum dihitung, akun buat game online di Steam juga belum dihitung, akun internet banking juga belum diitung. Duh banyak ya.

Saking banyaknya udahlah satu password dipake untuk banyak akun. Jadi ga ribet kan. Bisa si jadi solusi, tapi terkadang kamu sendiri juga suka lupa apa nama username yang kamu pakai untuk login di web.

Karena ada yang perlu login username dengan alamat email kita sendiri ada juga yang pakai username dengan nama custom. Repot kan manage banyak password dan akun? Kamu mungkin butuh yang namanya password manager.

Apa Manfaat Password Manager?

Keuntungan password manager yaitu kamu bisa mengelola banyak akun, hanya dengan menghapal satu password dan username yang kamu daftarin di password manager misalnya saja LastPass, Dashlane, 1Password, Keepaas, dan RoboForm. Selain itu apa lagi?

1. Kamu bisa menghasilkan kata sandi yang kuat

Password yang kuat itu kombinasi dari huruf, angka, dan simbol. Panjang karakter untuk kata sandi yang aman saat ini terdiri atas minimal 12 karakter dengan kombinasi ketiganya. Hal ini akan sulit dong untuk dihapal. Oleh karena itu, kamu butuh bantuan dengan yang namanya Password Manager ini.

2. Login Banyak Akun Online Jadi Lebih Mudah, Hanya Sekali Klik Beres!

Saat kamu membuka halaman login dari website atau aplikasi tertentu. Jika sebelumnya kamu sudah install aplikasi password manager di komputer kamu.

Kamu bisa login ke website tersebut dengan menggunakan fitur autofill (isi secara otomatis). Cara instalasi password manager cukup mudah, kamu bisa mengunduhnya sebagai addon browser atau sebagai aplikasi dekstop maupun mobile.

3. Kamu bisa Ganti Password Semudah Ganti Baju

Hal yang paling males dan jarang orang lakukan adalah ganti password. Padahal mengganti password itu sama seperti kita ganti pakaian. Klo sering pakai baju yang sama berulang kali tanpa diganti apa efeknya?

Gatel-gatel, kotor, dekil, bau. Bener kan cuy? Nah klo password ga diganti secara rutin. Saat sebuah layanan atau akun online kamu berhasil dicuri, kemungkinan akun online kamu yang lainnya akan mudah diretas.

Keuntungan password manager yang berikutnya adalah kamu bisa mengganti password akun online kamu secara periodik dengan otomatis. Hanyak klik tombol satu kali, aplikasinya akan menggantikan password akun online kamu dengan bergerak otomatis. Tanpa repot, tanpa cape.

4. Berbagi Password Lebih Aman Menggunakan Password Manager

Berbagi password tanpa kejelasan maksud dan tujuan memang sangat tidak disarankan. Namun terkadang kita juga perlu berbagi password ke orang terdekat.

Misalnya berbagai password internet banking ke istri, yang di mana suami lagi butuh uang cepat karena ada hal urgent. In case, ternyata kartu atm suami tertelan di mesin ATM kantor. Sehingga cara satu-satunya yaitu transfer menggunakan internet banking.

Klo dulu berbagi password itu dengan cara ditulis di kertas. Percayalah, cara itu sangat tidak aman. Apa lagi menggunakan media komunikasi massal yang mudah dibaca oleh orang lain, seperi email, whatsapp dan SMS.

Solusi dari permasalahan di atas, kamu bisa berbagi password tanpa mengorbankan keamanan data kamu dengan menggunakan password manager

5. Faktanya Password Manager bukan Hanya untuk Menyimpan Password Saja Loh

Kita bisa memanfaatkan password manager, terutama pada fitur secure notes untuk menyimpan data-data sensitif maupun yang bersifat rahasia secara aman. Bahkan notes-nya bisa kamu tambahkan password untuk membukanya.

Dengan menggunakan password manager kamu juga bisa menyimpan data-data rahasia seperti: Key SSH server, Password dan Username Database, kartu kredit, data asuransi dan perpajakan, password Wi-Fi, serta lisensi software.

Cukup bermanfaat bukan?

6. Kamu juga Terhindar dari yang Namanya Phising

Phising sendiri dibuat untuk menjebak korban untuk menyerahkan username dan password melalui sebuah situs login palsu. Contoh seseorang membuat halaman login palsu yang menyerupai Facebook, Twitter, Gmail, dst-nya.

Lalu link-nya ia bagikan secara acak melalui media komunikasi seperti WA, Line, forum online, ataupun di blast secara massal ke email yang menjadi incarannya. Klo sampai terkecoh, bisa jadi akun kamu akan berpindah tangan dengan cepat.

Solusinya sih kita pernah bahas dengan menggunakan 2FA. Namun untuk mencegah diri dari serangan semacam ini. Kamu juga bisa mengandalkan password manger di atas. Fitur autofill hanya bekerja jika kamu mengakses situs yang memang benar-benar asli.

Contoh situs phising facebook beralamat di www.phising.facebook.domainaneh.com, aplikasi password manager tidak akan mengeluarkan autofill password, berbeda jika kamu mengakses ke facebook.com-nya langsung.

Oh ya beberapa antivirus juga ada loh yang punya kemampuan dalam memfilter situs-situs phising ini. Kamu juga bisa nih tambahin dengan antivirus yang memang dibekali dengan kemampuan URL advisor atau Web Safe.

7. Kamu bisa Menggunakan Password Manager di Banyak Device

Klo kamu suka menggunakan laptop ketimbang smartphone atau sebaliknya. Dengan menggunakan password manager kamu tidak perlu khawatir karena saat ini hampir seluruh penyedia layanan password manager, bisa cross ke banyak device. Artinya sudah support di Windows, MacOS, Linux, Android, dan IOS.

Menurut kamu pribadi menggunakan password manager itu penting ga si? Yuk kita sharing.