Jangan Sampai Lupa Memperpanjang Masa Aktif Kartu Simcard Lu Klo Ga Mau Ngalamin Hal Ngenes Kayak Gini…

Lu kebayang ga si kartu yang masih nancep di smartphone lu sampai saat ini, ternyata bisa berpindah tangan. Maksud gue bukan dicuri tapi nomor hp yang lu pake saat ini itu tau-tau udah jadi milik orang lain.

Kok bisa? Yaialah bisa. Ada beberapa kemungkinan pertama lu lupa isi pulsa. Kedua, lu ada pulsa di hp tapi lupa lu pakai itu pulsa. Well kita lagi ngomongin nih soal cara memperpanjang masa aktif kartu. Karena faktanya klo lu lupa ngelakuin itu, then masa aktif kartu ternyata sudah lewat.

Siap-siap nomor lu bakal dipakai orang lain tanpa ba-bi-bu terlebih dahulu dari pihak operator. Cukup ngenes si klo nomor lo:

1. Nomor cantik mahluk langka nan Mahal

Dengan lu punya nocan tanpa orang perlu save nomor lu di kontak hp nya. Pas lu nyebutin nomor lu orang lain udah langsung hapal. Nomor cantik termasuk nomor yang langka bin mahal. Cukup nyesek si klo sampe nocan yang lu punya selama ini, ternyata diambil orang lain.

Pihak operator akan dengan senang hati melelang nocan lu ke orang KAYA yang membutuhkan dengan menggati layanan kartu lu ke prabayar.

Its all about money!

2. Nomor lu terhubung dengan mobile banking

Asal lu tau aja cukup ribet ketika lu harus ngurus ini ke bank. Karena saat daftar layanan mobile banking di bank tersebut kan lu masih pakai nomor yang udah angus.

Tiba-tiba saat ini lu udah ga punya nomor itu lagi lantaran lu lupa untuk memperpanjang masa aktif kartu lu. Repot asli ngurusnya. Apalagi mereka yang saat ini kerja.

Harus izin ngurus ini itu cukup pe-er si.

3. Nomor lu terhubung dengan 2FA (Two Authentication)

Kita pernah bahas nih mengenai si 2FA. Sebuah cara untuk ngelindungin akun online lu. 2FA sendiri backup-nya itu umum yang gue tau menggunakan nomor hp. Nah bakal eng ing eng ketika nomor yang lu pakai untuk backup ini ternyata ga bisa lu akses lagi.

Siap-siap nangis meringis klo lu ga punya backup 2FA code. Atau bisa jadi layanannya memang hanya memberikan akses backup code melalui sms ke nomor hp yang didaftarin di layanan mereka.

Gimana mau dapetin backup code dari sms, orang nomor lu sendiri udah dipakai sama orang lain. Ga punya akses backup 2FA? Solusinya satu bikin akun baru lagi brooh!

4. Lu mungkin ga bisa akses email lu lagi klo sampai salah password

Gimana nih maksud poin nomor empat? Jadi gini cuy nomor hp lu umumnya akan terhubung di layanan seperti outlook, gmail, facebook, twitter, dstnya.

Bukan tanpa alasan. Salah satu alasan kenapa lu harus verifikasi nomor hp saat daftar di layanan mereka adalah agar saat lu lupa password.

Lu bisa reset password dengan menggunakan nomor hp yang tadi udah didaftarin di awal. Selain itu juga bisa sebagai fungsi di nomor 3. Gunanya ngelindungin akun online lu.

Jadi akan percuma seseorang yang tau password dan username lu klo dia ga punya akses ke 2FA. Ini salah satu cara efektif mengurangi serangan hacking semisal key logger dan fake login.

Kok bisa si ada orang yang lupa sama masa aktif kartunya? Nah bisa jadi dia itu lupa isi pulsa, atau nomor hp itu jadi yang kedua atau sebagi nomor cadangan.

Kayaknya saat ini orang udah banyak yang punya dua nomor. Satu nomor biasanya dipakai buat di share kemana-mana. Lets say buat jualan online semacamnya.

Satu lagi buat dipakai komunikasi dengan keluarga. Nah ada juga yang alesannya karena dia pengen pakai paket internet yang murmer karena promo operator X.

Nomor satu lagi dia pakai untuk nelpon yang murah meriah dari promo operator Y. Ada lah berbagai macam alasan orang kenapa punya dua nomor hp. Lu sendiri pakai dua nomor hp karena apa? Share di kotak komentar di bawah ya.

Yuk lanjut. Nah beberapa poin ngenes di atas itu bisa bener-bener terjadi ketika nomor hp lu angus, means nomor lu udah kadaluarsa dari masa aktif kartu. Sekarang kita bahas cara memperpanjang masa aktif kartu.

Cara memperpanjang masa aktif kartu

1. Cara memperpanjang masa aktif kartu Indosat

Bagi mereka pengguna layanan indosat ada beberapa cara untuk memperpanjang masa aktif kartu indosat. Mulai dari lu beli pulsa atau isi pulsa Rp. 5000,- sampai dengan Rp. 100.000,- itu punya masa aktif yang berbeda-beda.

Selain isi pulsa ada lagi nih, yaitu dengan membeli masa aktif ke Indosat melalui pulsa. Lu bisa memperpanjang masa aktif kartu dengan cara kirim SMS ke nomor berikut ini:

Ketik aktif3 lalu kirim ke 555 via SMS dengan biaya Rp. 2000,- kartu lu akan aktif bertambah menjadi 3 hari. Sedangkan ketik aktif14 untuk memperpanjang masa aktif selama 14 hari dengan biaya Rp. 5000,-. Terakhir yaitu ketik aktif30 untuk memperpanjang masa aktif kartu selama 30 hari dengan biaya per SMS yaitu Rp. 10.000,-.

2. Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel

Perpanpang masa aktif kartu telkomsel sama seperti cara di nomor satu, yaitu dengan lu isi pulsa untuk dapetin masa aktif kartu telkomsel. Cara lainnya yaitu dengan lu ketik di bagian dial telepon yaitu 999552*2#.

Selain itu bisa juga dengan menelpon ke 999# atau *3609#. Minimal pulsa yang harus ada di nomor lu untuk panggilan tersebut yaitu Rp. 10.000,-. Cara ini bisa digunakan untuk pengguna Kartu Telkomsel, misalnya Simpati, Kartu As, Loop, dst.

3. Cara memperpanjang masa aktif kartu Tri

Nah provider yang ketiga ini yang paling baik di antara semua provider yang ada di Indonesia. Karena apa? Lu isi pulsa yang minimal Rp. 25.000,- aja. Masa aktif kartu tri lu bisa bertahan lama!

Gue rekomendasiin buat lu punya nomor di tri juga, selain paket internetnya yang murah nan berkualitas. Lu juga ga perlu khawatir untuk memperpanjang masa aktif kartu tri lu kayak beberapa provider di atas cuy.

4. Cara memperpanjang masa aktif kartu XL dan Axis

Nah buat pengguna kartu Axis yang ingin memperpanjang masa aktif kartu, tinggal ketik pada kotak dial panggilan 8482*1#, masa aktif akan bertambah selama 7 hari. Oh ya pastiin pulsa lu ga abis-abis banget sisain minimal goceng lah untuk proses memperpanjang masa aktif kartu Axis lu.

Bagi pengguna kartu XL, lu bisa memperpanjang masa aktif kartu XL dengan ketik panggilan ke 123611#. Setelahnya akan ada muncul beberapa pilihan untuk memperpanjang masa aktif kartu yaitu masa aktif kartu selama 2 hari dengan biaya Rp. 1000,-. Masa aktif kartu XL selama 7 hari dengan biaya Rp. 3000,-. Masa aktif kartu XL selama 30 hari dengan biaya Rp. 10.000,-. Terakhir yaitu memperpanjang masa aktif kartu Rp. 90 hari dengan biaya Rp. 25.000,-.

Nah gimana mudah kan memperpanjang masa aktif kartu dengan cara di atas? Klo lu ada kendala, saran, atau komentar mengenai artikel di atas silahkan banget cuy kirimin komentarnya di kotak komentar di bawah artikel ini.

Suka dengan artikel di atas? Share-lah ke temen-temen lu yang ada di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Klik tombol share aja untuk bagiin tulisan di atas buat mereka. Siapa tau temen lu juga lagi butuh info di atas ya ga?