Tips Menjaga dan Melindungi Alamat Email Pribadi dari Serangan Email Sampah

Internet adalah tempat yang menawarkan sebuah kesempatan besar bagi seseorang dalam mendulang pundi-pundi dollar maupun rupiah. Tidak sedikit kalau kita ketik di google mengenai cara mendapatkan uang dari internet.

Ada ratusan bahkan ribuan situs yang menawarkan kerja sama bisnis untuk para netizen. Sayangnya tidak semua bisnis yang ditawarkan itu benar-benar menghasilkan uang.

Ada juga yang nakal dan hanya memanfaatkan sumber daya orang lain untuk kepentingannya saja. Pada saat daftar kita menggunakan alamat email pribadi.

Lalu kita mendapatkan berbagai pesan email mengenai tugas yang harus kita selesaikan. Katanya klo tugas tersebut berhasil diselesaikan kita akan diberikan imbalan uang.

Karena masih awam dengan hal-hal semacam ini. Ya main percaya-percaya aja.

Baca juga : Tingkatkan Keamanan Gmail Anda Sekarang Juga

Pesan email yang masuk lama kelamaan semakin banyak. Email pribadi jadi seperti tong sampah yang sudah penuh tapi masih terus dimasukkan sampah hingga akhirnya menumpuk.

Giliran mau mengecek email dari teman atau kerabat jadi susah. Setiap hari ada saja pesan email yang dikirimkan dari situs tempat yang menawarkan pundi dollar tadi.

Contoh di atas adalah salah satu kasus yang pernah saya alami sendiri. Setelah tugas benar diselesaikan. Ternyata pundi dollar pun tidak kunjung datang.

Akhirnya saya baru tahu kalau saya hanya dimanfaatkan saja oleh pemilik situs (bisnis scam) tersebut dengan menggunakan alamat email pribadi saya sebagai media komunikasinya.

Baca juga : Waspadai Hacking Email Melalui SMS Phising

Kesimpulannya adalah kita harus waspada dan selektif pada saat mendaftarkan alamat email pribadi di situs-situs tertentu yang menyediakan sebuah layanan jasa terutama yang mengajak rekanan bisnis.

Apalagi setelah membaca review dari pengguna, baik dari Indonesia sendiri maupun dari di luar negeri yang telah memberikan rating spam pada layanan situs tersebut.

Cara melindungi agar alamat email kita tidak menjadi target serangan spam. Ada sebuah layanan email temporer yang bisa kita manfaatkan untuk mendaftar di situs tersebut.

Masa aktif dari alamat email temporer ini hanya berkisar selama sepuluh menit saja. Setelah itu alamat email tersebut akan dihancurkan secara otomatis.

Sehingga spammer (orang yang melakukan kegiatan spam) tidak dapat membanjiri kotak masuk pesan dari alamat email pribadi Anda. Nama layanan tersebut adalah 10MinuteMail.

Cara membuat email temporer guna melindungi alamat email pribadi dari serangan email sampah

Sesuai dengan nama domain yang tertera. Waktu yang disediakan sebelum alamat email tersebut dihancurkan yaitu selama sepuluh menit. Anda bisa perpanjang waktu 10 menit tadi sesuai waktu yang Anda butuhkan.

Caranya mudah yaitu dengan mengklik tombol yang sebelah kanan untuk mempanjang waktu email. Tekan tombol copy  untuk melakukan copy alamat email yang tertera di situs tersebut.

Cara ini dapat meminimalisir serangan spam yang mungkin dapat membanjiri alamat email pribadi Anda. Gunakan beberapa layanan email untuk keperluan khusus.

Misalnya email untuk publik berbeda dengan email untuk bisnis, email untuk kerja juga beda lagi, semakin tinggi intensitas komunikasi menggunakan email dan layanan online.

Anda bisa menggunakan beberapa alamat email yang berbeda. Saran saya, ada satu atau dua alamat email yang tidak Anda share ke publik atau hanya untuk komunikasi ke beberapa orang saja.

Semoga tips melindungi alamat email dari serangan spam di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Bagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Gabung dengan ribuan pembaca Situstarget.com dengan cara mendaftarkan nama dan email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Gratis!