Tips Mematikan Komputer dan Laptop dari Jarak Jauh Menggunakan Smartphone

Dulu kalau mau presentasi harus membawa alat tambahan bernama pointer. Harganya kurang lebih sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 550.000,- bahkan ada yang satu juta lebih tergantung dari banyaknya fitur yang disediakan.

Saat ini fungsi dari pointer bisa dibilang telah “punah” dan dapat digantikan secara penuh oleh kemampuan dari alat yang bernama smartphone. Pemaparan slide presentasi bisa diubah menggunakan smartphone.

Kecil besarnya volume juga bisa di atur dari jarak jauh melalui smartphone. Syaratnya yang terpenting ada koneksi WiFi atau Bluetooth saja. Pun Anda saat ini juga bisa mematikan komputer atau laptop dari jarak jauh.

Baca juga: Tips Melindungi Android dari Virus dan Malware

Bagaimana cara melakukannya? Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi yang bernama Unified Remote di smartphone Anda. Setelah itu instal juga aplikasi yang sama di komputer atau laptop Anda.

Aplikasi Unified Remote ini dapat berjalan di tiga sistem operasi besar seperti Windows, Linux, dan Mac OS X. Setelah proses instalasi usai, pastikan aplikasi yang di komputer atau laptop telah Anda jalankan.

Selanjutnya buka aplikasi yang ada di smartphone. Proses scanning server akan dilakukan dalam beberapa detik. Setelah ditemukan, hubungkan smartphone dengan komputer atau laptop Anda.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Menjual Smartphone

Klik pada bagian Remotes -> Power -> Shutdown untuk mematikan komputer dari jarak jauh. Opsi lain yang ada yaitu Restart, Log Off, Lock, Sleep, Wake on Lan, Hibernate dan Abort.

Pada versi gratis ada beberapa layanan yang tidak bisa Anda gunakan secara penuh. Harga full version yang ditawarkan yaitu sebesar Rp. 58.000,- per tanggal 29 Desember 2016.

Anda bisa beli melalui Google Playstore dengan menggunakan pulsa, kartu debit, maupun beli di indomaret. Sekarang mematikan komputer semudah mematikan televisi. Tinggal sekali klik. Mati deh!  😆

Bagikan tulisan di atas untuk teman-teman Anda di jejaring sosial Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat juga untuk mereka dalam memanfaatkan smartphone.

Panduan teknologi terbaru dari Situstarget.com bisa Anda dapatkan melalui email. Caranya cukup mudah yaitu daftarkan nama lengkap dan alamat email Anda di form subscribe di bawah tulisan ini. Gratis!