Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Telah Dibaca oleh Pengirim

Mungkin entah karena lagi malas membalas pesan yang masuk dari personal chat maupun di grup. Kalau malas atau karena lagi sibuk lantas tidak membalas chat dari orang lain, rasanya tidak sopan.

Sudah nulis status di WhatsApp sedang perjalanan, meeting, tidak bisa diganggu, dan seterusnya. Tetapi masih ada aja yang nekat menghubungi melalui personal chat.

Kalau misalnya ponsel dimatikan, apabila ada keadaan darurat nanti malah sulit menghubungi atau dihubungi oleh orang lain. Lantas bagaimana ya caranya agar membaca pesan WhatsApp tapi tanpa ketahuan telah dibaca oleh pengirimnya?

Baca juga: Tips Mengamankan Komputer dari Serangan Hacker

Fitur read sebenarnya lebih dahulu ada di BBM dibandingkan di aplikasi chatting WhatsApp. Tujuannya si bagus agar kita mengetahui bahwa orang yang kita ajak komunikasi sudah membaca pesan yang dikirim atau belum.

Lantas bisa ga ya membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan kalau pesannya sudah dibaca? Berikut ini adalah tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakali fitur read pada WhatsApp.

1. Aktifkan Mode Airplane di Smartphone Anda

Mode Airplane dapat dipergunakan untuk membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan

Mode Airplane dapat dipergunakan untuk membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan

Anda dapat membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan sudah dibaca atau tidak dari pengirim pesan, dengan cara mengaktifkan mode airplane yang terdapat pada fitur smartphone.

Mode ini sebenarnya dipergunakan pada saat pesawat akan lepas landas. Karena tidak sedikit gangguan yang terjadi antara menara pengawas bandara dengan pesawat yang akan take off lantaran koneksi internet dari para penumpang.

Setelah mode airplane ini aktif, Anda dapat membaca pesan-pesan yang dikirim melalui grup maupun personal chat tanpa ketahuan apakah sudah dibaca atau belum oleh Anda.

Baca juga: Bikin Dropbox Sendiri Dengan OwnCloud

Perlu diingat ketika mode airplane Anda nonaktifkan secara otomatis pesan Anda akan tercentang dua berwarna biru di pengirim pesan, tandanya pesan sudah terbaca (sudah di-read) oleh penerima atau Anda.

Tetapi selama mode airplane masih aktif dan belum Anda rubah ke nonaktif. Selama itu pula pesan masih tercentang berwarna abu-abu. Menandakan pesan sudah sampai di penerima pesan, namun belum dibaca oleh yang bersangkutan.

2. Menggunakan WhatsApp Widget untuk Membaca Pesan yang Masuk

Membaca pesan whatsapp tidak ketahuan dengan widget di home screen

Membaca pesan whatsapp tidak ketahuan dengan widget di home screen

Cara mengaktifkan widget whatsapp pada homescreen:

  1. Settings > Lockscreen dan beri centang pada “Enable Custom Widgets”
  2. Lalu aktifkan widget whatsapp
  3. Cara pada poin ketiga ini hanya bisa dilakukan pada galaxy series.

Melalui popup whatsapp dengan cara melakukan setting berikut ini.

  1. Settings > Notifications
  2. Pilih Popup notification
  3. Dan beri centang pada “Always show popup”

Sebelum benar-benar Anda terapkan, ada baiknya Anda melakukan test kecil ke beberapa teman terdekat Anda. Apakah cara ini berhasil atau tidak. Karena beberapa smartphone tidak bisa mengikuti cara-cara di poin kedua ini.

3. Setting WhatsApp agar Tidak Memberikan Notifikasi Pesan Telah Dibaca

Setting agar fitur read pada whatsapp di nonaktifkan

Setting agar fitur read pada whatsapp di nonaktifkan

Bagi mereka yang tidak suka privasinya diganggu karena fitur baru dari whatsapp ini. Anda dapat menonaktifkan fitur pesan sudah terbaca atau belum melalui settingan pada aplikasi whatsapp di smartphone Anda.

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, secara otomatis Anda juga tidak dapat mengetahui apakah pesan Anda sudah terbaca oleh orang yang Anda kirimkan pesan tersebut atau belum.

Baca juga: Percantik Tampilan Android Dengan Hola Launcher

Jadi Anda tidak bisa mengetahui apakah pesan sudah di-read atau belum. Begitu juga sebaliknya, orang yang mengirim pesan ke Anda juga tidak mengetahui hal yang sama.

Cara melakukan settingannya sangat mudah:

  1. Setting > Account
  2. Privacy, lalu hapus centangan pada Read receipts

Apakah tulisan ini bermanfaat untuk Anda? Bagikan tulisan ini di sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path tentang cara mengakali fitur read pada whatsapp ini ke teman-teman Anda.

Jika Anda menginginkan artikel terbaru dari Situstarget.com (The Target Community). Silahkan daftarkan nama lengkap dan alamat email Anda melalui kotak berlangganan di bawah artikel ini.

Setelah proses pendaftaran usai, jangan lupa melakukan konfirmasi. Caranya yaitu dengan mengklik link dari email yang kami kirimkan ke alamat email Anda.

Setiap minggunya kami akan memberitahukan kepada Anda, update terbaru dari artikel-artikel yang ada di Situstarget.com (The Target Community).

Saat ini sudah ratusan orang bergabung dan berlangganan artikel di Situstarget.com, tidak ingin ketinggalan? Daftar sekarang juga. Semoga The Target Community semakin memberikan kebermanfaatan bagi sesama. Aamiin.   😀