Proses membangun dan membina (Rapport) kedekatan antara Subjek/Client dengan seorang hipnotist atau hipnoterapist adalah salah satu hal yang merupakan faktor kunci keberhasilan dari proses hipnosis atau hipnoterapi itu sendiri.

Apabila pada langkah awal ini saja sudah mendapatkan kendala yaitu gagalnya seorang hipnotis atau hipnoterapist di dalam membangun dan membina keakraban dengan Subjek/Client maka pikiran bawah sadar orang tersebut akan melakukan penolakan terhadapat tahap-tahapan berikutnya. Klo sudah seperti ini akan sulit untuk melanjutkan proses tahapan hipnosis berikutnya.

Tentunya hal tersebut tidak ingin Anda alami bukan? (tapi gagal termasuk proses belajar kok!) So, agar lebih mudah memahami bagaimana cara membangun dan membina kedekatan dengan Subjek/Client ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu: Aspek fisiologi dan Aspek psikologi.

1. Aspek Fisiologi

Membangun dan membina rapport

Gambar Ilustrasi Membangun dan membina rapport

Aspek fisiologi berkaitan erat dengan sesuatu hal yang ditangkap oleh pancaindra, oleh karena itu perlu diperhatikan mulai dari penampilan dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan berpenampilan yang baik, pantas, sopan, dan menaik sesuai dengan profesi Anda (Visual), selanjutnya Anda berbicara dengan teknik dan kualitas vocal yang baik dan benar(Auditory), pembawaan diri yang menciptakan kesan ramah, hangat, santun, jujur(Kinesthetic), serta hindari bau yang tidak sedap misalnya bau mulut, bau badan, dan semacamnya(Olfactory).

2. Aspek psikologi

Gambar ilustrasi Membina Rapport dari Aspek Psikologi

Gambar ilustrasi Membina Rapport dari Aspek Psikologi

Pada aspek psikologi lebih menekankan bagaimana secara psikologis Anda mampu menimbulkan kesan akrab dan nyaman bagi Subjek/Client Anda. Adapun hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam pendekatan terhadap client yaitu dengan empat cara. Apa saaja cara tersebut? Pertama, verbal agreement. Kedua, eye contact & eye allignment technique. Ketiga, language pacing, dan keempat matching & mirroring.

Bagaimanakah contoh dari cara melakukan 4 teknik tersebut? Tunggu artikel kami berikutnya. Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah artikel ini. Baca juga tulisan kami yang lain tentang Hal yang mendukung suksesnya hipnosis panggung 🙂