Cara Membatalkan Pesan Email yang Sudah Terkirim

Pas lagi sibuk atau dikejar deadline dari atasan, mungkin kamu pernah mengalami momen saat kirim pesan berisikan informasi tertentu yang ditujukan ke orang si A, tapi kamu malah kirim ke orang si B. Lalu kamu kepikiran untuk membatalkan email yang sudah terkirim tadi.

Salah kirim email wajar aja si saat load pekerjaan semakin banyak, tingkat konsentrasi kamu malah semakin menurun. Nah kali ini kita akan membahas cara bagaimana menarik dan membatalkan pesan email yang salah kirim di Outlook dan Google.

Dua penyedia email terbesar di dunia Outlook dan GMail, memiliki fitur menarik dan membatalkan pesan email yang salah kirim dengan cara yang berbeda. Outlook masih bisa menghapus pesan ke orang yang salah dituju selama orang tersebut belum membaca pesan dari kamu.

Baca juga : Tips mengenai panduan teknologi terbaru di sini

Bagaimana jika sudah terbaca? Namanya juga sudah terbaca. Informasi yang terkadandung pada pesan sudah dibaca oleh si penerima. Otomatis email yang sudah terbaca tidak mungkin lagi bisa kita tarik atau batalkan.

Sedangkan Google memiliki fitur membatalkan pesan dengan durasi waktu tertentu. Jadi kamu diberikan waktu paling tidak selama 30 detik untuk segera “sadar” bahwa kamu salah kirim email ke orang yang salah. Hmm.

Klo aku pribadi sih dengan waktu “pending” 30 detik ini untuk membatalkan pesan ini masih kurang. Jadi saat kamu kirim pesan menggunakan Gmail. Kamu diberikan waktu 30 detik untuk undo pesan yang kamu kirim.

Lalu bagaimana cara menarik dan membatalkan pesan di Outlook, Zoho dan Gmail? Berikut ini langkah yang kamu harus lakukan untuk membatalkan pesan yang salah kirim:

Tips menarik cara membatalkan pesan di Google, Outlook, Zoho

Cara Membatalkan Pesan Email yang Salah Kirim di Email Google

Cara melakukan undo send untuk membatalkan pesan email di layanan email Gmail

Kamu bisa mengaktifkan fitur untuk undo send di Google dengan cara:

  1. Pilih pengaturan atau klik setting ikon bergambar gir di sebelah kanan atas. Jika kamu membuka Gmail dari desktop.
  2. Selanjutnya pilih General Tab
  3. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tulisan undo send.
  4. Pada tulisan send cancellation period isi dengan waktu 30 detik.

Saat kamu klik tombol kirim email, kamu akan memiliki waktu jeda untuk melakukan cancel atau pembatalan pesan email yang dikirim dalam waktu 30 detik sebelum pesan tersebut benar-benar dikirimkan.

Cara Menarik Pesan Email yang Sudah Terkirim di Email OutlookCara menarik kembali pesan yang terkirim di Outlook

Lain hal dengan di Outlook, kamu tidak akan melihat fitur seperti undo send seperti Gmail. Outlook memiliki kemampuan membatalkan pesan yang terkirim lebih powerful. Terutama sesama pengguna layanan outlook itu sendiri.

Pesan yang salah kirim di Outlook bisa kamu tarik kembali dengan cara:

  1. Klik kotak pesan keluar terlebih dahulu
  2. Double klik pesan yang sudah terkirim hingga muncul popup
  3. Pada menu action pilih tulisan recall this message
  4. Selanjutnya akan muncul pilihan, dan pilih tulisan “Delete undread copies of this message”
  5. Jangan lupa beri centang tulisan “Tell me if recall succeeds or fails for each recipient”.

Cara Membatalkan Pesan Email yang Sudah Terkirim

Cara Menarik Pesan Email Kembali untuk Pesan yang Salah Kirim di Yahoo

Sangat disayangkan untuk fitur seperti recall / undo pesan di Yahoo belum tersedia. Hal sepenting ini masih dianggap sebagai masukkan oleh tim Yahoo.

Bagi kamu pengguna dari layanan email Yahoo. Sepertinya kamu harus bersabar terlebih dahulu hingga pengumuman adanya fitur ini di masa depan. Ya entah kapan.

But buat kamu yang mau agar ide ini segera terealisasi di layanan Yahoo. Kamu bisa kasih saran dan masukkan ke mereka melalui halaman berikut ini.

Cara Recall Pesan Email di Layanan Email Zoho

Cara melakukan recall email di layanan email Zoho

Zoho menjadi salah satu perusahaan besar yang menawarkan nama email custom dengan domain kamu sendiri secara gratis.

Sebelumnya Google dan Microsoft telah menutup layanan custom alamat email dengan domain versi gretongnya. Saat ini sudah berbayar.

Kuota yang diberikan oleh Zoho per akun emailnya adalah sebesar 5 GB. Nah sekarang masih ngomongin soal cara recall pesan email di Zoho.

Fitur ini FYI hanya tersedia di layanan berbayarnya saja.  Langkahnya sebagai berikut:

  1. Login ke akun Zoho Mail kamu.
  2. Klik ke folder Sent / Terkirim
  3. Klik pada ikon Mail Delivery Status (MDS)
  4. Di popup pada pesan email yang terkirim, klik tulisan tombol recall this email.
  5. Selanjutnya akan ada halaman untuk konfirmasi, dan klik proceed untuk melanjutkan.

Setelah langkah di atas sudah kamu lakukan, akan ada pesan balasan berupa informasi apakah pesan tersebut berhasil kita tarik kembali atau tidak.

Fitur Recall Pesan Email Belum Tentu bisa Menarik Pesan yang Terlanjur Terkirim

Sayangnya dari fitur recall pesan email di atas, saat si penerima sudah membaca pesan email dari kamu. Maka otomatis kamu tidak dapat menarik kembali pesan email yang sudah dikirimkan.

Ada baiknya setiap kali kamu mengirimkan pesan untuk melakukan double check si penerima email yang akan kamu tujukan, terutama pada komunikasi yang bersifat rahasia (perbankan, kerjasama bisnis, maupun hal-hal sensitif lainnya).

Kamu juga bisa memanfaatkan histori kontak email yang sebelumnya sudah pernah melakukan percakapan. Kecuali klo kamu baru mendaftarkan email baru, bisa dibilang semua percakapan belum ada.

Di outlook kamu bisa setting view-nya menjadi sort by conversation. Jadi semua percakapan bisa jadi satu. Cara ini juga sangat membantu meminimalisir kesalahan pengiriman pesan. Menurut kamu cara efektif meminimalisir salah kirim email selain cara di atas bagaimana ya? Sharing yuk.