Ada kalanya rasa takut malah menghambat karir dan prestasi di dalam hidup Anda. Rasa takut seperti ini kita namakan mental blok. Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana menemukan mental blok dalam diri Anda.

Bagi para pembaca yang belum membaca artikel tersebut, ada baiknya membaca artikel Menghancurkan Mental Blok terlebih dahulu baru menlanjutkan bacaan artikel ini agar tugas pada artikel sebelumnya, melengkapi tugas pada artikel sekarang yang saat ini Anda sedang baca.

Persiapkan seperti biasa kertas dan pulpen, dan lihatlah tabel di bawah artikel ini. Atau Anda dapat mendownload file dokument jika Anda tidak ingin menggunakan kertas. >Download.

Menghancurkan Mental Blok

Menghancurkan Mental Blok

Tabel pertama pada pertanyaan “Apa Mental Blok yang Mau Anda Buang adalah hasil dari tugas sebelumnya yaitu Menghancurkan Mental Blok. Tulis salah satu faktor utama atau akar dari mental blok yang Anda rasakan. Ingat, cukup tuliskan satu saja, pada pengembangan nanti Anda bisa menuliskan yang lainnya. Pada kolom kedua ada pertanyaan: “Apa yang terjadi bila tidak dibuang?”

Anda bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada diri Anda, setelah itu Anda jawab kemungkinan yang terjadi apabila mental blok tersebut tidak dibuang. Tanyakan pertanyaan tersebut ke diri Anda terus menerus hingga Anda tidak bisa lagi menjawabnya. Artinya apabila Anda tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut lagi, tulislah hasil akhir dari pernyataan Anda tentang apabila mental blok tersebut tidak dibuang apa yang akan terjadi di diri Anda.

Lanjut, ke kolom selanjutnya adalah Apa Nasehat Anda. Di sini Anda menggunakan sisi dewasa dari diri Anda guna menemukan nasehat yang terbaik dari permasalahan Anda. Sebelumnya apabila Anda menemukan kesulitan untuk bertanya kepada diri sendiri, maka ada baiknya Anda mencari pasangan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menuliskankan jawaban Anda pada lembar kerja di atas.

Selanjutnya adalah apa keuntungan apabila Anda berhasil membuang mental blok tersebut? Tulis sebanyak-banyaknya keuntungan atau manfaat yang Anda rasakan apabila Anda berhasil membuang mental blok. Terakhir tanyakan kepada diri Anda bagaimana caranya Anda membuang mental blok tersebut ke diri Anda. Berikut ini adalah contoh cara mengisi lembar kerja di atas agar memudahkan Anda dalam mengisi lembar kerja tersebut.

contoh