Panduan Membuat Alamat Email di Beberapa Penyedia Jasa Layanan Email Seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan Zoho Mail

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, istilah email tentunya sudah tidak asing lagi di berbagai macam kalangan.

Istilah dan penggunaan email hampir selalu dibutuhkan apalagi bagi orang yang suka berkutat di dunia maya. Peranan sebagai alamat kontak utama dan identitas seseorang yang harus dimiliki di zaman sekarang ini.

Baca juga : Tips Agar Alamat Email Bisa Dipergunakan Sepanjang Usia Anda

Kenapa? Karena sebagian besar bahkan hampir semua media sosial atau pun forum – forum yang menjadikan email sebagai syarat agar bisa masuk dan bergabung dalam jaringan atau pun forum tersebut.

Email bukanlah suatu hal yang asing bagi kita. Email sudah mencakup seluruh dunia dan banyak sekali penggunanya. Banyak penyedia – penyedia layanan email gratis, seperti gmail, yahoo mail, outlook, zoho mail dan icloud.

Sejarah Email, Pengertian Email, dan Mengapa Pentingnya Email

Sejarah email, fungsi email, dan cara membuat email baru

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang berasal dari bahasa Inggris berarti Surat Elektronik. Awal sejarah email atau pun surat elektronik bermula dari tahun 1968, yaitu dengan lahirnya sebuah metode komunikasi jaringan ARPANET yang selanjutnya disebut dengan internet.

Email bisa dikatakan sebagai alamat resmi komunikasi kita di internet, dengan menggunakan email kita bisa terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti menggunakan aplikasi line, whatsapp, dst.

Baca juga : Yakin Mahasiswa Ga Mau Pakai Google Apps Email Kampus?

Email merupakan salah satu alat komunikasi seseorang di dunia maya, dengan menggunakan email seseorang bisa menjangkau lebih banyak pertemanan dan network, melalui kegiatan seperti bergabung di situs jejaring sosial.

Email juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat baik di dalam maupun luar negeri. Para pelaku bisnis juga memanfaat email untuk melakukan kegiatan bisnis seperti komunikasi, mengirimkan dokumen penting & rahasia.

Cara Membuat Alamat Email di Gmail, Yahoo, Outlook, dan Zoho Mail

Cara Membuat Email di Google Mail atau GMail

Cara Membuat alamat Email di Google Mail atau GMail

Bagaimanakah cara membuat email? Berikut tutorial cara membuat email di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bukalah situs Google Mail atau GMail dari browser Anda.
  2. Klik create an account, sebuah kotak dialog akan terbuka.
  3. Isilah data diri Anda dengan lengkap.
  4. Pada isian setelah nama, Anda bisa memilih nama untuk username.
  5. Jika Anda terdapat tulisan that username is taken, itu artinya username yang Anda masukkan sudah pernah digunakan, sehingga Anda harus menggunakan username yang lainnya.
  6. Masukkan kata sandi untuk email baru Anda, minimal saran saya itu 15 karakter kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  7. Masukkan kembali kata sandi Anda untuk verifikasi kesamaan password.
  8. Apabila Anda sudah selesai mengisi semua kolom yang diperlukan, selanjutnya klik tombol next step, maka akan muncul halaman yang berisi syarat dan ketentuan, silakan scroll ke bawah dan pilih I agree.
  9. Anda akan di arahkan ke nomor HP yang sudah Anda masukkan tadi, kemudian pilih continue
  10. Masukkan kode varifikasi yang telah dikirim kepada Anda kemudian klik continue untuk melanjutkan
  11. Kemudian akan muncul halaman berikutnya, pilih continue to gmail untuk beralih ke halaman utama Gmail
  12. Dan, email baru Anda pun sudah selesai dibuat

Kelebihan dan Kekurangan Email di Gmail

Kelebihan Gmail :

  • Gtalk, digunakan untuk chatting dengan sesama pengguna Gmail secara offline. Google Talk sendiri sebenarnya sudah tidak dapat digunakan lagi. Fitur Gtalk digantikan dengan Google Hangout.
  • Tempat penyimpanan yang besar, sehingga Anda dapat menerima file berukuran besar dengan Gmail.
  • Satu login untuk untuk semua, sehingga secara otomatis Anda dapat login ke Youtube, Blogger dan lain sebagainya yang berhubungan dengan google. Pengguna smartphone android diwajibkan untuk memiliki akun Gmail ini.
  • Google Mail juga memberikan kuota sebesar 15GB yang diberikan secara gratis sehingga Anda tidak perlu menghapus email mana pun. Bahkan G Suite menawarkan penyimpanan hingga 5 TB dengan biaya $10 per bulan.
  • Difasilitasi autoresponder & dapat menkomparasi untuk menggunakan pop3.
  • Tanpa iklan pop up dan tanpa iklan banner.

Kekurangan Gmail :

  • Pengelolaan Gmail dinilai lebih sulit dibandingkan kompetitornya karena untuk mengelompokan pesan email. Gmail lebih memilih sebuah label ketimbang folder.

Cara Membuat Email di Outlook & Hotmail

Cara Membuat Alamat Email di Live, Outlook, Hotmail

  1. Anda perlu mengakses situs live.com untuk membuat email di @outlook.com.
  2. Selanjutnya masukkkan nama email yang merepresentasikan diri anda. Saran saya jangan menggunakan nama alay atau nama fake untuk email anda. Karena hal ini terlihat tidak profesional di mata orang lain.
  3. Masukkan password untuk login email nantinya, buatlah kata sandi yang kuat.
  4. Masukkkan nama depan dan nama belakang anda. Bagaimana jika nama saya 3 huruf? Masukkan 2 nama anda di kolom nama depan, 1 di nama belakang.
  5. Masukkan juga negara Indonesia sebagai kawasan tempat domisili anda, lalu tanggal lahir.
  6. Proses selanjutnya masukkan capthca untuk verifikasi bahwa anda adalah human bukan robot.

Kelebihan dan Kekurangan Email di Outlook

Outlook merupakan pengembangan dari hotmail, email asli buatan microsoft sebelumnya. Outlook memiliki fitur paling canggih jika dibandingkan dengan Gmail dan Yahoo mail.

Namun karena banyak pengguna internet yang masih belum familier dengan fitur–fitur yang ditawarkan oleh outlook, yang menjadikan email ini kurang berfungsi secara optimal.

Padahal di industri-industri besar, umumnya menggunakan jasa layanan email dari outlook ini lho. Layanan email outlook sendiri telah terintegerasi dengan seluruh layanan dari web yang sebelumnya diakuisisi microsoft seperti skype dan lainnya.

Cara Membuat Email di Yahoo Mail atau YMail

Cara Membuat Alamat Email di Yahoo Mail atau YMail

  1. Buka situs Yahoo untuk membuat alamat email
  2.  Klik tulisan sign up atau daftar
  3. Masukkan data seperti nama depan, nama belakang, alamat email yang anda kehendaki, password, nomor handphone anda, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
  4. Selanjutnya tinggal klik continue / lanjutkan

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Email dari Yahoo

Kelebihan Email Yahoo:

a. Sebagai surat menyurat.
b. Salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis.
c. Banyak fasilitas yang disediakan.
d. Berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karena termasuk situs lokal.
e. Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat berkomunikasi ria pada saat sedang membuka email.

Kekurangan Email Yahoo:

a. Satu ID Yahoo hanya untuk Yahoo, tidak bisa digunakan untuk produk windows seperti IM dan MSN.
b. Sering disalahgunakan karena terlalu mudah membuat ID.
c. Skin untuk YM masih sangat simpel dan tidak seperti IM yang ada cukup banyak.
d. Yahoo pernah diretas oleh hacker dan jutaan data penggunanya berhasil dicuri.

Cara Membuat Alamat Email di Zoho Mail

Cara Membuat Alamat Email di Zoho.com

Zoho menjadi salah satu penyedia jasa email yang disukai oleh blogger karena fitur kustom domain yang disediakan cukup menarik. Dahulu Google memberikan layanan Google Apps serta Microsoft demikian, yang memperkenankan penggunanya untuk menggunakan @kustomnamadomainanda.com.

Saat ini yang salah satu penyedia jasa email yang bisa membuat nama custom seperti contoh di atas, yang masih gratis salah satunya yaitu adalah Zoho Mail ini. Biaya yang ditawarkan juga terbilang cukup murah dibandingkan Microsoft dan Google. Berkisar dari $2 – $8 maksimal kapasitasnya adalah 1 TB.

Cara membuatnya cukup mudah tinggal klik business email untuk custom domain, pilih free plan dan anda mendapatkan kapasitas email sebanyak 5GB maksimal 25 alamat email.

Sedangkan jika anda ingin membuat @zoho.com tinggal pilih personal email dilanjutkan dengan mengisi data seperti nama lengkap, password email, nomor HP dan konfirmasi nomor handphone, pilih negera domisi, klik tanda agree / setuju. Selanjutnya klik sign up for free.

Kelebihan dan Kekurangan Email di Zoho Mail

Zoho mail merupakan zoho berbasiskan pada web kolaborasi dari groupware. Zoho sangat membantu organisasi tertentu dan bisnis menjadi mendapatkan pekerjaan.

Hanya dengan aplikasi browse, maka aplikasi zoho sudah dapat dikirim melalui bantuan internet. Dengan hal ini penggunanya dapat memfokuskan diri pada bisnisnya hanya dengan mengandalkan zohonya untuk menjaga server yang digunakan dan dapat menyimpan data dengan aman di internet.

Kekurangannya adalah pada fitur free-nya kuota penyimpanan sangat kecil sekali hanya 5GB untuk pengguna yang menginginkan custom nama alamat email. Jika di upgrade menjadi 25 – 30 GB hal ini sangat baik sekali.

Cara Melindungi Alamat Email dari Hacking

Akun gmail dan Outlook merupakan salah satu aku email yang memiliki fitur–fitur keamanannya cukup kuat bila dibandingkan dengan kompetitornya yang lain.

Bagi Anda yang belum memiliki akun email dari Gmail dan Outlook, Anda bisa membuatnya secara gratis tanpa biaya langsung tinggal isi data–datanya saja.

Cara agar akun email Anda terhindar dari peretasan oleh orang lain, cara ini sama sekali tidak menggunakan software atau aplikasi apa pun, karena sudah tersedia pada pengaturan akun gmail tersebut, jadi Anda tinggal melengkapinya saja.

Baca juga : Waspadai Hacking Email Melalui SMS Phising

Setelah melakukan login, Anda harus masuk ke halaman pengaturan akun, klik di sini untuk langsung menuju ke pengaturan akun gmail.

Pilih masuk & keamanan, geser layar Anda sampai ke bawah pada bagian sandi & metode masuk, lalu pilih verifikasi 2 langkah.

Tambahkan no HP / telepon yang aktif untuk menerima kode keamanan saat masuk dari perangkat baru / perangkat yang tidak dikenal. Konfirmasi pengamanan kodenya yang di kirim melalui sms, dan selesai.