Hidup adalah tentang pilihan untuk menjadi apa seperti apa dan bagaimana. Kebahagian merupakan hak bagi setiap orang.

Penentu kebahagian dalam hidup yaitu kita sendiri. Berikut beberapa cara kecil yang dapat membuar hidup kamu lebih menyenangkan.

8 Cara Membuat Hidup Kamu Lebih Menyenangkan

Ketampanan, kemapanan, serta kemewahan hidup bukanlah satu satunya goals dalam hidup. Buatlah hidup lebih menyenangkan dengan 8 langkah kecil berikut ini:

1. Selalu Mencoba Berpikir Positive dalam Segala Hal

Keputusan untuk menjadi bahagia atau tidak, sepenuhnya ada di tangan kamu. Putuskanlah hal tersebut

Mungkin di dalam kehidupan kita tidak dapat menghindari sikap negatif dari orang lain. Namun apakah kita harus terpengaruh dari sikap orang lain?

Semesta akan mengikuti cara kamu berpikir. Usahakanlah untuk selalu untuk mencari segala kebaikan di dalam setiap hal yang dialami.

Hidup akan lebih mudah ketika kita selalu bersikap positive. Seolah olah kita memiliki suatu filter untuk menyaring kekecewaan, putus asa, dan keluh kesah.

Latihlah terus dirimu untuk selalu memiliki sifat positif. Sebelum hendak tidur tulislah rasa syukurmu tentang indahnya hari ini.

Lakukanlah itu terus menerus, minggu ke minggu, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun. Rasakanlah menjadi pribadi yang berbeda dari sebelumnya.

2. Usahakan Bangun Lebih Pagi

Di indonesia tentu kalian pernah mendengar istilah “bangunlah nanti rezeki di patuk ayam“. Tentunya hal itu sudah tidak asing di telinga.

Istilah tersebut memang terdengar sangat lucu di telinga kamu semua. Namun percayalah itu semua sangat benar.

Rata-rata orang yang sukses tidur lebih sebentar dan bangun lebih cepat. Istirahat yang mereka gunakan adalah istirahat yang efektif.

Ketika kita hendak tidur jam 9 malam, lalu membawa smartphone untuk sekedar melihat medsos. Alhasil jam 1 barulah kita terlelap.

Istirahat seperti itu sangat tidak dianjurkan. Hal itu karena akan membuat kamu kelelahan menjalankan hari esok.

Bangun lebih awal akan memberikan waktu yang lebih untuk kamu merencanakan hari. Hari akan lebih terasa indah dan luar biasa ketika kita bangun lebih awal.

Tips berikutnya untuk membuat hidup kamu menyenangkan segeralah mandi.

3. Segeralah Mandi

Bangun di pagi hari merupakan sesuatu yang berat bagi sebagian orang. Rasa kantuk menyerang dan membuatmu terlena.

Untuk mensiasati hal tersebut lekaslah kamu untuk pergi ke kamar mandi. Bukalah bajumu dan kucurkan shower, seketika rasa kantuk berubah menjadi kesegaran.

Hal itu akan membuat produktivitas lebih meningkat. Waktu kamu bermalas malasan di kasur dapat digunakan untuk aktivitas lainnya.

Kamu dapat berolahraga, meditasi, membaca koran pagi, maupun meneguk secangkir kopi hangat. Lakukanlah dan hidupmu akan lebih berwarna dari sebelumnya.

4. Janganlah Terlalu Banyak Berkomitmen

Komitmen merupakan sesuatu yang sangat baik namun terlalu banyak itu sangat tidak baik. Komitmenmu hanya akan menjadi sebuah wacana.

Seseorang yang memiliki keinginan kuat terhadap sesuatu pasti akan berambisi untuk meraih. Mulailah mereka membuat komitmen.

Awal pelaksaan mereka mampu mengerjakan sesuai dengan yang dijanjikan. Namun kelelahan akan membuyarkan segalanya.

5 dari 10 orang yang berkomitmen untuk diet ketat gagal dalam jangka waktu kurang dari minggu. Makanan, persepsi, dan ingin hasil yang instant membutnya berhenti.

Fokuslah terhadap perubahan dalam diri yang kecil dan mungkin dilakukan. Seperti komitmen untuk berjalan kaki ke depan komplek.

Atau berjanjilah untuk berhenti mengkonsumi gorengan selama 1 minggu. Komitmen seperti itu akan mudah untuk dijalani dan naikkan secara berjangka.

5. Janganlah Terlalu Mudah di Tebak

Sebagian dari kamu mungkin sangat benci akan perubahan. Perubahan seolah olah seperti pengganggu sebuah ketenangan.

Perubahan merupakan sesuatu yang abadi dan tidak mungkin pernah di lawan seperti bertambahnya umur. Mulailah untuk memahaminya.

Kamu harus segera keluar dari comfort zone. Janganlah terlalu mudah untuk ditebak dengan melakukan hal yang sama berulang kali.

Ubahlah sedikit dari bagian hidupmu. Bersepedah santailah pada sore hari, berenang pada akhir pekan, dan mendaki gunung di tanggal merah cukup menyenangkan.

Hal-hal diluar rutinitas akan membuat hidup kamu lebih terasa berwarna.

6. Ubahlah Complain menjadi Rasa Terima Kasih

Di dalam kehidupan ini seringkali kita merasa tidak adil. Bahkan kita menuduh sang pencipta tidak adil.

Ketika dengan sang pencipta saja kita dapat melakukan justifikasi apalagi dengan sesama manusia. Buanglah jauh jauh sikap tersebut.

Ubahlah mindset di diri kita dengan cara mengubah complain menjadi ucapan terimakasih. Kehidupan akan menjadi lebih tenang dan tentram.

Salah satu kota di Indonesia yaitu DI Yogyakarta merupakan kota dengan harapan hidup tertinggi. Padahal kota tersebut memiliki UMR yang cukup kecil di Indonesia.

Mungkin hal ini sedikit kontradiksi dengan persepsi kita. Namun itulah faktanya yang terjadi.

Yogyakarta memiliki masyarakat yang ramah, tamah, dan senantiasa bersyukur. Mereka selalu berterima kasih tentang segala hal di kehidupan.

Menurut survei menunjukan bahwa rasa syukur dan positive thinking akan membuat kita jauh dari penyakit seperti darah tinggi, maag, dan lainnya. Jadi berpositiflah.

Kehidupan semata mata karena materi saja. Tapi bagaimana kita selalu beryukur kepada tuhan agar hidup menjadi lebih berarti.

7. Berhentilah Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Setiap manusia di ciptakan oleh Tuhan memiliki kelebihan masing-masing. Tidak akan pernah Tuhan menciptakan sesuatu yang sia-sia.

Lalu mengapa kamu terus membandingkan nasib dengan orang lain. Mengapa yang lain kaya kok saya begini gini saja ?

Orang lain memiliki keturunan yang cantik dan rupawan. Kok saya belum di beri keturunan ya ?

Stop membanding bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Semua akan merasakan oleh zona waktu yang berbeda beda.

Beberapa orang kaya pada 25 tahun namun meninggal pada usia 40 tahun. Beberapa orang kaya pada 40 tahun meninggal pada usia 80 tahun.

Membanding bandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan hal yang melelahkan. Hal itu juga dapat membuat kamu tidak bersyukur terhadap nikmat yang diperoleh.

Ubahlah sikap tersebut dengan senantiasa bersyukur. Percayalah tiada usaha yang menghianati hasil.

Tetaplah menjadi diri sendiri karena setiap kita itu khas dan unik. Janganlah memanjat pohon ketika kamu jadi ikan, dan janganlah berenang ketika jadi kera.

8. Janganlah Terbiasa Menunda Pekerjaan

Kebiasaan buruk yang tidak layak untuk diteruskan yaitu menunda pekerjaan. Hal ini akan membuat pekerjaan tertumpuk dan kamu menjadi malas untuk menyelesaikan.

Sebaiknya buatlah jadwal dan skala prioritas untuk menghindari itu semua. Kerjakalanlah satu per satu sesuai dengan jadwal yang dibuat.

Hal yang di luar dugaan tidak dapat terhindarkan oleh kita. Itu cukup menghambat ritme kerja dan membuat kita menunda pekerjaan.

Seperti atasan memberikan disposisi untuk menghadiri rapat, dinas luar kota, maupun merencanakan anggara belanja. Tugas yang tidak mungkin di abaikan.

Ketika itu terjadi maka lakukan recovery dengan cepat. Recovery yang dimaksud yaitu selesaikanlah dengan cepat dengan menaikan skala prioritas.

Hal itu akan dapat membantu untuk hidup lebih terarah dan bahagia. Keputusan untuk menjadi bahagia ada di tangan kamu.

Perjalanan hidup di penuhi oleh lika liku masalah yang senantiasa silih berganti. Sikap positif, penuh syukur, dan senantiasa berterima kasih akan memfiltrasinya.

Jalanilah hidup apa adanya dengan penuh cinta dan kasih. Tips di atas dapat menjadi referensi kamu dalam membuat hidup menjadj lebih menyenangkan.