Fitur WhatsApp yang semakin hari semakin menawan, menjadikan aplikasi yang satu ini menjadi semakin primadona di kalangan masyarakat umum dan juga para pebisnis online.

Salah satunya yaitu melalui aplikasi WA kita bisa membuat link WhatsApp yang diperuntukan untuk mengundang seseorang gabung di group WA maupun chat secara langsung dengan pesan yang sudah disematkan sebelumnya.

Sekarang kita akan coba membagi dua pembahasan, yaitu membuat link WhatsApp untuk mengundang ke group dan chat langsung ke akun WhatsApp. Kita juga akan pelajari bagaimana cara memasukkan link tersebut ke artikel WordPress.

Cara Membuat Link Grup Whatsapp

Cara membuat link whatsapp untuk invitation ke dalam group WhatsApp

Pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat sebuah grup WhatsApp, namun perlu diingat sebaiknya orang yang akan diinvite sudah menghubungi kamu terlebih dahulu agar tidak dianggap akun kamu melakukan spamming.

Mintalah ke mereka (orang-orang) yang akan diundang ke dalam group, untuk sebelumnya menyimpan kontak kamu di handphone mereka dan lakukan chat personal melalui WhatsApp.

Proses berikutnya untuk mengundang seseorang bisa dengan cara manual, artinya save kontak mereka, lalu invite di group. Cara lainnya yaitu membuat link group WhatsApp.

Hal-hal yang dibutuhkan yaitu:

  • Kamu bisa membuat sebuah group, yang link tersebut nantinya akan dibagikan ke pengguna lainnya.
  • Atau bisa juga tidak perlu membuat group, namun akun WA kamu adalah seorang administator dari sebuah group.

Cara membuat link group WhatsApp itu sangat mudah, pertama-tama masuk dahulu ke group WhatsApp. Tap pada gambar group WhatsApp atau bisa juga dengan cara klik menu pengaturan > group info > invite via link.

Sekarang akan terlihat beberapa opsi pilihan sebagai berikut:

  • Bagikan link melalui WhatsApp / WhatsApp Business ke mereka yang kontaknya sudah tersimpan di HP. Tinggal pilih beberapa nama, setelahnya akan muncul tanda centang hijau, dan klik tanda panah untuk memasukkan mereka ke dalam group WA tersebut.
  • Copy Link, kamu bisa bagikan link WhatsApp ke dalam sebuah artikel blog, status Facebook, Twitter, Instagram, artikel WordPress, dst. Tinggal copy dan paste saja intinya.
  • Share Link, opsi ini digunakan untuk membagikan link menggunakan aplikasi lain yang terpasang pada smartphone bisa menggunakan aplikasi Facebook, Instagram, Telegram, SMS, dst.
  • Revoke link, pilihan ini digunakan untuk menghapus invitation link yang sebelumnya sudah dibuat, sehingga orang lain tidak bisa menggunakan link tersebut untuk gabung di grup yang berkaitan.

Contohnya link berikut ini untuk para pembaca yang berkenan gabung di Group WhatsApp Situstarget.com.

Perlu diingat bahwa link yang dibagikan maka siapapun bisa bergabung ke group tersebut, saat group misalnya sudah penuh 256 orang, sebaiknya segera lakukan revoke link atau buat group yang baru.

Sekarang, kita bahas cara membuat link whatsApp yang digunakan untuk chat secara langsung tanpa pesan dan dengan pesan yang telah dibuat sebelumnya. Format yang dengan pesan biasanya digunakan untuk jualan online.

Cara Membuat Link WA untuk Chat Langsung

Sekarang kita akan membuat sebuah link untuk melakukan click to chat atau dalam bahasa Indonesia klik dan langsung ngobrol melalui WhatsApp. Cara membuat link WhatsApp untuk chat langsung ini ada beberapa cara:

1. Klik dan Ngobrol Langung Tanpa Pesan

Cara Membuat Link WhatsApp Tanpa Pesan (Click to Chat)

Link yang dibagikan dibuat tanpa sebuah pesan terlebih dahulu. Cukup simpel dan praktis, cara membuat link WA dengan jenis yang satu ini yaitu dengan cara menambahkan nomor setelah dua link berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=(nomor WhatsApp kamu disertai kode negara)

https://wa.me/(nomor WhatsApp kamu disertai kode negara)

Contoh penggunaannya yaitu kode negara ditambah dengan nomor handphone. Kode negara Indonesia yaitu +62. Daftar kode negara ini bisa dilihat melalui situs Wikipedia. Berikut adalah daftar kode telepon negara-negara di dunia.

Sekarang saya akan mencontohkan bagaimana cara membuat link untuk click to chat dengan dua URL di atas. Perhatikan formatnya, jangan menggunakan karakter khusus seperti tanda plus (+), minus (-), spasi, dst.

Misalnya saat dikontak profil WhatsApp nomor tertera seperti ini +62 895-3709-06575. Ada karakter khusus seperti tanda tambah (+), spasi, dan tanda minus (-). Ketika membuat link WA semuanya harus dihilangkan dahulu. Contohnya berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=62895370906575

https://wa.me/62895370906575

Pastikan sebelum membagikan link yang telah dibuat, tidak ada kesalahan pada pengetikan nomor, dan pastikan nomor tersebut sudah terdaftar sebagai pengguna WhatsApp. Sekarang, kita akan membuat link WA disertai dengan sebuah pesan.

2. Cara Membuat Link WhatsApp Disertai Pesan Sebelumnya

Cara Membuat Link WhatsApp Disertai Pesan

Pada proses pembuatan link WA dengan disertai pesan ini, ada sedikit perbedaan. Pesan yang mau dimasukkan kedalam percakapan WA harus terlebih dahulu di encode, gunakan saja layanan seperti URLencoder atau perubahan karakter lainnya bisa dilihat melalui situs w3schools.

Misalnya saya ingin memasukkan pesan berikut : “Hai mas, saya tertarik dan mau pesan produk berikut ini ya. 🙂“. Maka URL di atas perlu ditambah dengan teks “&text=” untuk Api.WhatsApp.com, sedangkan “?text=” untuk WA.me.

Sehingga menjadi seperti berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=62895370906575&text=Hai%20mas%2C%20saya%20tertarik%20dan%20mau%20pesan%20produk%20berikut%20ini%20ya.%20%3A)

https://wa.me/62895370906575?text=Hai%20mas%2C%20saya%20tertarik%20dan%20mau%20pesan%20produk%20berikut%20ini%20ya.%20%3A)

URL di atas kalau dibagikan langsung misalnya di status Fanspage Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya terlihat seperti kurang profesional dan terkesan nyepam banget kan ya?

Tugas berikutnya yaitu kamu bisa menggunakan layanan seperti Bit.ly, TinyURL, dll untuk memperpendek URL di atas. Sehingga saat dibagikan URL lebih pendek, mudah dihapal, dan terlihat profesional.

Berikut ini contoh URL yang sudah dipendekan sehingga lebih keren:

http://bit.ly/grop-wa-situstarget

http://bit.ly/grupwa-situstarget

3. Cara Menggunakan Whatsapp Link Generator

Gunakan Whatsapp Link Generator

Jika pesan yang dibuat pada poin pertama dan kedua ini untuk sesuatu hal yang sederhana. Bagaimana jika pesan yang dibuat cukup kompleks, panjang, disertai dengan format bold, huruf miring, dst?

Kamu membutuhkan layanan seperti WhatsApp link generator, yang di mana saat proses pembuatan pesan, akan lebih mudah dan cepat. Beberapa layanan berikut ini bisa kamu gunakan:

  1. wa.wizard, pesan yang dibuat bisa dikustomasi dengan mudah dan cepat, serta bisa dikirim ke alamat email.
  2. wasap, terdapat fitur kustomisasi pesan, pemendek URL, dan QR Code untuk dibagikan.
  3. prooyo, pesan mau dibuat bold, miring, dst bisa dilakukan dengan mudah, ditambah adanya fitur pemendek URL.
  4. wassmee, saat pesan berhasil dibuat, kamu akan diberikan URL pendek yang bisa langsung dibagikan.
  5. wa.orderlink, tampilannya sederhana, secara fitur hampir sama dengan poin keempat hanya saja URL bisa diklaim.

Nah beberapa cara di atas bisa kamu gunakan untuk membuat link WhatsApp. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung ke forum.situstarget.com untuk kita berdikusi sama-sama.

Jangan lupa untuk membagikan tulisan di atas ke teman-teman yang lain di media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Telegram, dan Line semoga bisa bermanfaat untuk mereka juga.

Suka dengan tulisan dari blog ini? Kenapa ngga di subscribe saja. InsyaAllah kami akan kirimkan konten terbaik melalui blog ini langsung ke email kamu.

Yuk, selalu berbagi kebaikan dan menebar manfaat!