Bagi Anda yang ingin mengamankan FTP Anda dengan menggunakan FTPES Anda dapat melakukan hal tersebut dengan melakukan beberapa settingan dan konfigurasi pada server Anda. Sebelum itu pastikan dahulu bahwa Anda sudah mensetting SSL dan telah memiliki sertifikat SSL.

Sertifikat SSL ada kok yang memberikan gratisan selama satu tahun. Atau Anda beli itu kisaran Rp. 150.000/tahun. Kloxo panel merupakan salah satu kontrol panel gratisan yang memudahkan Anda dalam mengelola VPS. Sayangnya dukungan dari tim pengembang Kloxo tidak sekuat Webmin.

Jadi artikel ini bisa Anda jadikan sebagai referensi pembelajaran saja. Saya sendiri merekomendasikan Anda menggunakan Kloxo Panel untuk media pembelajaran dalam hal pengelolaan resource VPS. Menurut saya Kloxo Panel lebih mudah dipelajari ketimbang Webmin.

Ketika Anda sudah terbiasa dengan Kloxo Panel dan baru pertama menggunakan Webmin. Terkadang Anda akan merasa kesusahan sendiri karena terbiasa dengan tampilan Kloxo Panel yang mirip dengan CPanel. Nah mari lanjutkan kepembahasan tentang cara membuat FTPES di Kloxo Panel.

Untuk sertifikat SSL yang digunakan terserah bisa yang Anda beli atau serrtifikat SSL hasil generate dari server Anda atau istilah lainnya Anda yang menanda tangani sendiri. Tentunya akan jauh lebih aman menggunakan FTPES karena dienskripsi dibandingkan Anda menggunakan FTP biasa.

Oke ada 2 file yang perlu Anda edit di server Anda yaitu :

/etc/xinetd.d/pureftp
/usr/local/lxlabs/kloxo/file/xinetd.pureftp

Anda perlu menambahkan kode -Y dan tambahkan nilai :

0 : Untuk disable

1 : Untuk enable tapi optional

2: Memaksa menggunakan FTPES

Contoh :

server_args     = <strong>-Y2</strong> -A -c50 etc etc etc

Lakukan juga pada file :

/usr/local/lxlabs/kloxo/file/xinetd.pureftp
# services xinetd restart

Jangan lupa memasukan file cert pada:

/etc/pki/pure-ftp

Dan beri nama pure-ftpd.pem (Jika Ada pertanyaan atau ada kesalahan pada tutorial silahkan beri masukannya di forum di http://forum.situstarget.com). Semoga tutorial secure FTP pada Kloxo Panel ini bisa bermanfaat. 🙂