Jika Anda memiliki website e-commerce dan ingin membuat website tanpa membeli sertifikat SSL terlebih dahulu. Coba Anda baca tulisan saya berikut ini. Karena biaya yang dikeluarkan untuk membeli seritifkat SSL per tahunnya kan lumayan juga ya? Mulai dari Rp. 150.000,- hingga puluhan juta rupiah. Klo hanya domain validated mungkin murah berkisar Rp. 150.000,- hingga Rp. 800.000,- saja.

Nah saya akan memberikan cara membuat situs https tanpa membeli sertifikat SSL sebelumnya untuk Anda. Kok bisa? Kita akan mempergunakan CloudFlare sebagai proxy SSL website e-commerce yang Anda miliki. Syaratnya sederhana, yang terpenting hosting Anda mendukung SNI (Server Name Identification) atau Anda sudah menyewa dedicated IP

Jika salah satu dari kedua pilihan tersebut sudah Anda miliki, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu adalah membuat sertifikat self-signed pada CPanel hosting Anda. Sudah? Sekarang ubah DNS hosting Anda menjadi DNS milik CloudFlare. Sebelum mendapatkan settingan DNS milik CloudFlare Anda perlu mendaftarkan website Anda terlebih dahulu di CloudFlare.

Setelah scanning DNS oleh CloudFlare, Anda akan diberikan nama DNS CloudFlare untuk akun Anda, yang perlu Anda setting di domain manager pada kontrol panel hosting Anda. Sampai sini ada pertanyaan? Jika tidak, mari kita lanjutkan. Setting CloudFlare Anda untuk mendukung SSL.

Pilih konfigurasi Flexible SSL atau Full SSL. Nantinya SSL yang telah Anda buat sebelumnya pada Cpanel akan diubah otomatis menggunakan SSL dari CloudFlare. Apakah akan muncul halaman error? Tenang saja, hal tersebut tidak akan terjadi. Karena SSL dari CloudFlare yang akan tampil di browser pengunjung website Anda. Dengan cara seperti ini Anda bisa lebih hemat kan?

Semoga tips membuat situs https tanpa membeli sertifikat SSL ini bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin Anda tanyakan mohon kirimkan pertanyaan Anda melalui kotak komentar di bawah artikel ini. Mohon bantu sebarkan informasi ini jika Anda rasa bermanfaat ya kepada teman-teman Anda yang memiliki website e-commerce.