Bagi mereka yang ingin menggunakan VPS dengan biaya pengeluaran yang murah untuk kontrol panel dapat menggunakan dua panel berikut ini secara gratis. Dua panel itu adalah Kloxo Panel dan Webmin. Saya akan sedikit berbagi pengalaman dan mengulas dua panel tersebut untuk Anda.

Bagi mereka yang minim budget tetapi tetap mau menggunakan VPS. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan dua panel gratis ini. Karena Plesk dan Cpanel menurut saya harga lisensinya terlalu mahal. Kenapa ngga, kita pakai yang gratisan tetapi fiturnya hampir menyerupai secara keseluruhan dengan yang berbayar.

Oleh karena itu, saya akan membuat dua perbandingan sederhana berdasarkan pengalaman saya tentang cara memilih antara Kloxo Panel dan Webmin untuk VPS Anda. Mungkin ulasan ini tidak akan terlalu komprehensif membahas perbandingan fitur-fiturnya karena saya yakin dengan searching keyword Kloxo Panel vs Webmin sudah banyak yang mengulasnya di Google.

Memilih Antara Kloxo Panel dan Webmin via blog.41studio.com

Memilih Antara Kloxo Panel dan Webmin via blog.41studio.com

Oke langsung saja, menurut saya bagi Anda yang ingin cepat dan praktis dalam hal konfigurasi. Anda dapat menggunakan Kloxo Panel. Kekurangan dari panel ini adalah update dari segi software lebih lambat dibandingkan Webmin. Karena memang tim pengembang dari Kloxo Panel kekurangan Sumber Daya Manusianya untuk mengembangkan Kloxo Panel.

Sedangkan untuk Webmin. Pertama kali saya menggunakannya, sedikit ribet dan perlu usaha untuk beradaptasi dalam penggunaannya. Namun lama kelamaan menjadi terbiasa dan mudah. Berbeda dengan Kloxo Panel, Webmin masih mendapatkan dukungan penuh dari tim pengembangnya sehingga persoalan security lebih terjamin dibandingkan Kloxo Panel.

Saya merekomendasikan Anda menggunakan Webmin, walaupun di awal Anda akan mengalami sedikit adaptasi jika sebelumnya Anda menggunalan Cpanel dengan segala kemudahannya. Tetapi dukungan dari tim pengembangnya lebih baik dibandingkan Kloxo Panel. Namun jika Anda ingin mencari kemudahan dalam hal mengkonfigurasi VPS Anda maka saya merekomendasikan Anda menggunakan Kloxo Panel.

Lain hal jika Anda memiliki budget lebih untuk membeli lisensi Cpanel atau Plesk. Maka Anda akan lebih mudah dalam me-maintenance VPS atau Dedicated Server yang Anda miliki. Jika Anda punya pengalaman lain, silahkan kirimkan komentar Anda di bawah artikel ini ya. 🙂