Ikuti Tips Memilih SDB Ini agar Rasa Was-was bisa Diminimalisir

Anda ingin mencoba menyimpan surat atau barang berharga dengan menyewa Safe Deposit Box (SDB) di bank namun Anda masih ragu?

Lalu barang/surat berharga apa saja yang sebaiknya disimpan atau tidak di SDB ini? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang memang membuat keraguan masyarakat dalam memanfaatkan SDB.

Baca juga: Daftar Harga Sewa SDB 15 Bank Swasta Terkemuka di Indonesia

Bahkan SDB sebuah bank yang bereputasi, ternyata masih bisa kebobolan. Oleh karenanya Anda perlu berhati-hati dalam memilih SDB.

Kali ini agar rasa was-was ketika menggunakan SDB dapat diminimalisir saya akan membuat panduan sederhana terkait bagaimana memilih SDB yang baik dan benar. Simak tulisan berikut ini:

Apa Saja Keuntungan Menyimpan di SDB?

  1. Aman. Menyimpan di SDB jelas memiliki keamanan yang lebih tinggi daripada di rumah. SDB disimpan di ruang penyimpanan yang kokoh, dengan sistem keamanan 24 jam, serta kunci ganda. Brankas penyimpanan juga berlapis baja, tahan api, dan anti congkelan.
  2. Mudah. Dengan persyaratan yang mudah serta biaya yang terjangkau, nasabah dapat menyimpan barang atau surat berharganya di SDB.
  3. Fleksibel. Brankas penyimpanan ini fleksibel, sesuai kebutuhan nasabah perorangan maupun perusahaan.
  4. Meminimalisasi kerugian, jika ada bencana alam atau bencana kemalingan di rumah.

Tips Memilih SDB agar Barang Anda Aman dan Anda Bebas dari Rasa Waswas

1. Cek tingkat keamanan bank dengan melakukan survei

  1. Apakah ada kamera CCTV terpasang di ruangan brankas?
  2. Apakah ada petugas keamanan yang menjaga secara khusus?
  3. Apakah teknologi SDB di bank tersebut cukup canggih?
  4. Apakah pengawasan keluar masuk ke ruangan brankas cukup ketat, misalnya harus dengan menunjukkan kartu identitas, atau memakai mesin fingerprint?

2. Baca dengan teliti hak dan tanggung jawab bank dan nasabah

Selain untuk mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang tak diinginkan, Anda harus mengetahui dengan jelas apa yang menjadi hak Anda serta tanggung jawab Bank.

Baca juga: Brankas Murah untuk di Rumah

Hindari memilih SDB di bank yang tidak bertanggung jawab atas kehilangan nasabah.  Oleh karena kita sebagai nasabah, memiliki tujuan menyimpan surat/barang berharga dengan alasan keamanan. Bila tidak ada jaminan keamanan dari bank, lebih baik tidak Anda lakukan, karena hanya akan merugikan Anda nantinya.

3. Cek di internet reputasi SDB bank yang bersangkutan

Lihat reputasi SDB bank dengan mencari apakah SDB bank tersebut pernah kebobolan dan ternyata tidak ada penyelesaiannya. Lebih baik Anda jangan berspekulasi dengan memilih SDB bank tersebut.

4. Survei lokasi penyimpanan SDB

  1. Pilih lokasi SDB yang tidak jauh dari rumah, jadi Anda bisa lebih mudah memantaunya sewaktu-waktu.
  2. Ceklah lokasi gedung. Ruang tempat penyimpanan SDB harus bebas banjir, karena brankas penyimpanan ini tahan api namun tidak anti air.
  3. Telitilah kunci yang diberikan. Jika mungkin, pilih kunci SDB yang terlihat lebih baru untuk meminimalisasi risiko kunci telah diduplikat oleh penyewa sebelumnya.
  4. Pilih posisi SDB di tengah ruangan, sejajar dengan badan kita. Selain mudah mengambilnya, tidak perlu memakai tangga, juga untuk meminimalisasi bencana kebakaran, karena api biasanya datang dari kanan/kiri serta bawah ruangan.

Yang Harus Dilakukan sebagai Nasabah SDB

  1. Memiliki catatan daftar isi barang/surat berharga yang disimpan di SDB, atau surat berharga difotokopi terlebih dulu sebelum disimpan. Bila perlu difoto untuk dokumentasi di rumah, agar Anda tidak lupa daftar barang simpanan Anda. Selain itu, bila ada barang/surat hilang dapat langsung diketahui.
  2. Pakailah gembok tambahan dengan kode angka atau gembok kuat untuk menggembok kotak besi di dalam SDB.
  3. Periksa secara teratur kelengkapan barang/surat berharga Anda.
  4. Tidak menyimpan barang yang termasuk dalam daftar terlarang di dalam SDB.
  5. Menjaga kunci agar tidak disalahgunakan pihak lain atau hilang.
  6. Penyewa bertanggung jawab bila barang yang disimpan membuat kerugian, baik langsung atau tidak, terhadap pihak bank ataupun penyewa lain.
  7. Anda juga harus mengetahui bahwa bank tidak bertanggung jawab bila terjadi perubahan kualitas dan kuantitas. Juga kehilangan atau kerusakan barang yang bukan kesalahan pihak bank. Misalnya kerusakan barang yang diakibatkan oleh kondisi force majeur, seperti banjir, perang atau konflik, gempa bumi, dan lainnya.

Barang yang Terlarang untuk Disimpan dalam SDB

  1. Bahan peledak/senjata api.
  2. Barang yang dapat membahayakan atau merusak SDB serta ruang sekitarnya.
  3. Barang/surat berharga yang dalam keadaan darurat sangat diperlukan, misalnya surat kuasa, riwayat kesehatan bila nasabah sakit, atau surat warisan bila meninggal dunia.
  4. Sebaiknya Anda juga berhati-hati bila menyimpan surat berharga seperti sertifikat rumah yang sensitif. Anda bisa menyimpan BPKB, akta kelahiran, dan ijazah. Kejadian kehilangan lebih sering terjadi pada simpanan perhiasan atau emas.

Mengatasi Bila Terjadi Kejadian Pencurian di SDB Anda

  1. Membuat surat pengaduan tertulis pada bank tersebut, meminta tanda terima serta tanggal kejadian.
  2. Melapor pada polisi bagian layanan umum, serta sampaikan dengan detail kejadian kehilangannya.
  3. Membawa serta dokumen terkait seperti, fotokopi KTP, dan surat laporan, surat pembukaan SDB asli, buku tabungan, termasuk print out email ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  4. Menulis surat pengaduan pada Corporate Secretary Bank tersebut.
  5. Anda juga perlu menulis surat pembaca di koran.
  6. Informasi tentang Pengaduan Nasabah di Bank Indonesia: http://www.bi.go.id/id/iek/pengaduan-nasabah/Contents/Default.aspx
  7. Terdapat standardisasi penyelesaian pengaduan nasabah untuk melindungi konsumen. Bahwa bank berkewajiban menangani pengaduan Anda, termasuk penyelesaian dalam jangka waktu tertentu.

Demikianlah artikel terkait tips seputar memilih SDB. Jika Anda ingin lebih terjaga keamanannya, Anda bisa menggunakan jasa asuransi.

Baca juga: Tarif Harga Sewa Safe Deposit Box di Bank Syariah

Dengan mengasuransikan SDB, jika terjadi hal yang tak diinginkan pada barang berharga yang Anda simpan, Anda tidak akan kehilangan semua aset. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan selamat berburu memilih SDB!

Sumber:

Tips Mengenai Safe Deposit Box (SDB)


http://www.kompasiana.com/dianlu/benarkan-safety-box-bank-aman_54f678f3a333112e068b4e5f
http://forum.femaledaily.com/showthread.php?20839-Safe-Deposit-Box
http://sikapiuangmu.ojk.go.id/id/article/79/safe-deposit-box

Apakah Anda suka dengan artikel di atas? Bagikan juga tulisan ini di sosial media yang Anda miliki, baik di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog.situstarget.com? Subscribe saja! Caranya mudah, tinggal masukan nama lengkap dan alamat email Anda di kotak form yang ada di bawah tulisan ini.

Setiap minggunya kami akan memberikan update pemberitahuan terbaru mengenai tulisan terbaik yang sudah tayang di blog.situstarget.com melalui email Anda.