Cara lain guna menghemat internal storage pada ponsel pintar Android adalah dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SDCard. Jika sebelumnya aplikasi disimpan pada internal storage maka kali ini disimpan pada SDCard.

Apakah perlu melakukan rooted terlebih dahulu? Tidak perlu, memang sebagian nanti tetap akan ada yang tersimpan pada internal storage, sebagian yang lain akan disimpan pada SDCard.

Untuk melakukan hal tersebut Anda perlu menginstall aplikasi AppMgr III (App 2 SD). Download pada playstore atau Anda dapat men-download-nya pada link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.a0soft.gphone.app2sd

Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi tersebut, aplikasi akan melakukan scanning terhadap aplikasi yang moveable (dapat dipindahkan). Sedangkan phone only itu adalah aplikasi yang akan tersimpan pada internal storage dan tidak dapat dipindahkan ke SDCard.

On SD Card, itu artinya aplikasi tersebut telah dipindahkan ke tempat penyimpanan eksternal pada SDCard Anda. Oh ya, kecepatan dalam read and write pada SDCard berpengaruh juga loh terhadap kecepatan akses aplikasi pada ponsel pintar Anda.

Sehingga carilah SDCard yang memiliki fitur read and write yang tinggi, serta memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Sekarang ini untuk mendapatkan SDCard yang berkualitas namun murah sudah bisa Anda jumpai diberbagai tempat di toko-toko komputer.

Saran saya, belilah SDCard di toko komputer yang besar dan memiliki garansi. Hindari pembelian dengan konsep asal murah, sikat. Karena bisa jadi SDCard itu palsu atau cepat rusak. Klo sudah gini, gawat. Karena file tidak hanya aplikasi yang moveable saja yang hilang, foto, dan video WhatsApp yang dipindahkan juga bisa hilang.