Tips Memperbaiki ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE Pesan Error Saat Mengakses Web dengan Menggunakan Browser Google Chrome

Klo kamu saat ini menggunakan google chrome versi terbaru, ada hal yang aneh ga saat mencoba browsing ke situs-situs kesayangan kamu? Klo aku sih ada. Beberapa website ada yang ga bisa dibuka dan muncul pesan error ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE.

Saat kamu coba akses dengan menggunakan Firefox atau Opera situs yang error tadi ternyata bisa diakses lancar jaya tanpa adanya eror sedikit pun. Namun kenapa di Google Chrome malah tidak bisa dibuka sama sekali ya? Lalu bagaimana cara memperbaiki ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE yang muncul itu?

Cara meperbaikinya ada 2 cara yang bisa kamu coba:

1. Memperbaiki ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE dengan Menghapus Data Browsing

Cara menghapus data browsing di browser Chrome

Langkah 1: buka pengaturan setting yang gambar 3 titik vertikal di pojok kanan atas, selanjutnya pilih menu settings. ata

Langkah 2: klik tulisan advanced, pada bagian Privacy and security, kamu bisa klik tulisan Clear browsing data. Atau lebih mudahkan kamu buka alamat berikut ini chrome://settings/clearBrowserData.

Langkah 3: kamu pilih all time dengan semua poin bisa kamu beri centang kecuali, password dan autofill form data dan hosted app data. Selanjutnya tinggal kamu klik clear data untuk menghapusnya.

Setelah kamu berhasil menghapusnya, coba restart browser kamu dengan cara menutup dan membukanya kembali. Jika masih ada pesan error ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE. Maka kamu bisa gunakan cara berikutnya.

2. Memperbaiki ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE dengan mematikan TLS 1.3

Cara menonaktifkan TLS 1.3 di Browser Chrome

Langkah 1: kamu ketik di address bar yaitu chrome://flags/ dan tekan enter. Kamu akan mendapati settingan dari browser kamu. Ingat, jangan asal mengubah setting flags tanpa kamu mengetahui setiap fungsinya.

Langkah 2: Pilih tulisan TLS 1.3 atau kamu juga bisa search menggunakan search flags. Jika sudah ketemu, kamu bisa ubah menjadi value-nya disabled.

Langkah 3: Coba kembali restart browser chrome kamu. Tutup browser kamu dan buka kembali, lalu kamu akses website yang sebelumnya muncul pesan error ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE.

Setelah kamu coba 2 cara di atas apakah website yang tadinya eror kini sudah bisa dibuka? Jika sudah, mohon infokan kami di kotak komentar di bawah artikel ini ya.

Jika belum bisa, ada beberapa cara lainnya untuk memperbaiki ERR_SSL_VERSION_INTERFERENCE seperti:

  1. Kamu harus mengecek waktu dan tanggal di sistem operasi yang kamu gunakan.
  2. Kamu juga harus coba menonaktifkan antivirus atau software firewall.
  3. Jika chrome kamu versi lama, kamu bisa coba update browser chrome terlebih dahulu.
  4. Jika masih belum bisa, kamu coba reset chrome ke pengaturan default.
  5. Matikan juga fitur hardware acceleration.