Kategori: Tips Tekno

Cara Memperbaiki Error 1020 “Access Denied” Cloudflare

Apa itu error 1020 "Access Denied" pada layanan Cloudflare? Kesalahan tersebut menunjukkan adanya pelanggaran aturan terkait Firewall Cloudflare. Berikut ini beberapa cara memperbaikinya.

Apa itu error 1020 “Access Denied” pada layanan Cloudflare? Kesalahan tersebut menunjukkan adanya pelanggaran aturan terkait Firewall Cloudflare.

Cloudflare menyediakan layanan Firewall untuk melindungi sebuah website dari serangan hacking. Pesan error 1020 “access denied” tersebut mungkin kamu temui pada saat mengakses halaman berikut ini: https://blog.situstarget.com/wp-login.php.

What happened?

This website is using a security service to protect itself from online attacks.

Halaman backend dari blog ini dilindungi menggunakan Firewall dari Cloudflare, hanya IP Address tertentu saja yang bisa membuka halaman admin.

Terkait firewall Cloudflare ini sebenernya sudah pernah dibahas pada artikel berikut ini. Bagaimana kalau misalnya ada sebuah aturan Firewall yang settingannya salah sehingga membuat pemilik website jadi “terkunci sendiri”?

Berikut Ini Cara Memperbaiki Error 1020 Cloudflare

Setiap kali ada pengunjung website yang melanggar aturan Firewall sebenarnya tercatat pada Activity log, yang dapat diakses melalui halaman Firewall > Overview, lihat pada bagian Firewall Events.

Setiap orang maupun bot yang melanggar aturan Firewall, baik itu disengaja maupun tidak akan tercatat dengan baik.

Termasuk kalau ada hacker yang berusaha meretas situs kamu juga akan terlihat IP Address mereka, asal negara, tanggal akses ke situs, dan action Firewall apa yang dilakukan oleh sistem.

Apakah diblokir, diizinkan, di-challenge, bypass, dst. Semua tercatat dengan baik pada Activity Log. Dengan adanya fitur ini, akan semakin mudah menangkap hacker yang melakukan peretasan situs.

Buat kamu yang merasa melakukan kesalahan pada pengaturan Firewall Cloudflare sehingga menyebabkan error 1020 “access denied”, lakukan hal ini untuk memperbaikinya:

1. Matikan Fitur Proxy Cloudflare

Fitur proxy Cloudflare bisa dimatikan melalui dua cara yaitu mengubah name server yang sebelumnya berasal dari Cloudflare menjadi NS milik server kamu sendiri.

Cara kedua yaitu menonaktifkan proxy melalui pengaturan Dasboard > DNS > ubah dari yang berwarna oranye (proxied) menjadi DNS only, lihat pada bagian Proxy status.

Seperti gambar di bawah ini:

Jika fitur proxy Cloudflare dinonaktifkan maka secara otomatis fitur firewall juga tidak aktif, dengan cara ini error 1020 “access denied” dapat diselesaikan.

2. Matikan Aturan Firewall Cloudflare

Cara memperbaiki error 1020 “Access Denied”, yaitu dengan menonaktifkan Firewall Rules yang menyebabkan error tersebut muncul. Cara mematikannya cukup mudah, kamu buka halaman Dashboard > Firewall > Firewall Rules.

Seperti yang terlihat pada gambar, setiap kunjungan dari UK akan diblokir oleh Cloudflare. Para pengunjung yang menggunakan IP Address dari UK akan menemukan error 1020 “access denied”.

Jika tidak ingin memblokir IP Address dari UK, cukup matikan saja rule tersebut. Ubah pengaturan dari On atau yang berwarna hijau, menjadi berwarna abu-abu atau off. Seperti pengaturan di nomor kedua dan ketiga pada gambar.

3. Hubungi Pemilik Situs

Cara berikutnya yaitu menghubungi pemilik situs, ini kalau kamu sebagai pengunjung website lantas tidak bisa mengakses halaman, gambar, atau URL tertentu, lalu menemukan error 1020.

Pemilik situs bisa saja salah dalam membuat rule firewall pada situs mereka, sehingga pengunjung malah tidak bisa membuka halaman yang seharusnya bisa dibuka oleh publik.

Kalau bisa, berikan screenshot atau capture halaman yang bermasalah. Sehingga pemilik situs dapat segera memperbaiki halaman yang error tersebut.

4. Modifikasi Aturan Firewall yang Bermasalah

Pertama, lakukan pengecekan terlebih dahulu pada Firewall Events, apa saja aturan dari firewall yang menyebabkan pengunjung normal atau pengujung “baik-baik” yang terblokir.

Setelah dari Firewall Event, ternyata diketahui bahwa aturan Firewall X membuat banyak pengunjung terblokir. Action berikutnya bisa mengubah apakah diperkenakan (allow) saja, di challege dengan Captcha, atau tetap diblok?

Edit Firewall yang bermasalah tersebut, caranya buka Dashboard Cloudflare > Firewall > Firewall Rules > Edit Rules.

5. Menggunakan Page Rule untuk Spesifik URL Tertentu

Fitur firewall rules pada Cloudflare bersifat global, namun bisa dibuat spesifik untuk URL tertentu melalui fitur page rule. URL yang dianggap tidak perlu menggunakan firewall bisa dibuat page rule khusus dan pilih Disable Security.

Fitur Disable Security akan menonaktifkan beberapa fitur keamanan seperti Email Obfuscation, Rate Limiting, Scrape Shield, Server Side Excludes,URL (Zone) Lockdown, dan WAF. Namun perlu dicatat, bahwa page rule ini sangat terbatas slotnya.

Fitur gratis hanya diperkenankan untuk memiliki 5 page rule, sedangkan versi berbayar yang Pro hanya diperkenakan untuk memiliki 20 page rule, Business Plan hanya 50 page rules, dan paket Enterprise Plan dibatasi 100 page rules.

Cara membuat sebuah page rule Cloudflare yaitu buka Dashboard Cloudflare > Pilih menu Page Rules > Tambah Page rule.

6. Nothing To Do

Ini opsi terakhir, ga ada yang bisa dilakuin lagi kalau kelima cara di atas sudah dilakuin namun masalah error 1020 Cloudflare belum juga solved.

Yang jelas nothing to do ini lebih ke pengunjung situs biasa, bukan pemilik situs, atau pengelola web sih. Misalnya kamu sudah mengingatkan ke si pemilik website bahwa situsnya tidak bisa diakses secara normal.

Respon dari pemilik website tidak ada atau malah bersih kekeh bahwa aturan firewall Cloudflare itu harus diaktifkan. Ya, kalau gini terserah deh sama yang punya website.

Da kita mah apa atuh cuma pengunjung website.

Kesimpulan

Error 1020 mengindikasikan bahwa pengunjung website telah melanggar, baik secara sengaja maupun tidak sebuah aturan firewall cloudflare, yang telah diset oleh pemilik website.

Cara memperbaiki error 1020 ini ada beberapa cara, yaitu:

  1. Mematikan layanan proxy Cloudflare.
  2. Menonaktikan aturan firewall yang bermasalah.
  3. Menghubungi dan memberitahukan pemilik website bahwa ada halaman yang tidak bisa diakses oleh publik.
  4. Memodifikasi firewall rule yang bermasalah.
  5. Membuat custom page rule tertentu untuk menonaktifkan fitur WAF.
  6. Tidak ada yang bisa dilakukan sebagai pengunjung situs biasa.

Artikel sebelumnya kita pernah juga membahas solusi dari error 521 Cloudflare. Dari beberapa poin yang ada di atas, mana yang kamu pilih sebagai solusi? Yuk Sharing di kotak komentar di bawah ini.

Berbagi
Dipublikasikan oleh
Robi Erwin Setiawan